Jika saat ini kamu tengah menjalankan bisnis dan berkeinginan untuk membuatnya lebih berkembang lagi, salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah email marketing.
Email marketing sendiri adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak digunakan oleh brand-brand besar. Hal itu menunjukkan jika email marketing merupakan strategi yang sangat efektif dan relevan dengan keadaan saat ini. Konsep dasar dari penggunaan email marketing ini adalah menjadikan email sebagai salah satu media atau channe untuk media marketing bisnis yang kamu miliki.
Nah, untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai apa itu email marketing, yuk sama-sama kita simak pembahasan berikut ini!
Pengertian Email Marketing
Email marketing adalah salah satu strategi dari digital marketing yang dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada calon pelanggan atau pelanggan.
Setiap lini bisnis memiliki tujuan yang berbeda dalam menggunakan email marketing, mulai dari sekadar memberi informasi atau edukasi, hingga ada yang melakukannya sebagai salah satu branding dari bisnisnya serta untuk meningkatkan jumlah sales. Penggunaan email marketing juga cukup mudah, kamu bisa mulai dengan mendapatkan email calon konsumen atau konsumen dengan cara memberikan penawaran yang menarik jika mau mendaftarkan emailnya di website bisnismu. Ketika kamu sudah mendapatkan email dari calon user, maka kamu sudah bisa langsung mengirimkan mereka email dengan isinya sesuai dari tujuan bisnismu. Sejarah awal dari penggunaan email marketing ini adalah pada tahun 1978, dan pada penggunaan email marketing pertama ini sukses mendapatkan sales dengan total 13 juta dollar.
Sejak saat itu banyak perusahaan atau linis bisnis yang berlomba-lomba dalam menggunakan email marketing.
Manfaat Penggunaan Email Marketing
Dibandingkan dengan metode digital marketing kekinian, email marketing memang terkesan sangat kuno. Namun, hal itu tidak serta-merta membuatnya menjadi tidak memiliki manfaat untuk dijalankan sebagai salah satu strategi marketing bisnis. Seperti yang disebutkan oleh Neil Patel, jika email marketing adalah the king of marketing channels atau raja dari saluran pemasaran. Sebab, hingga saat ini pengguna email sendiri sekitar 4,5 milyar akun.
Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dari email marketing, yuk simak pembahasan berikut ini:
Meningkatkan Sales dan Leads
Dilansir oleh Hubspot, sebanyak 59% pemasar menyebut jika email marketing menjadi sumber ROI (Return of Investment) terbesar mereka dan berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 760%. Tak hanya itu, Hubspot juga menyebutkan jika 59% responden menyebutkan jika email marketing bisa mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Baca juga : 7 Tips Membuat Caption Instagram yang Menarik Bagi Audiens
Meningkatkan Traffic ke Website Perusahaan
Jika website bisnismu memiliki banyak konten yang bagus, namun traffic-nya masih rendah, maka memberitahukan mengenai konten tersebut melalui email marketing bisa jadi solusi. Ketika kamu mengirimkan email marketing dan memberikan CTA pada email tersebut, maka berpotensi membuat user tertarik untuk klik link website bisnismu.
Menghasilkan Konten yang Dipersonalisasi
Hubspot menyebutkan jika email yang disertakan nama penerimanya pada subjek email akan menghasilkan CTR yang lebih tinggi. Email marketing akan menghasilkan konten yang dipersonalisasikan sesuai penerimanya.
Sebagai Media Komunikasi dengan Audiens atau Pelanggan
Untuk menjaga pelanggan tetap membeli produk yang kamu jual, hal yang perlu kamu lakukan adalah menjaga hubungan atau komunikasi yang baik dengan mereka. Dengan terciptanya hubungan yang baik antara kedua belah pihak akan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis kamu.
Komunikasi tersebut bisa kamu ciptakan dengan membuat email marketing dan mengirimkannya kepada user dalam jangka waktu tertentu.
