Karier Customer Service: Pengertian, Tugas, Skill, hingga Gajinya

01 Sep 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

 

Kamu pasti sudah tahu apa itu customer service. Pasalnya, hampir di berbagai tempat atau perusahaan memiliki seorang customer service untuk membantu konsumen.

Dalam dunia bisnis, customer service atau CS memegang peran penting dalam memberikan pelayanan pelanggan dengan baik. Di mana, hal tersebut menjadi kunci utama untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap perusahaan.

Masih penasaran terkait apa itu customer service? Yuk simak lebih lanjut serba-serbi karier customer service pada artikel ini!

Apa Itu Customer Service?

Beberapa orang mungkin telah memahami pekerjaan customer service secara garis besar, melihat dari cara kerja yang dilakukan oleh customer service. Namun, tidak sedikit yang masih bingung, apa itu customer service?

Customer service adalah sebuah profesi yang bertugas untuk melayani kebutuhan dan membantu mengatasi permasalahan pelanggan, baik sebelum maupun sesudah pelanggan membeli produk.

Agar dapat berkomunikasi dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan mudah, saat ini customer service dapat dihubungi melalui banyak layanan, mulai dari bertemu langsung, melalui telepon, email, SMS, hingga social media.

Tugas dan Tanggung Jawab Customer Service

Setelah mengetahui apa itu customer service, kamu juga perlu menyimak apa saja tugas dan tanggung jawab seorang customer service. 

Pasalnya, tugas seorang customer service tidak hanya membantu dan menjawab permasalahan customer saja, masih ada berbagai tugas dan tanggung jawab lainnya.

Sebenarnya, tiap perusahaan atau industri memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda untuk profesi customer service. Namun, secara umum berikut 5 tugas dan tanggung jawab seorang customer service:

1. Menangani Panggilan atau Pertanyaan Pelanggan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tugas customer service yang pertama adalah menangani panggilan atau pertanyaan dari pelanggan. 

Umumnya, pertanyaan berupa produk yang dijual, namun tidak jarang akan bertanya hal lainnya. 

Customer service harus siap menjawab pertanyaan yang diberikan dengan cekatan, dan memberikan informasi yang akurat. 

Jawaban yang diberikan ini akan berpengaruh terhadap pandangan pelanggan ke perusahaan, dan berpengaruh terhadap hubungan dengan pelanggan kedepannya. 

Oleh sebab itu, customer service perlu memahami secara dalam terkait produk yang dijual serta menjawab pertanyaan dengan baik dan ramah.

2. Menjawab Masalah atau Keluhan Pelanggan

Selain menjawab pertanyaan, tidak jarang tugas customer service adalah menjawab masalah atau keluhan pelanggan. 

Menghadapi keluhan yang beragam, membuat customer service harus bisa mengambil tindakan yang cepat dan efektif untuk memecahkan masalah yang muncul dan memberikan solusi terbaik, sehingga pelanggan akan merasa dihargai dan puas terhadap pelayanan kita.

Baca Juga : Inilah Serba Serbi Karier Fotografer dari Tugas Hingga Gajinya

3. Merekomendasikan Produk ke Pelanggan

Customer service juga bertugas untuk merekomendasikan sebuah produk yang tepat ke pelanggan. Terlebih, jika pelanggan memiliki pertanyaan atau masalah, customer service mampu memberikan solusi berupa penawaran produk yang tepat dan dibutuhkan oleh pelanggan.

4. Mencatat Data Pelanggan

Menghadapi pelanggan secara langsung, membuat customer service memiliki data pribadi konsumen. 

Data tersebut harus customer service simpan dengan baik untuk arsip perusahaan. Saat mendapat pengaduan terkait masalah produk, customer service juga perlu mencatat kendala tersebut, sebagai bahan evaluasi perusahaan kedepannya.

5. Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi tugas dan tanggung jawab penting untuk seorang customer service. 

Mereka harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, serta memberikan saran atau rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan pengalaman baik pelanggan.

