Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih Setelah Interview

Setelah menjalani proses seleksi hingga di tahap interview, peluang untuk diterima di perusahaan tersebut semakin terbuka lebar. Maka tidak ada salahnya untuk menarik perhatian HRD perusahaan dengan mengirimkan email ucapan terima kasih setelah interview.

Dalam etika mencari kerja, email ucapan terima kasih atau lebih dikenal dengan thank-you letter merupakan bentuk apresiasi kepada pihak perusahaan atas diberikannya kesempatan untuk mencoba peluang mendapatkan pekerjaan di perusahaan tersebut.

Sebelum mencari tahu lebih dalam tentang pentingnya email ucapan terima kasih dan apa saja yang perlu diperhatikan saat membuatnya. 

Berikut akan diulas terlebih dahulu tentang pengertian singkat dari email ucapan terima kasih dan hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat thank you letter

Apa itu Email Ucapan Terima Kasih?

Email ucapan terima kasih (Thank-you letter) merupakan email yang dikirimkan oleh pencari kerja kepada pihak HRD perusahaan, yang bertanggung jawab mengawal proses seleksi kerja. 

Surat ini bertujuan untuk mengucapkan rasa terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk mengikuti proses seleksi sampai dengan tahap interview. 

Sebenarnya, thank-you letter tidak terbatas pada email ucapan terima kasih setelah interview saja. 

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengucapkan rasa terima kasih saat mendapat panggilan tes awal seleksi atau bahkan saat perusahaan belum bisa memberi kesempatan menempati posisi yang dilamar

Pentingnya Email Ucapan Terima Kasih Setelah Interview

Lalu, apa yang membuat email ucapan terima kasih setelah interview ini penting? Berikut adalah beberapa alasannya!

Bentuk Apresiasi untuk Interviewer

Saat melakukan proses interview, bukan hanya pencari kerja yang mempersiapkan diri dan meluangkan waktu untuk menghadiri proses ini.

Dalam proses interview, pihak pewawancara juga menyiapkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk mencari kandidat yang tepat untuk menempati posisi kerja yang dibutuhkan.

Maka, email terima kasih setelah interview bisa dijadikan sebagai bentuk apresiasi kepada pewawancara atas kesediaannya meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk melakukan proses interview tersebut. 

Menonjolkan Diri di Depan Interviewer

Email ucapan terima kasih setelah interview juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengambil simpati pihak HRD. 

Dengan mengirimkan thank-you letter, HRD akan melihat antusias dan kesungguhan pencari kerja terhadap posisi yang diinginkan. Hal tersebut bisa menambah nilai plus kandidat dan meningkatkan peluang diterima. 

Sebagai Bentuk Profesionalisme

Selain digunakan untuk menarik perhatian pihak perusahaan, email ucapan terima kasih setelah interview juga bisa dijadikan sebagai bentuk profesionalitas pencari kerja. 

Banyak perusahaan yang menyukai pekerja yang profesional dan memiliki integritas dan etika dalam menjalankan tugasnya.

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Thank-You Letter?

Setelah mengetahui pentingnya email ucapan terima kasih setelah interview. Dalam ulasan di bawah akan dijelaskan apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin membuat thank-you letter.

Perhatikan Subjek Email

Pertama, sebelum mengirimkan email ucapan terima kasih setelah interview. Pastikan untuk memeriksa subjek email yang akan di kirim. 

Banyak orang yang menganggap remeh subjek email, padahal subjek email merupakan judul yang muncul di halaman list pesan masuk email perusahaan.

Subjek email ini akan menentukan pemilik email, apakah dirasa penting untuk dibuka atau diabaikan saja. 

Para pencari kerja bisa mencari kalimat singkat yang menarik sebagai subjek email, misalnya “Thank you for the interview!”. 

Awali dengan Sapaan Pembuka

Sapaan pembuka dalam thank-you letter bisa tidak usah terlalu panjang dan bertele-tele. Cukup dengan satu kalimat yang sopan layaknya tata cara mengawali email secara umum. 

Apabila pencari kerja mengenal pihak HRD saat wawancara, maka tidak ada salahnya mengawali email dengan menyapa nama pewawancara tersebut. Misalnya, “Hi, Bapak Bayu” atau “Selamat siang, Ibu Tyas”. 

Ucapkan Rasa Terima Kasih

Setelah menulis subjek email yang tepat dan memulai email dengan sapaan pembuka. Email ucapan terima kasih bisa langsung dilanjutkan langsung dengan mengucapkan rasa terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan interview kerja. 

Ucapan terima kasih ini bisa dibuat dengan sederhana, misalnya:

“Terima kasih banyak atas kesempatannya bisa bertemu dan melakukan sesi wawancara pada hari rabu kemarin. Saya sangat beruntung karena melalui pertemuan tersebut, saya bisa mengetahui lebih banyak tentang tugas dan tanggung jawab dari posisi yang saya lamar” 

Recalling Topik Menarik Saat Interview

Selain mengucapkan rasa terima kasih, lanjutkan paragraf berikutnya dengan memberi pernyataan menarik tentang topik yang dibahas ketika proses interview. 

Misalnya, rasa kagum terhadap budaya perusahaan atau topik ringan lainnya yang membekas di ingatan. Hal ini bisa dijadikan daya tarik agar HRD mengingat kembali proses interview yang telah dilakukan sebelumnya. 

Akhiri dengan Salam Penutup

Untuk menutup email ucapan terima kasih setelah interview, akhiri email dengan salam penutup yang sopan sesuai dengan etika berkirim email pada umumnya. 

Namun, sebelum menutup email, sangat disarankan untuk mengungkapkan harapan besar untuk bisa diterima di perusahaan serta bertanya tentang jadwal pengumuman hasil wawancara kerja.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang apa yang dimaksud dengan email terima kasih, dari mulai pengertian, manfaat serta pentingnya email ucapan terima kasih, hingga beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat akan mengirim thank-you letter. 

Email ucapan terima kasih setelah interview atau thank-you letter ini, bisa menjadi etika cerdik yang bisa disampaikan ke pihak HRD untuk menarik perhatian perusahaan. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini untuk menambah peluang diterima bekerja di suatu perusahaan.

Agar skill kamu semakin bertambah, terutama dalam hal komunikasi, tak ada salahnya untuk mengambil kelas online terkait bidang profesionalisme kamu.

Kamu bisa mengikuti kelas online di Companion Career by Prasmul-Eli dengan pembelajaran yang fleksibel dan menyenangkan. Yuk, daftar sekarang.


Cara Menanyakan Hasil Interview yang Baik dan Sopan