Pertanyaan Yang Muncul Ketika Interview Posisi SEO Specialist dan Cara Menjawabnya

10 Jul 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Kesempatan interview merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh pelamar kerja. Ketika kamu mengincar posisi sebagai SEO Specialist, maka sebaiknya perlu mempersiapkan jawaban dari pertanyaan interview yang dilontarkan oleh rekruter.

Penilaian pada tahap interview merupakan hal terpenting dan tidak boleh terlewatkan. Kamu harus tampil maksimal pada kesempatan yang singkat ini. 

Supaya interview bisa berjalan dengan lancar, kamu harus mempersiapkan sejumlah pertanyaan di bawah. Pada awal proses interview dimulai, biasanya kamu akan diminta untuk menceritakan diri sendiri. 

Kemudian, kamu akan diberikan pertanyaan lanjutan, seperti dari mana kamu mengetahui informasi lowongan kerja ini; kelebihan dan kekurangan yang dimiliki; serta apa yang membuat kamu tertarik bekerja di perusahaan ini.

Berikutnya kamu akan diberikan berbagai pertanyaan yang terbagi menjadi pertanyaan personal; basic SEO; dan technical SEO.

Pertanyaan Personal SEO Specialist

Kamu tidak boleh meremehkan pertanyaan personal. Jawaban kamu ketika interview pada sesi pertanyaan personal turut berperan besar. Dari jawaban yang kamu ucapkan, perekrut atau HRD dapat menilai bahwa karakter diri kamu.

Pada sesi ini, tidak ada jawaban yang salah maupun benar. Kamu cukup menjadi diri sendiri. Namun, jawaban kamu tentunya juga harus terdengar optimis dan visioner. 

Berikut contoh pertanyaan personal yang sangat mungkin akan kamu terima.

  1. Bagaimana awalnya kamu mengenal atau belajar SEO?

Pada pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya sesuai dengan pengalaman pribadi. Cobalah untuk menjelaskan secara runut perjalanan kamu mempelajari SEO dari awal hingga saat ini. Misalnya, kamu mulai mempelajari SEO ketika magang di sebuah media ataupun mengikuti kursus online.

Jawab sedetail dan sejujur mungkin. Jangan sampai kamu berbohong saat menjawab pertanyaan yang satu ini.

  1. Apa saja tools SEO yang biasa kamu gunakan?

Pertanyaan ini tentu akan keluar. Kamu bisa menjawabnya sesuai dengan pengalaman pribadi terkait tools mana yang biasa digunakan selama ini. 

Biasanya tools SEO yang sering digunakan antara lain SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest, Screaming Frog, Buzzstream atau Moz. 

Jawab kira-kira apa tools yang seringkali kamu gunakan dan cukup ahli dalam mengoperasikannya. Sebagai contoh, kamu ahli dalam mengoperasikan tools Ahrefs, tetapi untuk SEMrush hanya menggunakannya sekilas sehingga belum terlalu mahir.

  1. Apa saja yang dibutuhkan oleh SEO Specialist supaya dapat bekerja dengan maksimal?

Seorang SEO specialist tentu harus memiliki kemampuan riset dan menganalisa yang baik. Posisi ini mengharuskan kamu untuk selalu mengikuti dan mampu membaca tren. 

Ketika menjawab pertanyaan ini, kamu cukup menjelaskan bagaimana cara melakukan riset dan kemampuan apa yang kamu miliki.

Kamu bisa menambahkan satu pencapaian, misalnya pada pekerjaan sebelumnya yang merupakan kombinasi hasil riset dan kemampuan kamu. Jawaban yang bagus akan membuat perekrut menilai bahwa kamu adalah SEO Specialist yang mumpuni.

Pertanyaan Basic SEO Specialist

Apabila kamu merupakan fresh graduate dan melamar untuk posisi Junior SEO Specialist, pertanyaan berikut ini sangat mungkin akal muncul ketika interview. 

Perekrut akan memberikan pertanyaan dasar seputar SEO. Berikut pertanyaan basic SEO Specialist beserta jawabannya. 