Mengirimkan Campaign Sesuai Jadwal
Email marketing bisa kamu atur jadwal terkirimnya sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan. Dengan mengaturnya seperti itu maka kamu bisa mengirimkan email sesuai dengan jadwal campaign yang sedang berlangsung. Hal itu penting untuk dilakukan guna mencegah terjadinya kelupaan mengirimkan email kepada audiens.
Sebagai Media untuk Mengumpulkan Survei dan Feedback
Mengetahui user experience dari pelanggan penting untuk keberlangsungan bisnis. Sebab, dengan mengetahui pengalaman pelanggan terhadap produk atau jasa akan membuat bisnis menjadi lebih baik. Untuk mendapatkan informasi dari pelanggan tersebut, kamu bisa menggunakan email marketing yang berisi survei yang harus diisi oleh konsumen.
Baca juga : Perencanaan dan Pengembangan Karier: Pengertian, Manfaat, dan Tahapannya
Memiliki Forum untuk Self Promotion
Manfaat email marketing yang terakhir adalah memberikan kesempatan kepada bisnis atau perusahaan untuk memiliki tempat mempromosikan produk atau jasa kapanpun.
Tips Sukses Email Marketing
Untuk membuat email marketing menjadi menarik, sehingga emailnya dibaca oleh penerima, kamu perlu memperhatikan beberapa tips sukses dalam pembuatannya.
Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan dalam membuat email marketing:
Buat Subjek Email yang Engaging
Membuat subjek email yang menarik akan meningkatkan persentase open rate email.
Oleh karena itu, kamu harus memberi judul yang menarik dan sesuai dengan isi email. Jika tidak sesuai, audiens akan merasa tertipu dan akan unsubscribe dan juga melaporkan spam email kamu.
Isi Email Harus Singkat, Padat, dan Jelas
Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini orang mengakses internet kebanyakan dari perangkat mobile. Oleh karena itu kamu harus membuat email yang berisi pesan yang singkat namun to the point.
Menambahkan CTA di dalam Email
Hal terpenting dalam suksesnya email marketing adalah CTA. CTA akan menjadi pemicu atau trigger untuk membuat audiens tertarik untuk melakukan action yang kamu inginkan.
Gunakan List Email yang Legal dan Buat Penawaran Produk yang Menarik
Saat ini sering terjadi kebocoran data yang menyebabkan banyaknya alamat email yang tersebar. Kamu harus menghindari membeli list email secara ilegal. Karena ketika kamu mengirim email kepada mereka, mereka tidak akan tertarik dengan penawaran yang kamu berikan. Jadi, kirimkan email marketing ke alamat email yang kamu miliki secara legal. Selain itu, kamu juga menulis isi email yang berkualitas dan tawarkan promo yang menarik.
Contoh Email Marketing
Berdasarkan jenisnya, berikut adalah contoh dari email marketing yang bisa kamu pelajari:
Email Survei
Setiap lini bisnis pastinya membutuhkan feedback dari pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Mengirimkan email survei kepada pelanggan bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Di sisi lain, pengiriman email survei juga akan membuat konsumen merasa berarti dan dihargai oleh perusahaan.
Email Promosi
Jenis email promosi merupakan jenis email marketing yang paling banyak digunakan oleh perusahaan saat ini. Perusahaan biasanya menggunakan email promosi untuk meningkatkan brand awareness pelanggan kepada produk atau jasa yang baru dari perusahaan tersebut.
Email Marketing Seasonal
Sesuai dengan namanya, email marketing seasonal digunakan untuk musim, waktu, atau event-event tertentu yang sedang diselenggarakan oleh perusahaan. Tujuan email marketing seasonal ini adalah untuk menjangkau lebih banyak lagi konsumen dan calon konsumen tentang informasi mengenai penjualan yang akan berlangsung atau sedang berlangsung. Demikian pembahasan kita kali ini mengenai email marketing. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam membuat email marketing dengan baik. Selamat mencoba dan semoga sukses!