Pengertian dan Contoh Digital Marketing dalam Pemasaran

02 Jul 2022 Admin career companion 0 Digital Marketing

Berdasarkan fungsi sejatinya, pengertian digital marketing atau pemasaran digital mengacu kepada iklan yang disalurkan melalui kanal-kanal digital. Contoh digital marketing di antaranya search enginewebsite, sosial media, e-mail, dan aplikasi smartphone.

Melalui kanal dan media digital sebuah brand dapat meningkatkan segala faktor yang bisa mendukung keberlangsungan penjualan produk dan jasa. Jika dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional seperti pencetakan spanduk, brosur, banner, atau iklan TV.

Metode digital marketing merupakan teknik pemasaran yang memiliki hasil data yang akurat. Banyak sekali platform iklan digital yang sudah memiliki akses laporan untuk kemudian mendapat analisis data yang komprehensif.

Karena itu, kini para digital marketer dapat mengumpulkan dan menganalisis data yang kemudian bisa menjadi gambaran dari sebuah customer behaviour dan user engagements

Gambaran ini pun dapat  membantu digital marketer untuk memfasilitasi peluncuran iklan yang personalisasinya lebih rinci dan lebih akurat lagi, sehingga sebuah iklan akan tersebar kepada kalangan-kalangan yang sudah menjadi kriteria target pasar saja.

Seperti apa saja sih jenis-jenis iklan yang diluncurkan oleh para digital marketer melalui kanal-kanal digital? Berikut merupakan beberapa contoh digital marketing.

  1. Paid Search

Paid search atau pay per click advertising merupakan salah satu contoh digital marketing yang biasanya dapat kamu lihat pada hasil pencarian yang disponsori di bagian atas atau samping halaman saat melakukan pencarian pada satu keyword.

Iklan paid search memiliki hitungan harga berdasarkan jumlah klik yang didapat, dengan tujuan utamanya sebagai peningkat pengunjung dari suatu website.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

Masih berkutat di kanal search engine, SEO menjadi salah satu contoh  digital marketing yang merupakan sebuah proses optimasi dari beberapa faktor seperti konten, pengaturan teknis, kunjungan sebuah website yang tujuan utamanya adalah menempatkan website kamu di puncak pencarian pada search engine ketika orang-orang mengetik keyword yang spesifik.

  1. Content Marketing

Konten menjadi salah satu contoh digital marketing dan konsumsi pemasaran yang sering bersinggungan dengan masyarakat. Melalui pemasaran konten, sebuah brand dapat menyampaikan beberapa informasi dan pesan mengenai produk atau jasa yang dikemas sedemikian rupa agar dapat menarik perhatian konsumen dan audiens. Hasil pemasaran konten bisa berupa foto, grafis, video, artikel, dan lain sebagainya

  1. Social Media Marketing

Contoh digital marketing lainnya adalah pemasaran melalui sosial media. Melalui sosial media, setiap program pemasaran yang diluncurkan oleh sebuah brand dapat dikemas dengan aspek-aspek sosial untuk lebih mengikat perhatian konsumen dan calon konsumen. Karena kunci utama dari efektivitas sosial media mengacu kepada beberapa actionslikes, komentar, dan shares.

  1. Email Marketing

Setelah lebih dari 20 tahun lamanya, surel atau email masih menjadi platform yang dianggap paling cepat dan direct untuk menjangkau konsumen dan calon konsumen. Tiga kunci utama dari pemasaran email adalah konten yang engaging, relevan, dan informatif. Dengan ini pemasaran kamu tidak akan tenggelam dalam inbox seseorang secara sia-sia.

  1. Mobile Marketing

Sebuah gadget adalah salah satu alat yang akan selalu dekat dengan penggunanya. Maka sangat efektif jika sebuah pemasaran dari suatu brand ditempatkan pada gadget ini. SMS, MMS, dan in-app marketing adalah beberapa opsi untuk kamu menjangkau para konsumen dan calon konsumen.

Itulah beberapa dari contoh digital marketing. Untuk kamu yang tertarik menjadi seorang digital marketerAnalytical thinking dan creative thinking sangat diperlukan karena digital marketing merupakan kombinasi kecanggihan teknologi digital dan ide-ide kreatif dari para marketernya.

 

BY: Admin career companion

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.