Saat ini, bisnis kecil ataupun besar sudah mulai menyusun strategi baru dengan belajar digital marketing. Pasalnya, ilmu digital marketing ini bisa digunakan untuk meningkatkan penjualannya. Kamu bahkan bisa belajar digital marketing gratis, loh!
Sekarang, sudah banyak sekali platform online yang menyediakan pembelajaran digital marketing secara gratis. Kamu bisa mengikutinya untuk mengasah skill kamu dan bisa memberikan kontribusi untuk perusahaan.
Nah, pada artikel ini, akan kami berikan panduan untuk kamu yang mau belajar ilmu pemasaran digital gratis.
Mengenal Digital Marketing
Digital marketing adalah suatu usaha pemasaran produk dengan cara memanfaatkan media digital dan jaringan internet.
Jika zaman dahulu, pemasaran tergantung pada selembar flyer atau baliho, sekarang cukup dengan platform online saja sudah memuat seluruh informasi produkmu.
Adapun faktor utama yang sangat mendukung keberhasilan dari strategi digital marketing yaitu banyaknya pengguna internet yang hampir tersebar di seluruh dunia. Segala transaksi pun sudah dilaksanakan secara online saat ini.
Ada banyak alasan kenapa kamu harus menggunakan digital marketing untuk mengembangkan bisnis, seperti:
Penerapan digital marketing bisa untuk jenis bisnis apapun,
Bisa meningkatkan jumlah pendapatan secara efektif
Mampu menjangkau target pasar ataupun konsumen lebih spesifik
Sebagai kiat untuk membangun brand bisnis
Langkah Memulai Digital Marketing
Untuk kamu yang mau belajar digital marketing gratis, berikut adalah panduan untuk memulainya hingga evaluasi strategi digital marketing tersebut.
1. Memilih Skill yang Akan Dipelajari
Ilmu digital marketing bukan hanya seputar posting foto produk di sosial media, lalu menunggu pembeli datang. Akan tetapi, juga ada beberapa optimasi yang perlu diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis.
Contohnya, optimasi SEO (Search Engine Optimization), blogging, email marketing, atau bahkan Pay Per Click (PPC).
Ada banyak skill yang mesti dipelajari untuk meningkatkan penjualan bisnismu. Akan tetapi, tidak semuanya juga harus dipelajari. Kamu bisa tahu manakah yang akan digunakan dari visi misi bisnismu.
Misalnya, kamu ingin membuat content marketing yang dapat mengkonversi pembaca jadi pembeli, ingin membawa peringkat website perusahaan jadi nomor satu di Google, dan sebagainya.
2. Menentukan Target Pasar
Nah, poin satu ini benar-benar tidak boleh dilupakan. Bagaimana bisa kamu mempromosikan produk, jika target pasarnya saja tidak jelas atau tidak spesifik.
Untuk melihat target pasar, kamu pun perlu menyesuaikan dengan produk yang akan dipasarkan.
Namun, jika kamu belum punya produk yang apa dipasarkan, kamu juga bisa melakukan research di Google untuk tahu produk manakah yang paling laris.
3. Menyusun Marketing Plan
Jika sudah tahu manakah target pasar yang diincar, bukan berarti bisa langsung melakukan pemasaran produk dan promosi di mana-mana.
Walaupun produk itu berkualitas, tetapi tidak tahu cara promosi yang tepat, risiko kegagalan juga tetap tinggi.
Karena itulah, kamu harus membuat marketing plan, yaitu rencana pemasaran dalam mencapai tujuan bisnis di periode tertentu.
Dengan menyusun perencanaan pemasaran, semua strategi promosi yang akan dilakukan pastinya lebih terarah dan efisien. Ini karena kamu sudah tahu apa saja hal-hal yang akan dilakukan dan cara mencapai target tersebut.
4. Melihat Tingkat Competitor
Sekarang ini, toko online memang penyebarannya sudah sangat luas. Hampir semua bisnis toko online saat ini sudah belajar menerapkan ilmu pemasaran digital tersebut.
Untuk mengetahui manakah kompetitor bisnis, kamu bisa tahu dari toko yang menjual produk serupa atau mirip dengan bisnismu.
Dari riset tersebutlah, kamu bisa tahu seperti apakah gambaran lawan bisnis. Sehingga, nanti kamu pun bisa menyusun rencana bisnis untuk mengimbanginya.
Riset ini sangat berguna untuk mengetahui apa saja kelemahan dan kekuatan dari kompetitor produkmu. Sekaligus, menjadi cara untuk menentukan harga pasar yang cenderung lebih ramah di kantong target pasar.
5. Memilih Media Pemasaran Digital
Saat ini terdapat banyak sekali media pemasaran digital yang beredar dan bisa kamu manfaatkan dengan maksimal.
Pertama, sosial media. Facebook, Instagram, Tiktok, ataupun Twitter saat ini menjadi sasaran utamanya pebisnis besar ataupun kecil. Sebab, pengguna sosial media sangat menjamur. Sehingga kemungkinan terjadinya konversi jadi pembeli sangat tinggi.
Kedua, website. Website dianggap sebagai media yang sangat efektif untuk menerapkan strategi pemasaran digital tersebut. Adanya website memungkinkan semua produkmu terpusat dalam satu platform.
6. Menerapkan Strategi Copywriting
Ada kiat khusus supaya kamu bisa mencapai target tersebut. Nah, teknik tersebut dikenal sebagai copywriting.
Copywriting sendiri bukan hanya menuliskan kata-kata saja, tetapi ini adalah teknik untuk membujuk pembaca agar terpengaruh, misalnya mendaftar, membeli, bertransaksi, dan sebagainya.
Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mulai mempelajari copywriting agar pesan bisnis dapat tersampaikan dengan baik.
Begitu pun dengan target pasar yang akan lebih mudah tahu apa manfaat layanan yang ditawarkan tersebut.
7. Gunakan Marketing Tools untuk bisnis
Jika harus mengatur media digital marketing sendirian, pastinya lama-lama bisa membuatmu jadi pusing atau bahkan stress.
Untuk mengatasinya,kamu bisa manfaatkan marketing tools yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu masing-masing.
Berbagai tools yang tersedia saat ini seperti aplikasi analisa data, aplikasi email otomatis, aplikasi to do list, hingga tools untuk meningkatkan SEO. Jika diterapkan, pastinya manajemen bisnismu lebih praktis dan mudah.
8. Memahami Metrik Digital Marketing
Jika sudah diterapkan semua langkah di atas, jangan lupa untuk mengevaluasi performa yang telah dilakukan tersebut.
Dengan mengevaluasinya, kamu pun bisa tahu seberapa besarkah dampak strategi tersebut pada bisnismu.
Mungkin saja, strategimu terlalu memakan biaya dan waktu yang banyak, atau justru tidak relevan dengan target pasarmu saat ini. Oleh karena itu, mungkin akan diperlukan pembaharuan terkait hal ini.
Panduan digital marketing gratis di atas pastinya sangat bermanfaat sekali untuk pemula. Jika kamu tertarik, tekunilah berbagai tools pemasaran digital untuk memudahkan pelaksanaan strategi bisnis tersebut.
Untuk informasi kelas digital marketing gratis, kamu bisa mengecek di platform Career Companion by Prasmul-eli. Ada banyak pembelajaran online yang disediakan dengan cara yang fleksibel dan lecturer yang kompeten. Yuk, daftar!