Semenjak pandemi melanda, interview kerja online kini telah menjadi kebiasaan baru yang dilakukan oleh perusahaan dalam proses perekrutan karyawan baru.
Hal ini dilakukan karena interview online lebih praktis, efektif dan efisien. Selain itu, interview secara online juga memberikan kemudahan kepada recruiter dalam menyeleksi kandidat.
Nah, supaya kamu bisa menghadapi interview dengan lancar, kamu perlu melakukan persiapan online interview kerja. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai tips interview kerja online.
Berikut adalah beberapa tipsnya!
9 Tips Interview Kerja Online
Memilih Tempat yang Nyaman
- Mempersiapkan Perangkat yang Akan Digunakan
- Memastikan Koneksi Internet Kamu Stabil\
- Menggunakan Pakaian yang Rapi
- Menjaga Posisi dan Bahasa Tubuh
- Melakukan Latihan Interview
- Mempersiapkan Diri Lebih Awal
- Mempersiapkan Pertanyaan untuk Recruiter
- Mengirimkan Email Ucapan Terima Kasih kepada Recruiter
Sebelum kamu akan melakukan interview kerja online, hal yang harus diperhatikan adalah kondisi ruangan yang akan kamu gunakan.
Pilihlah ruangan yang tenang dengan pencahayaan yang cukup supaya tidak mengganggu proses interview nantinya.
Selain itu, jika memungkinkan pilihlah latar belakang yang polos supaya tidak mengganggu fokus interviewer ketika menatap ke arahmu.
Namun, jika hal itu tidak memungkinkan, kamu bisa memilih untuk menggunakan filter blur yang bisa kamu pilih pada aplikasi video conference yang digunakan.
Setelah kamu memilih tempat yang nyaman, selanjutnya adalah mempersiapkan perangkat yang akan kamu gunakan.
Sebaiknya perangkat yang kamu gunakan untuk interview adalah laptop atau komputer supaya proses interview berjalan dengan lancar.
Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan beberapa perangkat pendukung lainnya, seperti lighting jika kamera laptop memiliki kualitas yang rendah, headset atau headphone untuk menghindari suara bising dari luar, dan alat tulis untuk mencatat poin-poin yang disampaikan recruiter.
Baca juga : Cara Memperkenalkan Diri yang Tepat buat Fresh Graduate
Cobalah untuk memeriksa koneksi internet terlebih dahulu sebelum melakukan interview secara online.
Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kamu bisa menyimak dengan baik apa yang disampaikan oleh recruiter.
Dengan begitu, kamu bisa memahami dan menjawab pertanyaannya dengan baik pula.
Seringkali penyebab seseorang gagal dalam interview bukan karena dia tidak sesuai dengan kualifikasi, namun karena koneksi yang buruk memberikan kesan negatif kepada recruiter.
Meskipun kamu melaksanakan interview secara online, bukan berarti kamu tidak berpenampilan dengan rapi.
Kamu tetap harus menggunakan pakaian formal yang rapi dan sopan seolah kamu sedang menghadiri interview secara langsung. Hal itu akan memberikan kamu kesan yang baik dan profesional dari mata recruiter.
Selain itu, recruiter juga tidak menyukai kandidat yang tidak berpakaian rapi saat interview online. Hal tersebut akan membuat kandidat mendapatkan kesan buruk dan kurang percaya kepada kandidat.
Sebelum proses interview berlangsung, terlebih dahulu kamu harus memperhatikan posisi duduk yang nyaman, tegak dan tenang.
Hal ini bertujuan ketika proses interview berlangsung, kamu berada dalam posisi siap dan bisa melihat recruiter dengan baik.
Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah ketika proses interview berlangsung, pastikan mata tetap melihat ke arah kamera. Dengan menghadap ke kamera, secara tidak langsung memungkinkan kamu untuk kontak mata dengan recruiter.
Untuk bisa melakukan interview dengan lancar, cobalah untuk melakukan latihan interview terlebih dahulu, baik dengan teman maupun saudara.
Tujuannya adalah untuk membuat kamu memiliki keberanian, mengetahui kekuranganmu saat interview, sehingga kamu bisa memperbaiki kekurangan tersebut.
Tak hanya itu, latihan interview juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa cemas saat interview berlangsung.
Baca juga : Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih Setelah Interview
Meskipun kamu akan melakukan interview secara online, bukan berarti kamu tidak mempersiapkan diri lebih awal.
Oleh karena itu, persiapkan semua peralatan yang akan digunakan setidaknya 15-20 menit sebelum dimulainya interview.
Hal ini bertujuan supaya kamu bisa menghadapi interview dengan tenang dan lebih percaya diri.
Umumnya, di setiap akhir sesi interview, recruiter akan memberikan kesempatan kepada kandidat untuk mengajukan pertanyaan.
Gunakanlah kesempatan ini sebaik mungkin, sehingga recruiter akan menganggap kamu seorang yang antusias dan memiliki rasa ingin tahu terhadap perusahaan dan posisi yang dilamar.
Untuk mengajukan pertanyaan, kamu terlebih dahulu harus melakukan riset terhadap perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Hal tersebut dilakukan supaya kamu tidak kebingungan harus bertanya apa.
Setelah proses interview selesai, selanjutnya kamu sangat disarankan untuk mengirimkan email ucapan terima kasih kepada recruiter karena sudah mengundangmu untuk interview hari ini.
Dengan mengirimkan email, itu bisa menjadi salah satu poin penilaian dari recruiter bahwa kamu merupakan orang yang sangat menghargai setiap kesempatan yang diberikan.
Nah, itulah tadi 9 tips interview kerja online yang bisa kamu terapkan. Sama seperti melakukan interview secara tatap muka, kamu harus memperhatikan beberapa tips di atas supaya proses interview online berjalan dengan lancar dan kamu bisa menarik perhatian recruiter.
Selamat mencoba dan semoga berhasil!