Tips Mencari Pelatihan dan Kursus Digital Marketing Gratis

07 Mar 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Kursus digital marketing gratis kini semakin banyak dilakukan karena untuk digital marketing kini semakin berkembang menjadi salah satu bidang industri yang menarik dan dibutuhkan di berbagai sektor. Perkembangan teknologi mendorong peran pemasaran dari sebuah bisnis untuk dapat dilakukan dengan tepat melalui internet sebagai medianya.

Peralihan operasional bisnis dari fisik ke digital juga mendorong para pelaku usaha kecil dan menengah untuk terjun ke dunia online. Banyak iklan yang kini dilihat melalui handphone daripada brosur atau selebaran.

Pesatnya perkembangan industri digital juga selaras dengan tingginya kebutuhan tenaga kerja atau ahli di bidang digital marketing. Karena itulah, digital marketing juga menjadi salah satu jenjang karier potensial yang dapat dipelajari sebagai kemampuan yang berharga.

Pentingnya Belajar Digital Marketing

pentingnya kursus digital marketing

Source : freepik

Meskipun banyak cara kreatif yang bisa dilakukan saat berbisnis, digital marketing memiliki peran penting untuk masa depan. Digital marketing memiliki peran penting dalam bisnis dan perlu dipelajari karena alasan berikut.

1. Lebih hemat biaya

Tidak diperlukan adanya sumber daya manusia yang terlalu banyak untuk kegiatan promosi. Asalkan sebuah bisnis mampu menjangkau audiennya dengan baik, penawaran produk yang diinginkan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hal ini membuat fungsi iklan relatif lebih hemat biaya daripada melakukan promosi iklan tradisional dalam bentuk tatap muka.

2. Menjangkau dengan lebih luas

Digital marketing menawarkan berbagai alat untuk mempromosikan bisnis. Sebuah bisnis juga dapat menjangkau audiens yang lebih besar melalui digital marketing ketimbang metode tradisional. Selain itu, iklan digital marketing juga dapat menargetkan prospek potensial untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Memberikan interaksi bisnis yang potensial

Agar dapat menjangkau audiens potensial dan para pelanggan, sebuah bisnis harus menjaga interaksi dan hubungan baik. Penggunaan digital marketing sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kepercayaan dari pelanggan terhadap sebuah brand.

Baca juga : Contoh sertifikasi Marketing yang bisa menunjang kariermu

Cara Ambil Kursus dan Pelatihan Digital Marketing Gratis

belajar digital marketing gratis

Bagi para pemula, perlu dipahami bahwa mempelajari digital marketing bukan hal instan dan membutuhkan waktu. Tidak hanya itu, digital marketing juga terdiri atas beberapa hal yang perlu dipelajari. Berikut inilah cara ikut kursus dan pelatihan digital marketing gratis.

1. Pelajari jenis-jenis digital marketing

Digital marketing terbagi menjadi beberapa kategori utama. Biasanya, orang yang berkarier secara profesional di bidang digital marketing memiliki salah satu atau beberapa keahlian di bidang Search Engine Optimization, Social Media Marketing, Content Marketing, Email Marketing, Mobile Marketing, Marketing Analytics, hingga Affiliate Marketing.

Sebelum menjadi ahli dalam bidang digital marketing, sebaiknya mulai dari salah satu yang ingin dijadikan sebagai dasar keahlian yang diminati. Setelah itu, lanjutkan dengan mempelajari korelasi dengan jenis digital marketing lainnya.

2. Mulai belajar otodidak dari blog atau video

Sudah banyak video atau blog yang bisa kamu pelajari secara otodidak. Mulai dari materi pengenalan hingga panduan untuk mencoba strategi digital marketing bisa dipelajari. Jika sudah mempelajari materi dasar dan metriks-metriks yang harus diukur, akan lebih mudah untuk membayangkan pengaplikasian digital marketing bagi bisnis.

3. Ikut webinar atau komunitas online

Agar tidak hilang arah saat belajar otodidak, ikuti webinar dari para ahli di bidang digital marketing. Daftarkan diri untuk selalu terlibat dan update melalui komunitas dan bangun jaringan agar punya teman diskusi. 

Melalui keterlibatan aktif di komunitas, sharing studi kasus akan lebih banyak terjadi sehingga muncul banyak inovasi yang update untuk berkembang. Dinamika digital marketing yang sangat cepat memerlukan respons yang tepat agar perkembangan bisnis tidak tertinggal dari kompetitor.

4. Daftar kursus digital marketing dan analisis

Memiliki pemahaman di bidang marketing saja belum tentu cukup untuk membuktikan kecakapan seseorang dalam berkarier. Agar kemampuan itu diakui, ikuti juga kursus digital marketing dan analisis. Beberapa kursus diselenggarakan secara gratis dengan ujian singkat yang bisa membuktikan kapabilitas seseorang.

Baca juga : Mengenal Digital Marketing Channel dalam Bisnis

       5. Buat website atau blog

Keahlian dan pemahaman teori memang penting untuk membangun dasar yang baik dalam bidang digital marketing. Namun, diperlukan pula pengalaman yang mumpuni untuk dapat membuktikan kemampuan analisis seseorang. Makin banyak pengalaman di bidang digital marketing, makin banyak pula solusi yang ditawarkan selama bisnis berjalan.

Kursus dan pelatihan digital marketing gratis bisa didapatkan melalui berbagai platform yang tersedia online. Ada juga pelatihan yang bisa diikuti dengan bimbingan mentor terbaik dan berpengalaman di bidang digital marketing. Meski sudah mendapatkan dasar teori yang baik, terus perkaya pengalaman dengan belajar dan mencoba, ya!

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.