Pengertian Posisi Product Manager dan Tugasnya dalam Perusahaan

22 Aug 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

 

Posisi pekerjaan sebagai product manager adalah salah satu profesi yang mulai banyak diminati. Saat ini, praktik bisnis mulai terpadukan dengan teknologi dan digitalisasi. Kemajuan tersebut tentunya mendorong pelaku bisnis saat ini membutuhkan sosok product manager..

Sebuah produk akan sulit dikenali oleh masyarakat, apalagi disukai, jika tidak dikembangkan dengan baik. 

Proses pengembangan produk meliputi berbagai hal seperti dari mendapatkan ide produk, tujuan bisnis, keinginan konsumen. 

Sejumlah upaya di atas tentu harus dilakukan oleh tim dan diketuai oleh seorang product manager. Posisi product manager hadir untuk mengemas semua langkah tersebut supaya produk yang kamu kenalkan jadi menarik bagi para audiens.

Lalu apa pengertian dari posisi product manager? Artikel ini akan membahas pengertian, tugasnya, serta skill yang harus dimiliki.

Pengertian Product Manager

Product manager dikenal mengurusi segala hal yang berkaitan erat dengan penanganan produk. Mengutip Product Plan, product manager adalah posisi dalam perusahaan yang bertugas dalam mengembangkan produk. 

Ia bertanggung jawab atas keberhasilan produk yang dirilis perusahaan.

Profesi product manager harus mampu memaksimalkan penjualan serta pendapatan perusahaan lewat produk yang telah dibuat. 

Seiring dengan perubahan selera audiens yang perkembangan teknologi, profesi product manager saat ini semakin dicari oleh banyak perusahaan.

Product manager bertugas untuk merumuskan ide-ide kreatif dan unik dalam menciptakan sebuah produk. Ide tersebut harus memiliki nilai dan esensi supaya menarik bagi audiens.

Tidak sampai di situ, seorang  product manager juga harus mengamati perkembangan ide produk yang diciptakan dan bagaimana respons dari audiens atau konsumen.

Profesi ini mempunyai tanggung jawab yang besar. Posisi tersebut berdiri di antara tiga pilar antara lain teknologi, business (marketing) dan user experience (UX). 

Seorang product manager tentu harus memahami ketiga pilar tersebut untuk bisa bekerja dengan baik.

Job Description atau Tugas Product Manager

Untuk mencapai tujuan perusahaan, seorang product manager harus mengupayakan banyak hal supaya berhasil merilis produk kreatif dan menghasilkan keuntungan.

Seorang product manager dituntut untuk dapat menjawab permasalahan audiens lewat produk yang diluncurkan. Product manager harus mampu melahirkan ide kreatif yang dapat memikat audiens.

Product manager biasanya bekerja dalam sebuah tim meliputi sejumlah personel yang berkaitan dengan product management. 

Profesi ini harus mampu membuat regulasi yang jelas dan terarah kepada semua anggotanya guna mencapai tujuan perusahaan.

Berikut sejumlah tugas seorang product manager yang harus dilakukan.

1. Menjaga relasi lewat komunikasi

Seorang product manager harus mampu mengantarkan pesan dan informasi yang terkandung di dalamnya dengan baik. 

Product manager bersama dengan tim yang dibentuk harus memastikan bahwa audiens memahami betul produk dan konsep pesan di dalamnya.

Kepuasan audiens dalam menilai produk tentu menjadi tanggung jawab yang besar bagi seorang product manager. Berbagai fitur atau keunggulan produk yang kamu miliki harus bisa dikemas dengan baik untuk mencegah terjadinya miskomunikasi.

Pastikan bahwa produk yang kamu rilis sesuai dengan visi dan misi yang dibangun bersama. Produk yang kamu rilis nantinya merupakan hak cipta milik perusahaan. 

Kamu pun harus memastikan bahwa orang-orang mampu menangkap value yang kamu tanam dalam produk yang kamu ciptakan.

Baca Juga : Pengertian Posisi Account Manager dan Tugasnya dalam Perusahaan

2. Melakukan analisis

Seorang product manager harus mampu menganalisis terhadap target audiens supaya dapat mengembangkan produk yang sesuai pasar. 

Pada zaman yang terus bergerak maju, seorang product manager juga harus mengikuti tren yang ada supaya tetap relevan dengan audiens.

Sebagai product manager, kamu harus mempelajari hasil dari analisis yang dilakukan guna mengembangkan produk yang sedang dibuat. 

Profesi ini harus melakukan analisis pada selera pasar, respons pelanggan dan kompetitor. Hasil tersebut nantinya akan mengarahkan kamu untuk membuat konsep produk yang sesuai dengan data analisis.

3. Membuat keputusan krusial

Product manager harus mampu membuat strategi yang mengarahkan anggota timnya menuju visi dan misi perusahaan. Kepentingan bisnis yang terjalin lewat produk yang diciptakan tentunya melibatkan berbagai pihak. 

