Mengenal Marketing Specialist dan Skill yang Harus Dimiliki

Marketing specialist merupakan profesi yang memiliki dampak langsung pada penjualan barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan. Mereka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengenalkan produk kepada para konsumen dengan berbagai strategi marketing.

Saat ini, marketing specialist sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar di semua bidang industri. 

Apa yang membuat profesi ini spesial? Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang profesi marketing specialist, penjelasan mengenai jobdesk apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya, skill yang harus dimiliki, sekaligus prospek kerja seorang marketing specialist. 

Simak uraian lengkapnya berikut ini!

Apa itu Marketing Specialist?

Marketing specialist merupakan profesi yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengembangkan program-program pemasaran dan strategi marketing perusahaan. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk membuat materi penjualan dengan berbagai macam metode dan komunikasi bisnis.

Selain membuat perencanaan tentang pemasaran barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan, seorang marketing specialist juga bertugas untuk mengembangkan perencanaan strategi pemasaran produk sekaligus mengawasi jalannya proses pemasaran produk.

Marketing specialist merupakan tenaga ahli yang mengetahui seluk-beluk produk secara menyeluruh, sehingga profesi ini butuh kemampuan yang tidak main-main. 

Untuk mengisi profesi marketing specialist, biasanya butuh seseorang yang memiliki latar belakang keilmuan yang berhubungan dengan manajemen bisnis, khususnya manajemen pemasaran.

Namun, background pendidikan yang linear saja tidak cukup. Untuk menjadi seorang marketing specialist yang profesional butuh pengalaman yang tidak sebentar untuk bisa memahami kondisi pasar, sehingga biasanya marketing specialist lahir dari seseorang yang pernah bekerja lama dalam bidang pengembangan dan pemasaran produk tertentu, karena mereka benar-benar harus paham akan produk yang mereka tawarkan dan jual di pasaran.

Selain memahami strategi pemasaran produk, seorang marketing specialist juga harus bisa bekerja sama dengan divisi lain dalam perusahaan.

Mereka harus pandai melakukan koordinasi dengan tim desain dan pengembangan dan tim dari divisi lainnya agar produk yang akan dipasarkan bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen.

Jobdesk Marketing Specialist

Seorang marketing specialist tidak hanya fokus pada strategi-strategi pemasaran untuk menjual sebanyak-banyaknya produk yang diproduksi oleh perusahaan. 

Mereka memiliki cakupan tanggung jawab yang lebih luas dari sekedar melakukan proses pemasaran saja.

Selain melakukan riset produk, marketing specialist juga bertugas untuk melakukan pengembangan produk agar bisa terus diminati para konsumen.

Dibawah ini akan dijelaskan jobdesk apa saja yang merupakan wilayah tugas dan tanggung jawab seorang marketing specialist!

  • Seorang marketing specialist perlu melakukan pemantauan dan memperkirakan tren yang sedang berkembang di pasaran.

  • Profesi ini harus memahami efektivitas program dan strategi pemasaran yang cocok dipakai oleh perusahaan.

  • Memahami tentang materi evaluasi metode pengumpulan data, misalnya pelaksanaan survei, pemberian kuisioner, dan juga polling.

  • Mampu mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan analisis pasar, misalnya tentang target pasar, kompetitor bisnis, dan kondisi pasar.

  • Seorang marketing specialist juga harus mampu mengolah data temuan yang dihasilkan dari survei dan kuesioner pelanggan menjadi sebuah tabel, grafik, atau laporan tertulis lainnya yang mudah dipahami oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingan. 

  • Mereka harus memiliki keahlian untuk menyajikan data dari hasil temuan-temuan di pasar untuk para klien dan pihak manajemen perusahaan.

  • Bisa melakukan riset pasar dan mengumpulkan data-data yang valid untuk membuat sebuah strategi bisnis yang bisa membantu penjualan produk perusahaan.

  • Marketing specialist juga harus mampu melakukan kegiatan promosi yang kreatif.

  • Harus mampu mengidentifikasi pola-pola pemasaran yang kurang efektif dan memodifikasinya dengan cara yang lebih optimal.

  • Seorang marketing specialist juga harus bisa mempertimbangkan keputusan penting dari pengelolaan produk, seperti pengemasan, iklan apa saja yang cocok untuk terlibat, saluran media apa yang sesuai untuk produk, dan strategi pemasaran serta aktivitas promosi yang pas untuk mengenalkan produk ke pasaran. 

Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Marketing Specialist

Dengan banyaknya cakupan tugas dan tanggung jawab yang harus dijalankan oleh seorang marketing specialist, tentu saja harus diimbangi dengan kemampuan yang relevan dengan wilayah tugas yang dijalankan. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dimiliki oleh seorang marketing specialist!

1. Kemampuan berkomunikasi yang baik

Marketing specialist adalah sebuah profesi yang berhubungan langsung dengan pelanggan, sehingga skill dalam bidang komunikasi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki. 

Dalam setiap aktivitasnya, seorang marketing specialist harus menyampaikan informasi tentang produk baik kepada para pemangku kepentingan dan juga pelanggan. 

Sehingga kemampuan penyampaian pesan kepada orang lain menjadi hal yang sangat penting.

2. Kemampuan analisa dan berpikir logis

Sebagai seorang marketing specialist, ada tanggung jawab besar untuk membuat analisa tentang keadaan pasar dan program apa saja yang relevan sehingga produk bisa diterima oleh para konsumen. 

Keputusan untuk memilih cara pemasaran merupakan proses panjang yang harus dipikirkan dan dianalisis secara mendalam. 

Hal tersebut yang mengharuskan seorang marketing specialist butuh kemampuan untuk bisa menganalisis kondisi pasar dan membutuhkan pemikiran logis untuk membuat keputusan yang baik.

3. Kemampuan memahami konsumen dan tren pasar

Ada kemampuan dasar yang mesti dimiliki oleh seluruh orang yang terlibat dalam pemasaran produk, tidak terkecuali seorang marketing specialist, yaitu kemampuan untuk memahami konsumen dan tren yang sedang berkembang di pasaran.

Dalam materi tentang perilaku konsumen, ada beberapa hal yang menjadi faktor seseorang untuk membeli sebuah produk yang dipasarkan oleh perusahaan, misalnya seperti faktor sosial, kebudayaan, psikologi, personal, dan faktor-faktor lainnya. 

Sebagai seorang marketing specialist, faktor yang melatarbelakangi konsumen untuk membeli sebuah produk bisa menjadi bahan riset untuk memahami perilaku konsumen.

Disamping itu, kekuatan arus perkembangan pasar di setiap zaman juga harus dipelajari sehingga produk yang akan dipasarkan perusahaan memiliki nilai guna dan manfaat bagi para konsumen.

Sehingga, produk yang ditawarkan bisa bertahan di pasaran dan mendorong para konsumen untuk melakukan aktivitas pembelian ulang (repurchase).

4. Kemampuan kerja sama dalam tim

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa marketing specialist tidak akan bekerja sendiri untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan.

Mereka akan berkolaborasi dengan divisi-divisi lain dalam manajemen perusahaan, misalnya dengan tim pengembangan produk, distributor, dan lainnya. 

Sehingga seorang marketing specialist butuh kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan orang lain untuk membangun sebuah tim yang bisa membantu perusahaan menjangkau konsumen yang lebih banyak lagi. 

Prospek Kerja Seorang Marketing Specialist

Sebagai salah satu profesi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan di berbagai macam bidang industri, marketing specialist memiliki kesempatan dan prospek kerja yang cukup menjanjikan.    

Selain menawarkan gaji yang besar, jenjang karier seorang marketing specialist juga sangat menggiurkan, setelah menjadi seorang marketing specialist setiap orang memiliki kesempatan untuk naik ke puncak manajemen sebagai marketing manager untuk memimpin segala proses pemasaran produk perusahaan.

Jadi, memilih bekerja sebagai marketing specialist merupakan keputusan yang sangat tepat, karena selain memiliki prospek kerja yang terbuka lebar, profesi ini juga tidak akan punah tergerus zaman, karena sampai kapanpun untuk menjual sebuah produk butuh keterampilan seorang marketing specialist.

Jika kamu tertarik mendalami ilmu terkait marketing specialist, kamu bisa loh mengikuti kelas online di Career Companion by Prasmul-eli. 

Ada banyak materi yang berkaitan dengan marketing specialist yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa belajar dari mana saja karena cukup fleksibel.


7 Pilihan Tools Social Media Monitoring and Analytics