Pengertian Posisi Account Manager dan Tugasnya dalam Perusahaan

21 Aug 2023 Admin Blog 0 Digital Marketing

Pekerjaan sebagai account manager (AM) adalah salah satu posisi yang menyimpan banyak tantangan di balik tugas-tugasnya. Sebagian menyebut bahwa posisi dan tugasnya menyerupai sales. Sebagian yang lain menyebut bahwa posisi tersebut menyerupai customer service.

Kedua pendapat di atas tidaklah salah lantaran tugas account manager memang beririsan dengan kedua posisi tersebut. 

Lalu sebetulnya apa saja tugas atau job description seorang account manager yang harus diketahui?

Pengertian Account Manager

Account manager adalah posisi pekerjaan yang sangat berkaitan dengan tim penjualan dalam sebuah perusahaan. Career Explorer mengatakan bahwa account manager adalah posisi yang biasanya diisi oleh orang yang memiliki sifat supel atau people person.

Supel tidak berarti kamu hanya dituntut untuk pandai berbasa-basi, tetapi kamu juga diharuskan mampu menjalin relasi dengan baik dan meyakinkan orang lain untuk bekerja sama. Posisi account manager biasanya setara dengan account executive.

Melansir Media Bistro, account manager adalah jembatan jembatan antara perusahaan dengan klien. Account manager bertugas menentukan kebutuhan klien dan memastikan perusahaannya mampu menjawab kebutuhan tersebut.

Maka dari itu tanggung jawab utama seorang account manager adalah membangun relasi dengan klien. 

Account manager biasanya bekerja sama dengan tim sales dan marketing dalam menyusun strategi, slide presentasi, serta promosi penjualan.

Posisi ini terkadang juga ditugaskan untuk merancang strategi pemasaran dan proposal media. 

Selain itu, account manager turut menangani komunikasi dengan klien dan menyusun laporan klien, serta mengkomunikasikan agenda klien ke tim lain yang berhubungan.

Job Description atau Tugas Account Manager

Account manager memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Berikut daftar tugas seorang account manager yang harus dilakukan:

  • menyusun strategi marketing
  • mengatur budget pemasukan, pengeluaran dan pemasaran
  • mencari peluang bisnis yang potensial
  • mencari calon klien potensial
  • menentukan metode penjualan
  • membuat proposal untuk diberikan kepada calon klien

Top Resume mengatakan bahwa terdapat beberapa tanggung jawab penting dari posisi account manager. Seorang account manager harus mampu melayani klien dengan baik, misalnya dengan selalu berkomunikasi dengan klien lewat pesan singkat, telepon, maupun email.

Account manager harus mampu memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan klien. Seorang account manager adalah sosok yang bertugas sebagai pintu masuk utama bagi semua calon investor, terutama investor yang memiliki tujuan yang sama dengan perusahaan.

Posisi ini juga bertugas untuk memantau bagaimana klien menggunakan produk perusahaan. Pada kasus tertentu, account manager juga bertanggung jawab terhadap kinerja dari tim sales yang ada di dalam perusahaan.

Seorang account manager mengemban cukup banyak tanggung jawab. Maka tidak heran jika account manager menjadi salah satu posisi penting dalam sebuah perusahaan. Profesi ini tidak hanya memikul tanggung jawab internal, tapi juga eksternal perusahaan.

Baca Juga : Definisi Data Driven dan Penerapannya Dalam Dunia Kerja

Skill yang Dibutuhkan Account Manager

Seorang account manager wajib memiliki sejumlah skill. Mengutip Top Resume, beberapa skill tersebut adalah bisa bekerja sama dalam tim, memiliki perencanaan yang baik, dan memiliki skill prospecting yang bagus.

Selain itu, seorang account manager juga harus bisa untuk selalu fokus pada klien dan menangani banyak proyek dalam suatu waktu. Account manager diwajibkan untuk mampu melakukan multi-tasking. 

Presiden Marketing and Communications Aqua, Dave Di Maggio juga mengatakan setidaknya terdapat 4 skill yang dibutuhkan oleh seorang account manager. 

1. Proaktif

Seseorang yang ingin berkarier sebagai account manager harus berani melakukan inisiatif. Kamu tidak boleh hanya menjadi pengikut. Posisi sebagai account manager mengharuskan kamu untuk selalu terbuka terhadap segala kemungkinan baru.

2. Mampu melihat peluang

Untuk berada di posisi ini, kamu harus memiliki pengamatan yang tajam terhadap segala peluang yang ada. Kamu harus tahu betul target seperti apa yang ingin klien dikejar.

Kamu pun harus mengembangkan kemampuan manajemen klien yang baik, apalagi ketika kamu memegang lebih dari satu klien. Tentu masing-masing memiliki target dan tujuan berbeda yang harus kamu pahami dan penuhi.