  1. Mengapa SEO penting untuk sebuah bisnis?

Ilmu SEO dalam sebuah bisnis tentu sangat berguna dalam meningkatkan brand awareness. Penggunaan teknik SEO yang tepat mampu meningkatkan penjualan dan menambah kredibilitas brand. 

Mengupayakan hal-hal tersebut tentunya sangat baik untuk keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.

  1. Apa saja faktor penting yang mempengaruhi ranking di Google?

Banyak sekali faktor penting yang mempengaruhi brand untuk berada dalam pencarian teratas Google. Faktor-faktor tersebut antara lain kualitas konten, penentuan keyword, user experience, pagespeed website, backlink yang relevan, technical SEO, serta seluruh komponen on-page dan off page SEO.

  1. Apa saja faktor yang mempengaruhi pagespeed?

Faktor yang mempengaruhi kecepatan dalam mengakses website yaitu ukuran gambar dan page size tidak boleh berat. Hal tersebut mempengaruhi load time website. Selain itu, banyaknya code dan JavaScript turut mempengaruhi pagespeed.

  1. Apa yang dimaksud dengan On-page dan Off-page SEO?

On-page SEO adalah teknik yang digunakan supaya konten yang dibuat dapat terdeteksi oleh Google. Pengupayaan On-page SEO bisa dilakukan dengan menentukan keyword yang tepat, jumlah karakter pada judul dan meta description, serta caption dan alt text pada gambar. 

Sedangkan Off-page SEO adalah teknik yang digunakan supaya website yang dibuat dapat dinilai sebagai website yang kredibel. 

Hal tersebut turut mempengaruhi ranking website kamu di laman pencarian Google. Seorang SEO Specialist tentu harus memahami teknik semacam ini.

Pertanyaan Technical SEO Specialist

Pada sesi lanjutan yang satu ini, pertanyaannya akan lebih sulit. Jawaban yang Anda keluarkan akan merepresentasikan kemampuan yang kamu miliki. 

Berikut pertanyaan technical SEO Specialist beserta jawabannya.

  1. Bagaimana kamu mengukur keberhasilan teknik SEO?

Keberhasilan teknik SEO yang digunakan bisa dinilai menggunakan Key Performance Indicators (KPI) yang dibuat oleh perusahaan. Keberhasilan pun biasanya dapat dilihat dari meningkatnya traffic website, conversion, inbound link dan capaian lainnya.

  1. Bagaimana sebuah website bisa dikatakan search engine-friendly?

Sejumlah faktor yang membuat website bisa dikatakan search engine friendly antara lain keyword yang tepat, judul yang menarik dengan jumlah karakter yang sesuai, metadata, serta faktor lainnya supaya website bisa mendapat ranking tinggi di Google Search Engine Result Page (SERP).

  1. Bagaimana cara membuat URL yang SEO-friendly?

Supaya dinilai sebagai URL yang SEO-friendly, URL yang digunakan haruslah singkat dan mengandung keyword utama dari konten SEO. URL harus memiliki struktur yang mudah dikenali oleh Google maupun pengguna.

  1. Bagaimana cara supaya halaman dapat terindeks oleh Google?

Supaya dapat terindeks oleh Google, kamu bisa menguraikan langkah-langkahnya seperti membuat robot.txt dan sitemap. 

Langkah lainnya seperti menambahkan website ke Google Search Console dan memperbanyak internal link. Lalu membuat halaman kategori konten, serta membangun backlink berkualitas. 

Jangan lupa kamu harus melakukan pengecekan apabila terdapat error ketika proses indeks sedang berjalan.

Itulah pertanyaan interview posisi SEO Specialist dan jawabannya yang bisa kamu gunakan. 

Berhasil lolos sampai tahap interview pun berarti kamu telah mengalahkan sejumlah pelamar lainnya. Dari banyak orang yang melamar, kamu berarti sudah terpilih sebagai kandidat yang berpotensi dan harus menggunakan kesempatan interview ini sebaik mungkin.

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.