Maka dari itu keputusan dari seorang product manager sangatlah penting. Product manager sebagai posisi tertinggi dalam tim tentu menjadi entitas yang dinilai paling mengetahui seluk-beluk proses produksi dari hulu ke hilir.

Product manager dinilai mampu mengatasi berbagai potensi masalah yang akan melanda. 

Penting bagi seorang product manager untuk melakukan pencatatan data supaya dapat sigap dalam menangani krisis yang mungkin saja bakal terjadi.

Skill yang Dibutuhkan Product Manager

Seorang product manager harus memiliki sejumlah skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Berikut di bawah ini sejumlah soft skill dan hard skill yang wajib kamu miliki.

1. Berkomunikasi

Konsep yang kreatif tentu mengharuskan kamu untuk bisa mengkomunikasikan konsep tersebut ke dalam bahasa percakapan supaya mudah dimengerti oleh orang lain.

Mengutip Live About, seorang product manager penting untuk memiliki skill berkomunikasi yang efektif. 

Sebagaimana kamu tahu, product manager akan bekerja sama dengan berbagai tim lainnya seperti tim desain produk, pemasaran, teknologi dan lainnya.

Untuk itu skill berkomunikasi sangat dibutuhkan untuk mencegah adanya miskomunikasi supaya produk yang diciptakan sesuai dengan ide yang kamu rancang.

Product manager mungkin saja perlu melakukan pendekatan yang berbeda ketika berkomunikasi dengan personel lainnya yang memiliki sudut pandang berbeda.

Dalam hal ini seorang product manager harus bisa menyamakan persepsi dengan komunikasi yang efektif guna membangun relasi pekerjaan yang harmonis.

2. Riset dan pengembangan

Skill untuk melakukan riset dan menganalisis sangat dibutuhkan oleh seorang product manager supaya bisa mengembangkan sebuah produk.

Tanpa kemampuan tersebut, akan sulit bagi seorang product manager untuk menentukan roadmap dan perencanaan ke depannya. Bisa-bisa perkembangan produk yang kamu jalankan akan menjadi stagnan tanpa kemajuan yang signifikan.

Maka dari itu seorang product manager harus memiliki skill menganalisis yang baik. Didukung dengan skill komunikasi yang dimiliki, hal tersebut mendorong seluruh anggota tim untuk dapat memahami keadaan proses produksi dan merancang produk dengan sangat baik.

Baca Juga : Definisi Data Driven dan Penerapannya Dalam Dunia Kerja

3. Pemikiran strategis

Posisi product manager harus memiliki pemikiran yang strategis. Berbagai proses produksi tentu memerlukan waktu yang berbeda-beda pada tiap tahapannya.

Untuk itu diperlukan skill pemikiran strategis supaya semua proses produksi bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya memikirkan waktu produksi, product manager juga harus menghitung biaya produksi.

Maka penting bagi seorang product manager untuk bisa menyusun strategi produksi dengan biaya dan tenggat waktu yang disepakati. Product manager harus mengupayakan semua prosesnya tepat waktu dan sesuai estimasi. 

4. Bernegosiasi

Posisi pekerjaan sebagai product manager memungkinkan kamu untuk bekerja sama dengan banyak pihak seperti client, freelancer, maupun pihak ketiga yang turut serta dalam pengembangan produk.

Skill bernegosiasi sangat diperlukan supaya segala hal terkait waktu penyelesaian dan biaya yang dibutuhkan tidak melebihi estimasi atau perencanaan.

Bernegosiasi tentu berkaitan dengan komunikasi. Hal ini mengharuskan kamu untuk bisa mencegah terjadinya miskomunikasi supaya pengembangan produk bisa berjalan dengan optimal.

Skill bernegosiasi yang baik juga perlu dibarengi dengan pengetahuan dan riset sebelumnya supaya kamu bisa mengetahui standar yang dibutuhkan dalam proses produksi. Seringnya soft skill semacam ini akan terlatih seiring dengan pengalaman kamu bekerja sebagai product manager.

5. User experience

Seorang product manager harus mampu memahami target audiens. Produk yang kamu ciptakan harus relevan dengan mereka. Kamu pun harus terbuka dalam menerima masukan atau feedback dari para audiens terkait produk yang kamu buat. 

Dengan begitu kamu bisa melakukan pengembangan dan membuat produk kamu jadi lebih baik. Menjadi relevan dengan audiens akan membuat mereka setia dan lekat dengan produk yang kalian ciptakan.

Kamu bisa melakukan pendekatan kepada audiens dengan berbagai cara seperti menerima masukan lewat email, membuat survei terbuka di media sosial, maupun membaca tren konsumen yang terjadi pada target audiens kamu.

Itulah sejumlah hal terkait posisi product manager yang perlu kamu ketahui. 

Dengan tugas yang cukup banyak, gaji seorang product manager di Indonesia menurut Indeed, yaitu Rp11.000.000/bulan. Kamu yang mampu menjalani tugas dan memiliki skill di atas bisa coba melamar untuk posisi product manager hari ini.

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.