Tips Menjawab Kekurangan Saat Interview Secara Tepat

Interview kerja terkadang menjadi sebuah moment yang mendebarkan untuk sebagian orang. Pasalnya, ada banyak pertanyaan yang harus dijawab, termasuk dalam hal menjawab kekurangan saat interview. 

Tanpa adanya persiapan dan strategi, bisa saja kamu malah memberikan jawaban yang salah dan tidak memuaskan recruiter.  

Nah, agar interview kerja berjalan lancar berikut tips menjawab kekurangan saat interview secara tepat dan baik.

Tips Menjawab Kekurangan Saat Interview

Selain mempersiapkan jawaban terkait karakter diri dan skill yang dimiliki, kamu juga perlu menyiapkan jawaban saat ditanya kekurangan diri. Hal ini akan menjadi penilaian tersendiri yang dilakukan oleh HRD. Berikut beberapa tipsnya. 

1. Observasi Perusahaan yang Dilamar

Hal pertama yang perlu dipahami adalah apa perusahaan yang sedang kamu lamar dan perusahaan tersebut bergerak di bidang apa serta apa saja produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. 

Ini merupakan pengetahuan dasar yang harus kamu ketahui sebagai calon karyawan. 

Setelah kamu tahu secara jelas mengenai detail perusahaan yang akan kamu lamar, maka kamu bisa memposisikan diri dengan baik dan mempersiapkan cara berkomunikasi yang baik kepada HRD.

2. Kenali Detail Job dan Kemampuan Diri 

Mengetahui detail job yang akan kamu lamar adalah hal penting yang perlu kamu ketahui. Pada saat perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan biasanya terdapat keterangan tentang job dan skill yang dibutuhkan. 

Pada tahap ini, pastikan skill atau keterampilan yang kamu miliki telah sesuai dengan requirement yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

Sehingga saat interview nanti, kamu sudah ada pemahaman tentang bidang apa yang akan kamu handle termasuk tanggung jawabnya. 

 

Pada saat interview, kamu sebagai calon karyawan berhak mengajukan pertanyaan bagaimana flow pekerjaan yang akan kamu handle dan bekerja dengan tim mana saja untuk memudahkan jalannya pekerjaan nanti.

3. Cari Hal Positif dari Kekurangan Diri

Kekurangan pada diri adalah hal yang wajar, dan kamu tentu juga memiliki upaya untuk terus mengembangkan potensi diri. 

Pada saat interview tentu ada pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan diri. Hal ini adalah untuk menilai proses adaptasi yang akan dibutuhkan terhadap budaya perusahaan dan seberapa dampak yang akan ditimbulkan terhadap kualitas pekerjaan yang akan kamu handle seterusnya. Maka dari itu, pembahasan mengenai kekurangan dan kelebihan diri sangat diperlukan.

Pada saat membahas tentang bagian kekurangan diri, kamu bisa memberikan respons positif sebagai bentuk solutif tentang kekurangan diri. 

Dari sini akan terlihat seberapa jauh kamu mengerti dirimu, memiliki cara sendiri untuk menanggulangi kekurangan diri dan ada kemauan untuk tetap melakukan improvement. 

4. Bisa Tiru Jawaban Ini

Ketika membahas tentang kekurangan diri, memang rasanya seolah takut ditolak atau merasa kurang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. 

Untuk mengelola perasaan mendebarkan tentang kekurangan diri agar bisa diterima oleh HRD kamu bisa mencoba menjawab dengan cara berikut:

Terbatas Pada Akses Tertentu

Terbatasnya akses biasa dialami oleh sebagian orang, dan mungkin kamu adalah salah satunya. Keterbatasan akses biasanya menjadi faktor penghambat untuk berkembang. 7

Pada sisi ini bisa kamu jadikan alasan yang masuk akal apabila mendapat pertanyaan tentang kekurangan diri. 

Misalnya, device yang kamu gunakan kurang mendukung pada pekerjaanmu sebelumnya sehingga informasi yang kamu dapatkan sangat terbatas atau penggunaan layanan tools pekerjaan yang tidak berbayar sehingga performa pekerjaan terbatas.

Jika kamu bisa menyampaikan dengan baik saat interview, mungkin kamu akan mendapat fasilitas yang menunjang produktivitas saat bekerja sehingga improvement diri menjadi maksimal.

Belum Memiliki Banyak Pengalaman

Jika kamu baru pertama terjun di dunia kerja, kamu bisa menggunakan alasan belum memiliki banyak pengalaman kepada HRD tentang kekurangan dirimu. 

Apakah pengalaman berpengaruh? Pada skala pekerjaan, pengalaman mengambil peran dalam menentukan kemampuan dalam pekerjaan. 

Misal pada segi komunikasi, cara penyelesaian masalah, mengatur task pekerjaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan lainnya. 

Kepada HRD kamu bisa memberi jawaban yang meyakinkan dan bersungguh-sungguh meskipun belum memiliki banyak pengalaman dalam bidang pekerjaan, kamu akan terus melakukan improvement agar pekerjaan bisa perform sesuai target perusahaan.

Ada Rencana Untuk Mempelajari Skill Tertentu

Kemauan menjadi hal yang perlu dihargai. Jawaban yang bisa kamu tiru selanjutnya adalah memiliki kemauan untuk mempelajari skill tertentu yang relevan pada bidang pekerjaan. 

Upaya mengembangkan potensi diri pada saat bekerja memang sedikit berat karena kamu harus bisa membagi waktu untuk tetap menjaga performa pekerjaan, waktu saat belajar dan waktu istirahat. 

Meskipun terasa berat, kamu harus bisa meyakinkan HRD bahwa kamu memiliki kemauan dan rencana untuk mempelajari skill yang membantumu dalam pekerjaan.

Untuk mengembangkan skill, kamu bisa loh mengikuti kelas online di Companion Career by Prasmul-Eli dengan pembelajaran yang fleksibel dan menyenangkan. Yuk, daftar sekarang!

5. Pengendalian Diri yang Baik

Meskipun menjadi momen yang mendebarkan, interview menjadi momen kamu menunjukan kualitas diri kepada perusahaan bahwa kamu adalah kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Agar proses interview bisa berjalan baik, lancar dan sesuai dengan keinginan mu. Kamu perlu melakukan pengendalian diri yang baik. 

Gunakan gaya komunikasi dengan bahasa formal yang tetap menghormati HRD, menata struktur bahasa agar tidak berbicara terbata-bata dan mengetahui apa saja yang akan kamu bicarakan. Semoga beruntung


6 Alasan yang Membuat Anda Tertarik Bekerja di Perusahaan