Tips Membuat Pembukaan Email Lamaran Kerja

Bagi para pencari kerja, penting untuk mengetahui tips membuat pembukaan email lamaran kerja. Dengan pembukaan email yang baik dan menarik dapat meningkatkan peluang kamu untuk bisa diterima bekerja di perusahaan impian kamu. 

Tidak sulit kok membuat pembukaan email lamaran kerja. Kamu cukup menggunakan kata-kata yang sopan dan meyakinkan. Simak beberapa tipsnya berikut ini, ya!

5 Tips Membuat Pembukaan Email Lamaran Kerja

Agar kamu bisa membuat kata pengantar lamaran kerja yang baik, maka kamu bisa menggunakan beberapa tips yang ada di bawah ini.

1. Pastikan Email dan Subjek Tepat

Sebelum membuat pembukaan email untuk lamaran kerja kamu harus memastikan bahwa alamat email-nya harus tepat dan pastikan tidak ada typo. Setelah itu, kamu juga harus menggunakan subjek email agar rekruiter bisa mengetahui email yang dikirim untuk kepentingan apa.

Kebanyakan email yang tidak memiliki subjek akan diabaikan atau bahkan dihapus begitu saja. Oleh karena itu, pastikan untuk mengisi bagian subjek tersebut. Contoh subjek email yang bagus adalah “Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Digital Marketing - Nama Kamu”. 

Namun, kamu bisa membuat subjek yang berbeda asalkan isinya mewakili isi email lamaran kerja tersebut dengan jelas. 

2. Berikan Salam

Sesudah memastikan email dan subjeknya tepat maka sekarang kamu mulai membuat pembukaan lamaran kerja tersebut. 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memberikan salam. Jika kamu seorang muslim maka salamnya pasti “Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh” atau ”Assalamualaikum wr. Wb.”

Namun, jika kamu tidak yakin penerimanya muslim atau tidak maka gunakan saja “Selamat pagi, selamat siang, dengan hormat dan lainnya.” 

Walaupun terkesan sepele tetapi salam ini menunjukkan sopan santun dan ini harus dijunjung karena hal ini akan tercerminkan ketika bekerja nanti.

3. Perkenalkan Diri

Setelah mengetahui contoh subject email lamaran kerja dan salam pembuka maka kamu juga harus memperkenalkan diri di dalam email pembuka tersebut. Jadi, anggap saja ini seperti perkenalan secara langsung namun tertulis.

Hal ini penting dan tetap berkaitan dengan kesopanan. Kamu bisa menuliskan “Perkenalkan saya adalah XXXXX”. Kamu juga bisa tidak menuliskan nama di awalnya jika memang ingin membuat biodata singkat di badan email. 

4. Beritahukan Info Perolehan Informasi Lowongan Kerja

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membuat pembukaan email lamaran kerja adalah sumber informasi lowongan kerja ini. 

Mengapa ini penting? Karena perusahaan tujuan kamu juga ingin tahu apakah terdapat koneksi internal perusahaan baik itu teman, keluarga, dan lainnya. 

Ini juga menunjukkan apakah kamu memang sangat niat mencari pekerjaan tersebut.

Karena sumber informasi untuk satu lowongan kerja bisa beragam. Contohnya saja dari website atau sosial media perusahaan, situs, dan sosmed yang menyediakan loker, teman, dan lainnya. 

Beberapa lowongan seperti CPNS memang tidak mengharuskan hal ini karena informasinya terbuka luas dan siapapun bisa mencoba. 

Namun, untuk lowongan khusus yang sifatnya tertutup (biasanya untuk posisi manajerial) maka sumber informasi loker ini menjadi penting. 

5. Perhatikan Penulisan dan Kerapian

Setelah memahami kata-kata mengirim CV lewat email seperti yang di atas, maka kamu juga harus memperhatikan kerapian dari sisi penulisan baik itu struktur dan paragrafnya.

Kedua hal ini terkadang diabaikan para pelamar kerja terutama ketika mereka terburu-buru. Padahal dua hal ini sangat penting karena recruiter dapat memahami apa yang kamu tuliskan dengan mudah.

Hal tersebut akan menjadi semakin penting ketika menuliskan surat lamaran. Masalah kerapian dan tata bahasa ini bisa kamu tiru dari contoh surat lamaran kerja milik orang lain di internet. 

Tentu akan lebih baik lagi jika mengubahnya agar sesuai dengan kebutuhan dan personalia masing-masing.

Contoh Pembukaan Email Lamaran Kerja

Setelah mengetahui berbagai tips membuat pembukaan email lamaran kerja tersebut. Maka, sekarang kamu harus tahu bagaimana contoh email lamaran kerja yang benar.

 

To : recruitment.hrd@rocketchicken.co.id

Cc : ceo@buanabaru.co.id

Subject : Desain Grafis (kode posisi)

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada pada website bahwa PT. Rocket Chicken sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Desain Grafis, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Alamat :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan CV, ijazah, transkrip nilai dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa diunduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

(nama & tanda tangan)

Contoh email di atas merupakan hal yang paling mendasar sehingga kamu bisa langsung copy dan paste. Namun, ubahlah sesuai kebutuhan masing-masing agar pihak HRD menyukai dan mudah memahami email kamu.

Pastikan isi email tetap sopan namun singkat, padat, dan jelas karena hal ini lebih disukai HRD. Jika pembukaan email disukai maka pihak perusahaan akan dengan senang hati melihat kualifikasi kamu lebih lanjut. Jadi, cara ini akan membuat kamu selangkah lebih dekat ke pekerjaan idaman masing-masing.

Melalui tips membuat pembukaan email lamaran kerja beserta contoh yang tersedia, maka sekarang kamu bisa membuat pembukaan lamaran kerja melalui email dengan baik. Namun, kamu masih bisa berkreasi sehingga email tersebut dapat menjadi lebih menarik lagi.

Untuk mempersiapkan terjun ke dunia kerja, tak ada salahnya untuk mengambil kelas online yang sesuai dengan minat kamu.

Kamu bisa loh mendaftar di Career Companion by Prasmul-Eli. Metode pembelajarannya menyenangkan karena diajar langsung oleh orang yang kompeten di bidangnya. 

Kamu juga bisa belajar dari mana saja, sehingga lebih fleksibel. Yuk, daftar sekarang juga.


8 Contoh Cover Portofolio Lamaran Kerja yang Tepat