SEO Specialist: Definisi, Tugas, Skill, hingga Jenjang Karier



Source : freepik

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak profesi baru yang muncul, salah satunya adalah SEO Specialist (Search Engine Optimization). 

Meskipun masih asing terdengar bagi sebagian kalangan, namun pekerjaan ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. 

Sebab, SEO Specialist adalah sebuah profesi yang bertugas untuk membuat sebuah website berada di halaman pertama hasil pencarian Google atau search engine lainnya.

Untuk saat ini, SEO Specialist menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan baik oleh perusahaan konvensional, digital agency, dan juga startup untuk menangani website mereka atau website klien. Nah, buat kamu yang makin penasaran dengan profesi yang satu ini atau kamu ingin mengetahui cara menjadi SEO Specialist. 

Untuk menjawab semua keingintahuanmu itu, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu SEO Specialist?

SEO Specialist adalah pekerjaan yang berkaitan dengan optimasi mesin pencarian sehingga website yang dikelola berada di peringkat teratas dalam SERP (Search Engine Result Page). 

Seorang SEO Specialist menggabungkan skill analitik dan marketing untuk meningkatkan traffic website, sehingga hal itu akan mendatangkan leads untuk perusahaan dan berpeluang untuk meningkatkan profit perusahaan.

Untuk bisa melakukan itu semua, SEO Specialist harus memiliki kemampuan dalam melakukan keyword research menggunakan tools seperti Ahrefs, Semrush, dan Ubersuggest. 

Selain itu, juga harus bisa menggunakan Google Analytics, Google Search Console, CMS (Wordpress). 

Biasanya SEO Specialist akan bekerja sama dengan banyak divisi, mulai dari tim marketing untuk mendiskusikan strategi SEO yang akan dijalankan, dengan tim web developer untuk memastikan tampilan website sudah SEO friendly, dan dengan tim desain grafis untuk membuat image yang ukurannya kecil namun tetap berkualitas baik.

Baca juga : Mengenal Marketing Specialist dan Skill yang Harus Dimiliki

Tugas SEO Specialist

SEO Specialist memiliki tanggung jawab untuk mengoptimasi website sehingga berada di peringkat teratas hasil pencarian dengan cara mengatur strategi konten yang akan di posting dalam website

Ketika website berhasil berada di peringkat teratas hasil pencarian, maka perusahaan akan mendapatkan traffic ke website dan meningkatkan profit perusahaan.

Selain tanggung jawab yang telah disebutkan sebelumnya, SEO Specialist masih memiliki pekerjaan lain. Berikut adalah beberapa tugas SEO Specialist:

  1. Membuat strategi SEO untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian

  2. Melakukan keyword research untuk menemukan kata kunci yang bagus untuk mendatangkan traffic ke website

  3. Melakukan monitoring performa dan perkembangan konten yang sudah dipublish

  4. Bekerja sama dengan tim marketing lainnya untuk menyamakan tujuan dan strategi marketing yang akan dijalankan

  5. Membuat konten atau artikel yang SEO friendly untuk website yang sedang di-handle

  6. Menjalin kerjasama dengan blogger lain untuk mendapatkan backlink yang berkualitas

  7. Melakukan update terhadap konten yang sudah dipublish sebelumnya sehingga tetap bisa bersaing untuk mendapatkan peringkat teratas

  8. Memberikan rekomendasi tentang website ke tim developer

  9. Mengikuti perkembangan algoritma search engine untuk mengoptimasi konten

  10. Membuat laporan mengenai kinerja website kepada atasan

Skill yang Dibutuhkan SEO Specialist

Cara menjadi SEO Specialist adalah dengan memiliki skill set yang diperlukan dalam menunjang pekerjaan sehari-harimu sebagai SEO Specialist. 

Berikut adalah beberapa skill yang harus kamu miliki untuk menjadi SEO Specialist:

  1. Memiliki ketertarikan dalam bidang digital marketing

  2. Mengikuti perkembangan teknologi

  3. Kemampuan dalam menganalisis algoritma Google atau algoritma search engine lainnya

  4. Memiliki pemahaman terhadap journey dari konsumen dalam membeli sebuah produk atau jasa secara online

  5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk memudahkanmu ketika sedang berdiskusi dengan rekan kerja

  6. Menguasai tools SEO seperti Google Analytics, Google Search Console, Ahrefs, Semrush, dan tools lainnya

  7. Memiliki pemahaman dasar mengenai bahasa pemrograman, seperti HTML, CSS, dan Javascript

  8. Membuat laporan yang mudah dipahami oleh semua orang

  9. Memiliki pengetahuan dalam membuat strategi lalu lintas pencarian organik

  10. Memiliki kemampuan dalam menulis konten

Jenjang Karir SEO Specialist

Source : freepik

Jenjang karir SEO Specialist biasanya berbeda-beda disetiap perusahaan, tergantung kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan. 