3. Manajemen waktu

Terkadang klien menghubungi kamu di waktu yang tidak menentu, misalnya ketika kamu sedang mengerjakan suatu proyek campaign.

Kamu harus bisa menentukan prioritas utama pada tiap waktu dan membaginya dengan porsi yang sesuai. Account manager perlu untuk bisa melakukan pemetaan atas banyak klien dan proyek yang sedang dilaksanakan.

4. Memperhatikan detail

Seorang account manager harus dapat memperhatikan penuh terhadap detail yang diinginkan klien. Kamu harus bisa memastikan tidak ada pesan atau tanggapan dari klien yang terlewat, apalagi sampai kamu abaikan.

Hal tersebut bisa berdampak pada proses berjalanya proyek serta seluruh tim yang terlibat. Dalam hal ini, hasil kerja dan citra perusahaanmu akan dinilai langsung oleh klien. 

Kamu tidak boleh bekerja setengah hati dan mengabaikan detail yang bisa berdampak besar pada image perusahaan. Jangan sampai kamu membuat klien kecewa atau kabur lantaran kerja sama yang tidak profesional atau hasil kerja kurang memuaskan.

Baca Juga : Profesi Graphic Designer: Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji

Kualifikasi Account Manager

Seorang account manager harus memenuhi sejumlah kualifikasi. Berikut terdapat beberapa kualifikasi yang harus dimiliki seorang account manager. 

1. Skill manajemen

Posisi account manager membutuhkan kemampuan manajemen yang baik. Kamu harus bisa berkomunikasi serta menyampaikan presentasi kepada orang lain dengan efektif.

Mengingat posisi ini memungkinkan bertemu banyak orang, skill manajemen tentu sangat dibutuhkan. Selain itu, kamu juga harus bisa menjawab segala pertanyaan dan permasalahan klien.

Begitu kamu mengemban posisi sebagai account manager, kamu akan menjadi orang andalan dalam menyelesaikan berbagai masalah secara sekaligus. Hal tersebut nantinya akan membuktikan seberapa baik kamu di mata klien dan perusahaan dalam bekerja sebagai account manager.

2. Pengalaman menangani proyek

Kemampuan akan teruji oleh pengalaman. Setidaknya pengalaman akan membuat kamu terbiasa untuk berada di dalam berbagai situasi dan masalah.

Pengalaman dalam menangani banyak proyek dalam satu waktu akan menjadi nilai plus bagi kamu untuk memegang posisi sebagai account manager. 

Kamu harus membuktikan bahwa kamu sesuai dengan kualifikasi dengan menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang berpengalaman.

3. Pendengar yang baik

Posisi sebagai account manager mengharuskan kamu mampu menjadi pendengar yang baik. Kemampuan ini tentu sangatlah penting lantaran kamu tentu akan banyak mendengarkan masukan dan keluhan dari klien.

Tidak hanya mendengarkan, kamu juga harus bisa menjawab klien dan menyampaikan presentasi di depan banyak orang dengan efektif. 

Komunikasi yang efektif dan efisien akan memperlancar hubungan kamu dengan klien serta membuat kamu terhindar dari risiko miskomunikasi.

4. Berpikir kritis

Posisi sebagai account manager mengharuskan bersikap kritis terhadap segala sesuatu. Kamu harus bisa membaca keadaan yang mempertemukan antara ide dan keinginan klien dengan sumber daya yang perusahaan miliki.

Kamu pun harus mampu menganalisis dari berbagai informasi yang kamu serap. Kemampuan untuk bersikap kritis dan mampu menganalisis biasanya harus diasah dengan menajamkan pikiran dan logika. 

Bisa dilatih dengan membaca buku, berdiskusi, dan kebiasaan yang membutuhkan ketajaman pikiran lainnya.

5. Menguasai tools pendukung

Pada beberapa perusahaan besar, posisi sebagai account manager perlu untuk mampu mengoperasikan tools berupa software CRM seperti Salesforce. 

Software semacam ini akan mendukung pekerjaan kamu lantaran dapat mengukur hubungan klien dengan perusahaan dan menampilkan setiap pencapaian yang diraih.

Kamu pun harus mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi di dunia digital. Seorang account manager mungkin juga akan diharuskan untuk bisa membaca data dari Google Analytics, memberikan laporan, melakukan analisis, serta menyusun strategi mutakhir berdasarkan data tersebut.

Itulah sejumlah hal terkait posisi account manager yang perlu kamu ketahui. Kamu harus memahami bahwa peran account manager sangatlah penting di dalam perusahaan. 

Maka dari itu gaji posisi account manager pun biasanya cukup menarik.

Mengutip Indeed, posisi account manager di Indonesia sekitar Rp9.000.000/bulan. Account manager wajib membina hubungan yang baik dengan klien. Kamu yang memiliki sejumlah kemampuan di atas tentu akan tertarik dengan posisi pekerjaan sebagai account manager.

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.