Ingin Jago Bahasa Inggris? Ini 15 Tips Belajar Bahasa Inggris

28 Aug 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

 

Saat ini, Bahasa Inggris menjadi bahasa yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempelajarinya, kamu perlu memahami tips belajar Bahasa Inggris yang benar.

Di era sekarang, Bahasa Inggris sangat berguna, mulai dari belajar di pendidikan hingga dunia pekerjaan. Terlebih, jika kamu bekerja dengan orang asing.

Kamu yang masih belum bisa Bahasa Inggris, tenang saja, kamu bisa mulai dari sekarang! 

Pasalnya, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Agar lebih mudah dalam memahami Bahasa Inggris, kamu bisa ikuti 15 tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula berikut ini!

Deretan Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

1. Tetapkan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang pertama adalah menetapkan tujuan dari belajar Bahasa Inggris tersebut. Dengan menetapkan tujuan ini, kamu bisa lebih mudah mengatur proses belajar Bahasa Inggrismu.

Misal, kamu ingin belajar Bahasa Inggris untuk bersekolah ke luar negeri. Maka kamu perlu belajar dengan giat mulai dari writing, listening, hingga reading, agar proses pembelajaran di luar negeri bisa mudah kamu pahami.

2. Baca Buku atau Artikel Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan membaca buku atau artikel Bahasa Inggris. Dengan rajin membaca buku atau bacaan Bahasa Inggris, akan meningkatkan kemampuan reading serta kosakatamu loh!

Pilihlah buku bacaan yang sesuai dengan minatmu. Penggemar novel? Kamu bisa pilih novel Bahasa Inggris sebagai bacaan. Kamu juga bisa memilih buku Bahasa Inggris yang dilengkapi gambar agar lebih menarik.

3. Menonton Film Bahasa Inggris

Selain membaca buku, menonton film dengan Bahasa Inggris menjadi salah satu tips belajar Bahasa Inggris yang diyakini efektif.

Terlebih, jika kamu hobi nonton film. Cara satu ini akan memudahkanmu dalam belajar Bahasa Inggris!

Kamu bisa ubah cara nonton film-mu dengan menonton tanpa subtitle atau menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Jika menemukan kalimat Bahasa Inggris yang asing atau tidak kamu mengerti, kamu bisa langsung search arti kalimat tersebut.

4. Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Penggemar lagu? Cara belajar Bahasa Inggris satu ini cocok untuk kamu! Kamu bisa mendengarkan lagu tersebut dan hafalkan liriknya sambil ikut bernyanyi.

Kamu juga bisa coba artikan makna dari lirik lagu tersebut. Semakin banyak lagu yang kamu dengarkan, vocabulary akan kata dalam Bahasa Inggris akan semakin banyak yang kamu ketahui.

Baca Juga : 7 Tips Lulus Masa Probation dan Menjadi Karyawan Tetap

5. Mencoba Menulis Tulisan Bahasa Inggris

Setelah belajar dengan cara membaca buku atau mendengarkan lagu, selanjutnya adalah mulai membuat tulisan dalam Bahasa Inggris.

Buatlah tulisan-tulisan sederhana sebagai permulaan. Jangan lupa periksa apakah tulisanmu sudah sesuai atau masih terdapat kesalahan. 

Selain itu, kamu juga bisa memulai tulisan dengan cara chatting-an bersama temanmu dalam Bahasa Inggris.

6. Menggunakan Flashcard untuk Latihan Kosakata

Flashcard merupakan kartu yang berisi kata-kata dalam kategori tertentu. Misal, kategori warna, kota, dan lain sebagainya.

Kamu bisa buat flashcard sendiri versimu, dengan kosakata yang kamu inginkan. Cara belajar dengan flashcard dipercaya ampuh untuk memperkaya kosakata, terlebih jika kamu membaca dan menghafal secara terus-menerus.

7. Belajar Sambil Bermain Game

Hobi main game? Jangan hanya fokus untuk bermain saja! Kamu bisa jadikan bermain game sebagai tempat untuk belajar Bahasa Inggris.

Contohnya saat bermain game online, kamu bisa atur agar game menggunakan Bahasa Inggris. 

Selain itu, dalam game online terkadang kita berhubungan dengan orang asing. Nah, di sini kamu bisa mulai mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu.

8. Ikuti Kursus Bahasa Inggris

Tips belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Inggris. Dengan adanya guru, proses pembelajaranmu akan berlangsung menjadi lebih mudah. Kamu juga bisa bertanya jika tidak mengerti suatu hal.

9. Manfaatkan Aplikasi Bahasa Inggris

Selain dari kursus Bahasa Inggris, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Bahasa Inggris secara gratis untuk belajar loh!

Contohnya seperti Duolingo atau Memrise yang bisa kamu gunakan untuk belajar kapan saja dan di mana saja melalui smartphonemu.

10. Membiasakan Diri Berbicara Bahasa Inggris

Mungkin terkesan sulit, namun kamu perlu membiasakan diri untuk berbicara Bahasa Inggris untuk meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu. Kamu bisa mulai dengan melakukan percakapan ringan dengan kosakata sederhana yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari!

11. Berteman dengan Teman yang Mahir Bahasa Inggris

Berteman dengan orang yang mahir Bahasa Inggris juga bisa menjadi opsi yang tepat dalam mempelajarinya. Pasalnya, kamu bisa belajar banyak terkait Bahasa Inggris dengannya, tanpa perlu malu untuk mencoba, sebab kalian berteman.

Kamu bisa minta pendapat atau masukan jika mengalami kesulitan atau kesalahan dalam Bahasa Inggris yang kamu gunakan.

Baca Juga : 7 Cara Menjawab Pertanyaan Interview Soal Alasan Resign

12. Belajar dan Mencatat Kosakata Baru

Ada banyak kosakata Bahasa Inggris yang mungkin belum kamu ketahui. Agar mempermudah dalam belajar, kamu bisa catat setiap kosakata yang baru kamu dengan atau mengerti. Jangan lupa untuk mengingat dan membaca ulang setiap menemukan kosakata baru ya!

13. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Kamu suka mendengarkan podcast? Mulai sekarang, cobalah untuk mendengarkan podcast luar negeri atau podcast Bahasa Inggris juga. Dengan mendengarkan podcast tersebut, kamu bisa menambah pengetahuan dan kemampuan dalam Bahasa Inggris.

14. Ubah Settingan Gadget dan Social Media ke dalam Bahasa Inggris

Kamu bisa ubah settingan gadget dan seluruh social media milikmu ke dalam Bahasa Inggris. Cara ini dilakukan agar kamu terbiasa dengan kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris, misal nama hari, jam, dan lain sebagainya.

15. Konsisten dalam Belajar

Tips belajar Bahasa Inggris untuk pemula yang terakhir adalah harus konsisten. Pasalnya, jika kamu malas atau tidak konsisten, semua akan terasa berat.

Kebalikannya, jika kamu konsisten dalam belajar, kemampuan Bahasa Inggrismu dapat terasah dengan cepat dan menjadi lebih baik.

Nah, itu dia 15 tips belajar Bahasa Inggris yang bisa kamu ikuti. Cobalah belajar dengan cara yang membuatmu nyaman. Dengan begitu, proses belajar akan terasa menyenangkan dan lebih mudah untuk dimengerti.

Semoga deretan tips dalam artikel ini dapat membantumu lebih mudah untuk belajar Bahasa Inggris. Selamat belajar!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.