Mengenal Digital Marketing Channel dalam Bisnis

28 Feb 2023 Admin Blog 0 Digital Marketing

Kemajuan teknologi membuat bisnis sangat erat kaitannya dengan pemasaran melalui internet yang dikenal dengan digital marketing. Digital marketing merupakan sebuah ruang yang menghubungkan antara pelaku bisnis dan konsumen yang mereka sasar dalam dunia digital. Bukan hanya satu atau dua, digital marketing memiliki beragam channel yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis.

Ada beragam manfaat yang ditawarkan oleh setiap channel dalam digital marketing. Namun, dibutuhkan strategi yang matang juga untuk bisa memaksimalkannya. Cari tahu seluk-beluk digital marketing dan segala channel-nya di bawah ini!

Mengenal Digital Marketing

Digital marketing adalah teknik pemasaran barang dan jasa dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam hal ini, pemasaran yang dilakukan cenderung memanfaatkan internet di dalamnya. Dengan kata lain, para marketer akan memanfaatkan gadget dalam melakukannya.

Tren penggunaan digital marketing juga sudah berlangsung sejak kemunculan internet. Perkembangannya pun makin besar saat media sosial dan e-commerce makin beragam. Hal ini membuat segala informasi lebih cepat tersebar dan jangkauannya pun makin luas.

Tidak jauh berbeda saat pebisnis memanfaatkan digital marketing untuk membantu pemasaran produknya. Batasan ruang seakan tidak ada lagi mengingat target pasar yang disasar bisa hingga ke luar kota, pulau, hingga berbeda negara sekalipun.

Digital Marketing Channel

Channel yang bisa dipakai untuk melakukan pemasaran digital pun beragam. Ada channel yang bisa digunakan secara cuma-cuma dan ada yang butuh modal untuk memanfaatkannya. Berikut sejumlah digital marketing channel yang bisa dimanfaatkan:

1. SEO

Search Engine Optimization merupakan cara untuk meningkatkan traffic sebuah website. Cara ini membuat halaman sebuah website lebih mudah ditemukan di mesin pencarian Google. Dengan begitu, membuka peluang orang untuk masuk dan melihat produk yang ditawarkan.

Channel bisa dibilang organic atau tanpa biaya untuk melakukannya. Investasi yang dilakukan oleh pelaku bisnis adalah meng-hire SEO writer dan SEO specialist guna menunjang pekerjaan ini.

2. Social Media Organic

Masih dari channel organik yang butuh biaya minim. Memanfaatkan platform media sosial juga bisa jadi langkah pemasaran digital bagi bisnis. Pasalnya, pengguna media sosial di dunia ini sudah sangat banyak dan berarti membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pasar.

Ditambah lagi, ragam media sosial juga sudah makin banyak. Sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, dan Tiktok dengan kebiasaan pengguna yang berbeda. Pebisnis hanya perlu berinvestasi pada social media specialist untuk menjalankan strategi pemasarannya.

3. Email Marketing

Cara ini banyak digunakan oleh para pebisnis untuk membuat orang mau kembali melakukan transaksi (lead). Email marketing akan membuat penyampaian informasi lebih personal ke target pasar yang disasar. Informasi yang diberikan bisa beragam, mulai dari produk terbaru hingga promo yang sedang berlangsung.

4. SEM

Search Engine Marketing membuat sebuah halaman website akan selalu berada di ranking teratas mesin pencarian. Hal ini tentunya akan meningkatkan traffic orang yang datang ke website tersebut. Makin banyak yang berkunjung, tentunya terbuka juga peluang untuk mendapatkan leads.

Untuk menjalankannya, pemilik bisnis perlu menyiapkan anggaran karena SEM merupakan paid channel (berbayar). Untuk lebih memaksimalkannya, SEM perlu dikolaborasikan dengan SEO.

5. Social Media Ads

Setiap media sosial juga memiliki fitur ads untuk membantu para pemilik akun meningkatkan konten mereka. Social media ads ini juga bisa mengatur target pengguna media sosial yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Hal ini akan membuka peluang supaya mereka tertarik hingga pada akhirnya melakukan transaksi.

Biarpun begitu, kecakapan dalam pembuatan konten pun perlu diperhatikan. Pesan yang mau disampaikan dalam sebuah konten perlu diperjelas sehingga orang bisa lebih mudah menangkapnya.

6. Ads Network

Paid channel yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menarik awareness lebih banyak orang. Ads network ini akan menaruh banner di halaman website sehingga orang akan melihat saat mengunjungi website tersebut. Biasanya ini dimanfaatkan dalam website yang memiliki rata-rata jumlah pengunjung tinggi.

Biarpun begitu, digital marketing channel yang satu ini butuh investasi yang cukup besar. Harga yang dibanderol bisa berbeda tergantung dari jumlah pengunjung website per bulannya.

Tips Memilih Digital Marketing Channel yang Tepat

Semua channel bagus, tapi tidak semua channel bisa dimanfaatkan untuk sebuah bisnis. Tentunya ada faktor yang bisa mempengaruhi dalam penentuan channel terbaik. Berikut sejumlah hal yang wajib diperhatikan saat memilih channel dalam digital marketing:

1. Skalabilitas

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lingkup dari pemasaran yang mau dilakukan. Untuk sebuah brand besar, mungkin memanfaatkan semua channel perlu dilakukan. Terlebih saat mereka mau menguasai pasar.

Di sisi lain, pelaku UMKM sebaiknya tidak menghabiskan modal usaha hanya untuk digital marketing saja. Memanfaatkan media sosial dan SEO sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membantu mengembangkan usahanya.

2. Penentuan target pasar

Lakukan penentuan target pasar sebelum memanfaatkan salah satu digital marketing channel. Salah menargetkan orang yang akan disasar hanya akan membuat strategi berjalan tidak sesuai rencana. Pada akhirnya, hanya akan membuang modal marketing.

Target pasar perlu dilihat dari berbagai aspek. Marketer harus melihat usia, gender, domisili, hingga rata-rata pengeluaran per bulan. Barulah bisa menentukan pasar seperti apa yang bisa diberikan produk yang dipasarkan.

3. Biaya yang dibutuhkan

Untuk aspek ini, pelaku bisnis perlu berkaca pada diri sendiri. Tentukan total biaya yang bisa dipakai untuk memasarkan sebuah produk. Variabel biaya yang perlu dimasukkan adalah biaya ads dan pekerja yang akan menjalankan pemasaran tersebut.

Nantinya pelaku bisnis akan mendapatkan nilai dari pengembalian berupa transaksinya. Jika transaksi yang terjadi besar, berarti biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkannya tentunya lebih kecil.

Itu dia penjelasan mengenai digital marketing channel dan sejumlah aspek yang mempengaruhinya. Jika memiliki bisnis, ada baiknya mendalami digital marketing dan mulai mempraktikkannya.

Baca Juga : 7 Langkah Perencanaan Karir Masa Depan yang Baik

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.