Lakukan 10 Persiapan Interview Kerja Ini agar Prosesnya Berjalan Lebih Lancar

21 Jun 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Melakukan persiapan interview kerja harus dilakukan dengan teliti agar nantinya kamu bisa sukses ketika berhadapan langsung dengan pewawancara. 

Ketika sudah di tahap wawancara, berarti kamu sudah satu langkah lebih dekat dengan pekerjaan impian. 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset dan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar proses interview bisa berjalan dengan lancar. 

Jika kamu masih bingung dengan apa saja yang perlu dipersiapkan agar wawancara bisa sukses tanpa kendala, simak penjelasannya dulu di bawah ini, yuk!

10 Persiapan Interview Kerja yang Harus Kamu Lakukan

Jangan sampai kamu terlihat grogi di depan pewawancara, apalagi sampai bingung saat akan menjawab pertanyaan mereka. Lakukan persiapan ini agar kamu bisa lancar saat interview!

  1. Baca Lagi Deskripsi Pekerjaan 

Indeed menjelaskan jika sangat penting untuk membaca ulang deskripsi pekerjaan yang dibuat oleh pemberi kerja. Coba pahami lagi seperti apa kualifikasi yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. 

Jika memang kualifikasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuanmu, tentunya kamu harus bisa menunjukkannya selama wawancara. 

Selain itu, kamu bisa mempersiapkan kira-kira apa saja pertanyaan yang nantinya akan ditanyakan oleh pemberi kerja. 

  1. Riset Mengenai Perusahaan

Jangan pernah menyepelekan usaha untuk melakukan riset mengenai perusahaan yang sedang kamu lamar. Biasanya, saat wawancara HRD, pertanyaan seputar perusahaan akan ditanyakan oleh pewawancara. 

Cari tahu mengenai produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 

Kemudian, ketahui juga apa visi, misi, dan budaya yang dimilikinya. Pewawancara akan tertarik dengan kandidat yang memiliki tujuan yang sama dengan perusahaannya. 

Baca juga : 6 Perbedaan Interview User dan HRD yang Wajib Kamu Pelajari!

  1. Cari Tahu Profil Pewawancara

Tips persiapan interview kerja yang satu ini juga cukup penting. Pasalnya, dengan mengetahui soal profil pewawancara bisa membantumu mengetahui bagaimana cara meresponnya. 

Kamu bisa tahu menyesuaikan bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya. Coba cek profilnya di LinkedIn dan ketahui seperti apa kualitas dari kandidat yang dicarinya. 

  1. Ketahui Format Interview yang akan Dilakukan

Tiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda soal interview yang diadakannya. Ada perusahaan yang lebih memilih untuk melakukan interview kandidat dengan telepon, video, atau bahkan datang secara langsung ke kantornya.

Menurut The Muse, tak ada salahnya memastikan dengan bertanya lagi kepada perekrut mengenai format interview yang akan dilakukan. 

Jika sudah mengetahui format interview yang dilakukan, persiapkanlah hal yang dibutuhkan dengan baik.

Misalnya, kamu akan melakukan interview online melalui video, tentunya harus memastikan jika koneksi internet tetap lancar. Gadget yang digunakan juga harus dipersiapkan agar tidak terjadi kendala di tengah proses wawancara.

  1. Siapkan Rangkuman soal Pengalaman Kerjamu

Pertanyaan seperti “ceritakan soal dirimu” pasti akan ditanyakan oleh pewawancara. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mempersiapkan sebuah rangkuman yang berisikan pengalaman kerja atau latar belakang pendidikanmu. 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa menceritakan dengan singkat seperti apa pengalaman kerja yang kamu miliki, mulai dari tanggung jawab yang dilakukan hingga skill yang dimiliki. 

Daripada kamu memberikan jawaban yang terlalu panjang dan membuat pewawancara bingung, sebaiknya siapkan dulu rangkuman jawabanmu sebelum interview

Namun, saat sedang wawancara tentunya kamu harus menceritakannya dengan lebih alami dan tidak seperti menghafal.

  1. Pelajari Contoh-Contoh Pertanyaan Interview

Mempelajari contoh-contoh pertanyaan bisa dikatakan sebagai persiapan interview kerja yang paling penting. Dengan mengetahui apa saja pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan oleh pewawancara, pastinya kamu bisa mempersiapkan jawabannya dengan baik.

Untuk wawancara HRD biasanya pertanyaan yang umum seperti kelebihan dan kekurangan diri yang akan ditanyakan. 

Sementara itu, untuk interview dengan user biasanya pertanyaannya lebih spesifik soal pekerjaan yang sedang dilamar. 

Baca juga : 8 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia tahun 2023

  1. Latihan Menjawab Pertanyaan

Bagi yang baru pertama kali melakukan interview kerja, pastinya akan merasa deg-degan dan grogi saat akan menjawab pertanyaan pewawancara. 

Nah, supaya kamu terhindar dari rasa nervous, sebaiknya luangkan waktu untuk berlatih interview

Menurut The Balance, dengan berlatih menjawab pertanyaan interview dapat membantu menenangkan saraf dan membuatmu lebih santai saat wawancara.

Kamu bisa mencoba meminta bantuan anggota keluarga atau teman untuk memberikan pertanyaan interview kepadamu. 

Lalu, kamu bisa menjawabnya dengan serius seakan-akan sedang melakukan interview yang sebenarnya. 

  1. Melatih Bahasa Tubuh yang Tepat

Selain melatih berbicara untuk menjawab pertanyaan, kamu juga harus mencoba melatih bahasa tubuhmu. Saat wawancara, perekrut juga akan memperhatikan bahasa tubuhmu. Pasalnya, gestur tubuh bisa menunjukkan seperti apa karaktermu.

Misalnya, jika kamu percaya diri tentunya gestur tubuhmu akan tampak lebih tenang setiap menjawab pertanyaan dari pewawancara. 

Selain itu, biar kamu terlihat percaya diri, jangan lupa untuk menatap mata pewawancara saat menjawab pertanyaannya.

  1. Pilih Pakaian yang Sesuai

Penampilan yang rapi akan membuatmu mendapatkan kesan pertama yang baik dari pewawancara. Itulah mengapa pakaian yang kamu kenakan saat interview juga sangat penting untuk diperhatikan.

Baik melakukan interview secara langsung atau online, sebaiknya menggunakan pakaian yang formal dan rapi. Pemilihan pakaian yang tepat serta penampilan yang rapi dapat menunjukkan profesionalitas sebagai kandidat pencari kerja.

  1. Siapkan Daftar Pertanyaan untuk Pewawancara

Persiapan interview kerja yang terakhir dalam daftar ini adalah dengan membuat daftar pertanyaan untuk diajukan kepada pewawancara. 

Umumnya di akhir proses interview para pewawancara akan memberikan kesempatan kepada kandidat untuk memberikan pertanyaan seputar proses rekrutmen, posisi yang dilamar, dan perusahaan.

Jadi, biar kamu tidak kebingungan saat diberikan kesempatan untuk bertanya, sebaiknya siapkan dulu daftar pertanyaan yang ingin kamu tanyakan.

Itulah beberapa persiapan interview kerja yang bisa lakukan sebelum menjalani proses wawancara. 

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, pastinya kamu bisa lebih lancar saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pewawancara. 

Jangan lupa untuk selalu percaya diri agar kamu bisa mendapatkan perhatian dari pewawancara dan memberikan kesan pertama yang baik!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.