Serba-Serbi profesi Content Creator: Pengertian, Skill, dan Gaji yang Ditawarkan

26 Jun 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Ada beragam jenis profesi baru yang memiliki jenjang karier yang menjanjikan di era digital seperti saat ini. Salah satu pekerjaan yang kini paling dibutuhkan oleh perusahaan adalah content creatorMenurut Influencer MarketingHub, content creator adalah kunci dari pertumbuhan basis pelanggan yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, content creator sering disebut sebagai salah satu posisi yang harus ada di dalam tim content marketing perusahaan. Tugas content creator pun tak hanya sekadar membuat konten, tapi juga bertanggung jawab untuk membangun kepercayaan pelanggan. 

Jadi, apakah kamu tertarik mencoba berkarier sebagai seorang content creator? Ketahui dulu penjelasan selengkapnya mengenai profesi yang satu ini di bawah ini, ya!

Pengertian Content Creator

Sebelum mulai membahas tugas dan tanggung jawabnya, ketahui dulu apa itu content creator serta perbedaannya dengan influencer. Pasalnya, masih banyak yang masih kesulitan membedakan kedua profesi tersebut.

Content creator adalah orang yang menghasilkan konten yang menghibur, mendidik, serta menarik untuk didistribusikan di platform digital. Mereka harus bisa membuat konten-konten yang unik agar bisa menciptakan hubungan yang mendalam dengan audiens. 

Dengan begitu, brand pun bisa semakin dikenal, punya citra yang kredibel, dan memiliki audiens yang setia menunggu konten-konten terbarunya.

Biasanya, content creator mengembangkan konten untuk berbagai platform sesuai dengan jenis konten yang dibutuhkan. Misalnya, konten video untuk YouTube, TikTok, hingga Instagram Reels. 

Namun, perlu diingat bahwa jenis konten akan terus berkembang seiring dengan semakin canggihnya internet. Jika nantinya ada format konten terbaru, berarti content creator juga harus siap untuk mencoba membuat konten baru tersebut.

Perbedaan Content Creator dan Influencer

Content creator dan influencer memang sama-sama membuat konten sehingga banyak yang masih bingung dengan perbedaan keduanya. 

Hal pembeda utama dari kedua profesi tersebut bisa dilihat dari tujuan mereka membuat konten. Content creator lebih fokus membuat dan menerbitkan konten mereka. Sementara itu, influencer tujuannya lebih berfokus pada membangun dan mempengaruhi audiens serta mempromosikan sebuah brand

Neil Patel menjelaskan jika seorang content creator membuat konten original untuk berbagi pengetahuan atau membangun sebuah brandSementara itu, influencer membuat konten bersponsor untuk mempengaruhi audiens agar bisa mendapatkan popularitas serta uang. Seorang content creator biasanya bisa bekerja sendiri dengan cara freelance atau menjadi sebuah karyawan di sebuah perusahaan. 

Namun, influencer biasanya mereka bekerja seorang diri dan dibantu dengan timnya sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab Content Creator

Banyak yang menganggap tugas content creator adalah seputar pembuatan konten di beberapa platform saja. Padahal, sebenarnya membuat konten bukanlah sebuah hal yang mudah. Diperlukan riset mendalam agar konten yang disajikan sesuai dengan tujuan brand dan pastinya harus menarik perhatian audiens. 

Berikut ini tugas dan tanggung jawab umum dari seorang content creator:

  • Menulis, mengedit, dan memperbarui konten untuk situs perusahaan atau blog.
  • Melakukan riset dan wawancara untuk mengetahui tren serta perkembangan industri.
  • Membantu tim kreatif untuk merancang desain materi promosi.
  • Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan engagement dari audiens.
  • Menetapkan tujuan kampanye dan mengidentifikasi serta memecahkan masalah konsumen dengan berkolaborasi bersama tim terkait.
  • Memantau hasil dari konten yang diposting di media sosial dan situs web perusahaan.
  • Memanfaatkan metode SEO untuk meningkatkan traffic situs web perusahaan.
  • Memberikan ide-ide konten untuk membuat promosi penawaran agar bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tugas dan tanggung jawab content creator tentunya berbeda-beda sesuai dengan kebijakan perusahaan. 

Ada content creator yang hanya khusus membuat satu jenis konten saja, misalnya konten video.