6 Skill yang Harus Dimiliki Customer Service

Tidak mudah untuk bisa berhadapan langsung dengan customer, terlebih harus menghadapi berbagai pertanyaan yang berbeda. 

Oleh sebab itu, perlu skill dan keahlian khusus untuk menjadi seorang customer service. Beberapa diantaranya yaitu:

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Skill pertama dan utama yang harus dimiliki oleh customer service adalah kemampuan berkomunikasi yang baik, secara lisan maupun tulisan. 

Kemampuan ini harus dimiliki seorang customer service karena akan berhadapan langsung dengan pelanggan.

Kamu harus bisa menyampaikan sebuah informasi dengan jelas menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pelanggan, serta harus bisa mendengarkan keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan baik dan menyampaikan solusi yang tepat dan efektif.

2. Empati

Selain skill komunikasi yang baik, seorang customer service perlu memiliki skill empati yang tinggi. 

Berhadapan dengan permasalahan serta keluhan pelanggan yang berbeda-beda, membuat keahlian empati penting untuk dimiliki. 

Dengan memiliki empati yang tinggi, akan memudahkan kamu dalam melakukan komunikasi dan memahami perasaan pelanggan. Sehingga, akan lebih mudah untuk kamu mencari jalan keluar terhadap permasalahan tersebut.

3. Kemampuan Multitasking

Memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi, seorang customer service perlu memiliki kemampuan multitasking yang baik. Kamu harus bisa menjawab panggilan telepon, menangani email, dan juga mengelola pesan dari pelanggan.

Adanya kemampuan ini, akan membantumu dalam mengatasi situasi yang sibuk, dan bisa memprioritaskan tugas dengan efisien.

4. Product Knowledge

Sebagai customer service professional, wajib untuk mereka mengetahui informasi produk secara mendalam. Bisa dibayangkan, bagaimana jika pelanggan menanyakan detail produk, namun kamu tidak mengetahui informasi produk tersebut. Pasti kamu akan mengalami kesulitan untuk menjawab dan memberikan solusi untuk pelanggan. 

Oleh sebab itu, seorang customer service wajib mengetahui secara detail produk dimiliki. Sehingga bisa menjawab pertanyaan serta mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan.

Baca Juga : Tanggung Jawab dan Skill yang Dibutuhkan untuk Jadi KOL Specialist Profesional

5. Problem Solving

Ketika mengalami masalah atau ketidaktahuan terhadap sebuah produk, pelanggan akan langsung menghubungi seorang customer service. Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik dengan bijak dan diplomatis. Kemampuan problem solving ini juga akan membantu untuk mencapai kepuasan pelanggan dan menjaga hubungan yang baik.

6. Kesabaran dan Ketekunan

Skill yang perlu dimiliki oleh customer service selanjutnya adalah tingkat kesabaran yang tinggi serta ketekunan. Terkadang, pelanggan mengajukan keluhan dengan nada tidak ramah atau marah. 

Dalam situasi tersebut, seorang customer service harus tetap tenang dan fokus untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan. Ketekunan juga penting dalam menangani masalah yang kompleks atau berlarut-larut

Gaji Customer Service

Setelah melihat serba-serbi karier customer service, kamu mungkin penasaran berapa sih gaji customer service? 

Gaji customer service setiap perusahaan atau industri akan berbeda, dan bergantung juga pada beban kerja yang diterima. Wilayah tempat kamu bekerja juga berpengaruh pada penghasilan yang akan didapatkan nantinya. 

Berdasarkan data dari Indeed, rata-rata gaji customer service di wilayah DKI Jakarta sekitar Rp4,6 juta. Gaji ini bisa lebih besar, jika kamu sudah berpengalaman dalam bekerja sebagai customer service.

Itu dia serba-serbi karier customer service yang telah kamu simak, mulai dari pengertian hingga rata-rata gaji customer service. 

Semoga artikel ini bisa memberikan informasi terkait pekerjaan customer service yang kamu butuhkan. Selamat mencoba menjadi customer service dan semoga berhasil!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.