Mengenal Tugas Social Media Officer dan Gajinya

Suka rebahan sambil scrolling social media berjam-jam? Profesi sebagai social media officer mungkin cocok buat kamu. Tapi, sudahkah kamu tahu apa saja tugas social media officer itu? 

Ternyata bukan cuma posting konten saja, loh! Ada banyak sekali tugas dan tanggung jawabnya, mulai dari merencanakan konten, membuat copywriting, hingga menyusun strategi agar engagement bisa naik. 

Nah, kalau kamu penasaran sama tugas social media officer, skill yang harus dimiliki serta besaran gaji bulanannya, simak ulasannya di sini. 

Mengenal Social Media Officer

Social Media Officer memiliki tugas mengelola akun perusahaan di berbagai platform media sosial. 

Mereka berperan sebagai garda terdepan perusahaan dalam penyampaian informasi kepada target audience baik untuk berkomunikasi maupun promosi.

Seringkali menjadi pekerjaan yang dianggap remeh karena dianggap hanya memposting konten saja.

Padahal, untuk membuat satu postingan harus melalui serangkaian proses yang panjang mulai dari mengumpulkan ide, riset pasar, riset kompetitor, perencanaan kampanye, pembuatan konten, publikasi, hingga pelaporan dan evaluasi.

Skill yang Harus Dimiliki Social Media Officer

Menjadi seorang social media officer harus memiliki pemahaman yang baik tentang tren terbaru dalam tiap platform yang dipakai, serta kemampuan untuk membuat konten menarik yang sesuai dengan target audience. 

Kita juga harus dapat bekerja secara kolaboratif dengan departemen lain dan menjaga hubungan positif dengan pelanggan secara online. 

Dengan demikian, membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat, perhatian terhadap detail, dan bakat kreatif untuk memunculkan ide-ide segar.

Sebagai social media officer, penting untuk mengembangkan keterampilan spesialis tertentu yang akan membantu kamu sukses di bidang ini. Berikut keterampilan yang harus dikuasai. 

1. Content Writing

Kemampuan untuk membuat caption atau kata-kata yang menarik, sehingga informasi atau promosi yang disampaikan tepat sasaran dan dapat menimbulkan interaksi dua arah dengan target audience.

Outputnya, audience jadi melakukan apa yang kita inginkan. Misalnya, audience jadi ikut meramaikan campaign yang dibuat atau angka engagement bisa meningkat. 

2. Audience Research

Social media officer juga harus mampu menganalisis audience seperti apa yang cocok sebagai target.

Untuk menentukan audience ini tentunya harus melakukan berbagai testing dan juga analisis yang mendalam. 

3. Campaign Strategic

Social Media Officer bertanggung jawab membuat strategi untuk kampanye di social media. Strategi ini biasanya memuat ide-ide kreatif promosi, hingga inisiatif komunikasi untuk mengakrabkan hubungan antara perusahaan kepada target audience agar mencapai target kampanye.

4. Adaptive

Menjadi Social Media Officer dianjurkan untuk mengikuti tren dan teknologi industri yang sedang ramai di media sosial untuk tetap relevan dengan apa yang sedang publik bicarakan.

5. Competitor Research

Tetap pantau kompetitor agar tidak brand kamu tidak tertinggal. Untuk mengetahui kualitas kompetitor lakukan analisis data kompetitor secara mendalam untuk menginformasikan strategi yang akan dilakukan dalam mengelola akun sosmed perusahaan

6. Basic Analytics

Lakukan analisa akun secara mingguan atau bulanan agar social media berjalan secara optimal. Bisa menggunakan platform analitik gratis atau berbayar di google.

7. Social Media Management

Kemampuan mengelola dan membuat rencana untuk sosial media adalah hal dasar yang harus diketahui. Ini akan membantu kamu mengatur jalannya sosial media lebih mudah saat melakukan posting dan berinteraksi dengan audience secara maksimal  nama brand perusahaan bisa mudah diingat oleh audience.

Mengembangkan keterampilan ini dapat membantumu menjadi social media officer profesional yang dapat membuat kampanye efektif sesuai dengan target audience sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.  

Tugas dan Tanggung Jawab Social Media Officer

Tugas social media officer bukan hanya membuat konten, namun juga harus mengukur keberhasilan konten dengan melihat metrik seperti reach, interaksi atau engagement, impression, followers growth, traffic yang didapat ke website perusahaan, prospek ke bisnis, dan prospek retensi pelanggan.

Social media officer juga bertanggung jawab mengembangkan strategi untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan akun social media, serta membuat laporan hasil aktivitas social media secara periodik untuk menentukan strategi apa yang harus dilakukan kedepannya agar social media perusahaan bisa berjalan efektif.

Gaji Social Media Officer di Indonesia

Gaji yang diterima oleh seorang social media officer di Indonesia tergantung pada berbagai faktor, mulai dari kualifikasi dan jenis pekerjaannya sampai pada kualitas kerja yang diberikan. 

Selain itu, gaji social media officer di Indonesia juga bisa berubah-ubah sesuai dengan perkembangan tren, keputusan perusahaan, hingga kebijakan pemerintah.

Secara umum di entry level gaji seorang media officer mulai Rp1,5 juta hingga Rp4 jutaan. Pada level menengah mulai Rp3 juta hingga Rp7 jutaan.

Lalu, pada level senior mulai Rp5 juta hingga Rp10 jutaan. Kisaran gaji kembali lagi ke banyak faktor yang mempengaruhi gaji di indonesia seperti domisili perusahaan dan skala perusahaannya.

Seperti halnya pekerjaan apa pun, aspek pekerjaan social media officer yang paling menantang adalah tren yang berubah dan teknologi baru. 

Lebih dari pekerjaan lain, kesuksesan sebagai social media officer bergantung pada pemikiran kreatif, dan kemauan untuk mencoba hal-hal baru. 

Kita harus tetap mengikuti teknologi baru, seperti video, dan tren baru, seperti konten mana yang paling menarik dan postingan mana yang paling banyak mendapat komentar, suka, dan bagikan. 

Nah, untuk kamu yang tertarik menjadi seorang social media officer, kamu bisa nih mengikuti pelatihan online di Career Companion by Prasmul-Eli.

Ada banyak sekali pembahasan menarik dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Waktu dan tempatnya pun cukup fleksibel dan pastinya tidak akan mengganggu aktivitas kamu dalam bekerja. Yuk, daftar sekarang!

 

So, masihkah kamu berminat menjadi seorang social media officer?

 


Pengertian dan Contoh Elevator Pitch serta Cara Menulisnya