Ada juga content creator yang juga merancang beberapa jenis konten sekaligus seperti video, visual, hingga podcast

Jadi, supaya bisa menjadi seorang content creator yang andal, kamu tentunya harus memahami dasar-dasar pembuatan beberapa jenis konten. 

Semakin banyak jenis konten yang bisa kamu buat, tentunya dapat menjadi seorang content creator dengan gaji yang lebih tinggi. 

Apalagi profesi ini memiliki jenjang karier yang jelas karena dibutuhkan oleh banyak perusahaan.

Skill yang Wajib Dimiliki Content Creator

Supaya bisa menjadi seorang content creator yang andal, dibutuhkan beberapa skill utama yang harus dikuasai. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Komunikasi 

Skill pertama yang harus dimiliki oleh seorang content creator adalah komunikasi. Kemampuan yang satu ini sangatlah penting karena mereka harus tahu bagaimana cara yang tepat menyampaikan pesan dari brand ke audiens.

Selain itu, dalam pelaksanaan tanggung jawabnya, mereka pasti akan bekerja sama dengan pihak lain seperti klien atau stakeholder lainnya. 

Kemampuan komunikasi yang dimiliki akan mempermudah ia dalam mengemukakan ide-ide konten yang dimilikinya. 

  1. Analytical Thinking

Analytical thinking atau pemikiran analitis membantu content creator untuk menganalisis perilaku audiens dan mengetahui seperti apa konten yang dibutuhkan dan disukai oleh mereka.

Selain itu, menurut Indeed, kemampuan yang satu ini juga dapat membantu menganalisis data untuk kebutuhan pembuatan strategi konten yang tepat. 

  1. Riset

Supaya konten yang dibuat bisa menarik dan menjawab kebutuhan audiens, tentu saja seorang content creator harus melakukan riset terlebih dahulu. Itulah kenapa skill yang satu ini sangat penting untuk dikuasai. 

Apabila konten dibuat dengan sembarangan dan tanpa riset, pastinya hal itu bisa berdampak pada citra brand

Pasalnya, konten tersebut bisa saja memiliki informasi yang salah sehingga bisa merusak kredibilitas perusahaan. 

  1. Manajemen Waktu 

Sebagai seorang content creator, biasanya akan mendapatkan tanggung jawab untuk mempersiapkan konten di beberapa platform sekaligus. 

Nah, jika tidak bisa mengatur waktu pastinya bisa kewalahan saat akan mengerjakannya.

Untuk itulah diperlukan kemampuan untuk manajemen waktu yang baik agar nantinya kamu bisa menyelesaikan project sesuai dengan deadline

Kamu juga bisa memanfaatkan tools manajemen waktu untuk membantu memprioritaskan tugas. 

  1. Kreativitas

Kemampuan yang harus dimiliki oleh content creator yang selanjutnya adalah kreativitas. Hal yang satu ini bisa disebut sebagai hal utama yang harus dimiliki oleh seorang content creator jika mereka ingin selalu menciptakan karya-karya yang unik dan original.

Dengan memiliki kreativitas yang tinggi, mereka juga tidak akan kesulitan mencari ide-ide konten terbaru. 

Kemudian, mereka juga selalu berani mencoba hal baru demi konten yang lebih menarik untuk audiens. 

Jenjang Karier Content Creator

Semakin berkembanganya media sosial membuat banyak perusahaan yang memanfaatkannya sebagai sarana pemasaran. Itulah mengapa profesi sebagai content creator pun semakin dicari. 

Jadi bisa dikatakan jika content creator adalah salah satu profesi yang kini sedang banyak diburu oleh perusahaan. 

Jenjang kariernya pun jelas karena nantinya kamu bisa dipromosikan menjadi content marketing manager atau content lead di perusahaan.

Untuk gaji content creator sendiri tentunya cukup berbeda sesuai dengan kebijakan perusahaan hingga kota di mana perusahaan itu berada. 

Namun, gaji content creator biasanya dimulai di angka Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulannya. 

Semakin banyak pengalaman dan skill yang dimiliki, pastinya gaji yang ditawarkan perusahaan bisa jadi semakin tinggi. Jadi, asah terus skill-mu agar nantinya bisa mendapatkan tawaran terbaik dari perusahaan, ya!

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu content creator, tugas dan tanggung jawab, serta skill yang dibutuhkan, hingga jenjang kariernya. 

Setelah membaca rangkuman di atas, apakah membuatmu semakin tertarik mencoba profesi yang satu ini?

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.