Ada yang mulai dari level intern lalu diangkat menjadi pegawai tetap, dan ada juga yang memulainya dari level Junior SEO Specialist. 

Namun, secara garis besar jenjang karir SEO Specialist adalah sebagai berikut:

  1. Junior SEO Specialist

  2. Ketika berada di level junior, kamu akan diberikan tugas menganalisa dan menjadikan website yang kamu tangani lebih SEO friendly

    Nantinya, kamu tidak hanya bekerja sama dengan tim marketing, tapi juga dengan tim web developer untuk memastikan bahwa website sudah memiliki tampilan yang SEO friendly.

    Tak hanya itu, kamu juga akan memiliki tanggung jawab lainnya seperti melakukan keyword research, melakukan optimasi pada on page dan off page, mengoptimasi konten supaya SEO friendly, melakukan link building, dan membuat laporan kepada atasan.

  3. Senior SEO Specialist
  4. Setelah kamu sudah memiliki pengalaman 3 tahun, maka kamu akan naik ke level senior dengan fokus kerjanya adalah melakukan analisis pada website sendiri (on site) dan juga melakukan analisis pada website kompetitor (off site).

    Nantinya, kamu akan menggunakan berbagai tools SEO dalam membuat laporan performa website, seperti menggunakan Google Analytics, Ahrefs, Semrush, dan tools lainnya. 

    Selain itu, kamu akan dibantu oleh tim content writer dalam membuat artikel yang SEO friendly, informatif dan berkualitas tinggi.

    Baca juga : Mengenal Tugas dan Gaji Social Media Manager Profesional

  5. SEO Manager
  6. Setelah kamu menjalani karir sebagai Senior SEO Specialist selama dua sampai tiga tahun, maka jenjang karier selanjutnya adalah menjadi SEO Manager. 

    Ketika menjadi SEO Manager, kamu akan memiliki tanggung jawab mulai dari merencanakan, menerapkan dan mengelola keseluruhan strategi SEO untuk website perusahaan secara keseluruhan. 

    Biasanya tugas dari SEO Manager mencakup banyak hal, mulai dari mengelola web marketing, web analysis, content strategy planning, link building, dan keyword strategy

    Untuk bisa mengerjakan ini semua, seorang SEO Manager akan dibantu oleh Content Writer, Junior SEO Specialist, dan Graphic Designer.

  7. Head of Digital
  8. Ketika kamu sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidang Digital Marketing, maka kamu akan mencapai jenjang karier tertinggi yaitu Head of Digital. 

    Tanggung jawab yang akan kamu kerjakan menjadi semakin kompleks, karena akan membawahi semua divisi Digital Marketing, tidak hanya SEO saja.

    Tugas kamu sebagai Head of Digital mulai dari mengelola, memonitor, dan melakukan approval berbagai aktivitas tim Digital Marketing. 

    Tak hanya itu, kamu juga akan diminta untuk mencarikan solusi dan membuat rekomendasi untuk berbagai campaign Digital Marketing perusahaan. 

Gaji SEO Specialist

Gaji SEO Specialist sangat bervariasi tergantung dari besar kecilnya perusahaan dan tanggung jawab yang diberikan. 

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa gaji SEO Specialist di beberapa perusahaan di Jakarta:

  1. SEO Specialist di Tokopedia mendapatkan gaji sekitar Rp 8.000.000 - Rp 9.000.000

  2. SEO Executive di Traveloka mendapatkan gaji sekitar Rp 10.000.000

  3. SEO Content Writer di Sinteki Digital Solusi mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000 - Rp 6.000.000

  4. SEO Specialist di Astra Internasional mendapatkan gaji sekitar Rp 9.000.000 - Rp 10.000.000

  5. SEO Associate di IDN Media mendapatkan gaji sekitar Rp 5.000.000

Nah, itulah penjelasan mengenai SEO Specialist mulai dari definisi, tugas, skill, jenjang karir, dan juga gajinya. 

Apakah setelah mengetahui SEO Specialist membuatmu tertarik? Jika kamu jadi tertarik, kamu bisa memulai untuk mempelajari SEO dari sekarang. Semoga berhasil!

 


5 Perbedaan Content Writer dan Copywriter, Tugas hingga Prospek Karier