Saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, ada proses rekrutmen yang harus dijalankan. Dari mulai pengumpulan berkas, mengikuti serangkaian tes akademik dan non akademik, hingga tahap wawancara. Lalu, bagaimana cara menanyakan hasil interview yang baik?
Apakah boleh menanyakan informasi tentang pengumuman wawancara kerja secara berkala beberapa hari setelah proses interview?
Atau ada aturan yang sebaiknya diikuti agar terlihat lebih sopan? Sebagai pencari kerja, etika seperti itu yang perlu dimiliki.
Nah, dalam pembahasan berikut akan dijelaskan bagaimana cara menanyakan hasil interview kerja yang baik dan sopan.
Cara Menanyakan Hasil Interview
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menanyakan hasil interview kerja yang sebaiknya dilakukan agar cepat direspons oleh pihak pemberi kerja.
1. Bertanya Tanggal Pengumuman di Akhir Interview
Pada saat melakukan sesi interview dengan HRD, sebenarnya sangat dianjurkan untuk menanyakan informasi tentang kapan tanggal pengumuman pada saat interview sudah berakhir.
Namun harus diperhatikan, bahwa sesi wawancara harus benar-benar sudah berakhir, pastikan untuk tidak menyela waktu interview. Setelah itu, barulah boleh menanyakan kapan akan diinformasikan hasil dari interview tersebut.
Tanya tanggal pengumuman dengan bahasa dan kalimat yang sopan, misalnya:
“Mohon maaf Pak/Bu, saya izin bertanya. Mengenai pengumuman hasil interview biasanya diinformasikan dalam kurun waktu berapa lama ya?”
Setelah mendapat jawaban, jangan lupa untuk merespon dengan kalimat singkat untuk mengapresiasi jawaban HRD dan akhiri dengan kalimat terima kasih.
2. Follow Up Hasil Interview di Hari yang Tepat
Setelah mendapatkan jadwal kapan pengumuman hasil interview bisa diterima, terkadang ada beberapa perusahaan yang menunda jadwalnya tanpa memberi informasi yang jelas dikarenakan masih mempertimbangkan beberapa kandidat potensial.
Namun, karena sudah mengetahui jadwal pengumumannya, para pencari kerja bisa melakukan follow up hasil interview melalui email atau pesan elektronik lainnya yang bisa menghubungkan dengan pihak perusahaan.
Beberapa perusahaan juga sangat terbuka memberikan informasi melalui telepon. Menanyakan hasil interview kerja ini tidak dilarang, selagi waktu untuk menanyakannya sudah sesuai dengan jadwal pengumuman dari perusahaan.
Jadi, tidak perlu khawatir dinilai tidak memiliki sopan santun atau tidak beretika.
3. Bertanya dengan Cara yang Sopan dan Etis
Saat menanyakan hasil interview kerja, baik melalui email, pesan singkat, atau telepon, dianjurkan untuk bisa bertanya dengan sopan, profesional, beretika.
Apabila menanyakan informasi pengumuman hasil interview melalui email atau pesan singkat, gunakan bahasa formal dan kalimat yang baik dan benar untuk memperlihatkan pada HRD bahwa pesan tersebut dibuat oleh seorang kandidat pencari kerja.
Jika menggunakan email, gunakan subjek yang spesifik dan kalimat yang sopan namun tidak bertele-tele. Kemudian akhiri dengan ucapan terima kasih dan salam.
Namun, jika menanyakan informasi tersebut menggunakan sambungan telepon. Jangan lupa untuk mengenalkan diri terlebih dahulu sebelum menanyakan tujuan mendapatkan informasi tentang interview.
4. Menunjukkan Rasa Antusias
Saat menanyakan hasil wawancara kerja, para pencari kerja pasti merasa bersemangat sekaligus was-was.
Apakah bisa lolos ke tahap selanjutnya atau terhenti karena ada kandidat pencari kerja lain yang lebih sesuai dengan lowongan kerja yang dibutuhkan.
Terlepas dari itu, usahakan untuk tetap berpikiran positif dan percaya akan kemampuan diri sendiri.
Buatlah pihak HRD terkesan dengan usaha mencari tahu informasi tentang hasil interview tersebut, tanyakan dengan antusiasme tinggi namun tetap sopan dan sesuai batasan.
5. Akhiri dengan Ucapan Terima kasih
Terakhir, setelah bertanya tentang hasil interview kerja kepada pihak HRD perusahaan, baik melalui telepon, email, atau pesan singkat, akhiri dengan ucapan terimakasih.
Jika menanyakan hasil wawancara kerja melalui telepon, mungkin akan mendapatkan jawabannya secara langsung.
Jadi yang perlu diperhatikan, apa pun jawaban dari pihak perusahaan, berhasil atau tidaknya tahap interview yang dijalani, tetap harus mengucapkan terima kasih.
Contoh Email Menanyakan Hasil Interview
Berikut akan dijelaskan tentang bagaimana cara menanyakan hasil interview kerja melalui email, apa saja yang perlu diperhatikan? Simak selengkapnya dalam uraian di bawah ini!
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menyusun Email
Pastikan untuk membuat subjek yang jelas, yaitu tentang menanyakan informasi hasil interview.
Beri keterangan di tubuh email tentang tujuan email lengkap dengan nama dan posisi yang dilamar.
Awali dengan kalimat sapaan dan ucapan terima kasih telah diberikan kesempatan untuk mengikuti proses interview.
Recalling dengan hal-hal yang sempat diperbincangkan saat proses interview.
Nyatakan tujuan secara jelas, tentang follow up interview kerja.
Akhiri dengan harapan besar bisa bergabung dengan perusahaan sekaligus kalimat terima kasih dan salam penutup
Contoh Email Follow Up Interview Kerja
Subjek email: Follow Up Hasil Interview Kerja Untuk Posisi Staff Keuangan
Selamat siang, saya Ayudia Isya yang sebelumnya melakukan sesi wawancara pada tanggal 3 Desember 2023, untuk diseleksi sebagai staff keuangan.
Sebelumnya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan. Saat itu, saya sangat antusias dengan budaya kerja perusahaan X yang sempat bapak ceritakan kepada saya, walaupun sistemnya sudah modern namun tetap ramah pada semua orang yang berkunjung, termasuk saya yang saat itu datang sebagai pelamar kerja.
Melalui email ini, saya ingin menanyakan tentang proses seleksi staff keuangan, apakah saya memungkinkan untuk lanjut ke tahap berikutnya atau tidak.
Saya memiliki harapan besar untuk bisa bergabung dengan perusahaan X, oleh karena itu apabila ada informasi selanjutnya, sekiranya Bapak bisa membalas email ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Salam,
Ayudia Isya
Nah, itu dia ulasan lengkap tentang bagaimana cara menanyakan hasil interview yang sopan dan beretika sehingga cepat direspon oleh pihak HRD. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.
Sambil menunggu hasil interview kerja, tak ada salahnya untuk mulai meningkatkan skill kamu dengan mengikuti berbagai kelas online sesuai dengan passion.
Sekarang, sudah tersedia banyak platform belajar online, mulai dari digital marketing, social media, SEO, hingga data analyst. Salah satunya adalah Companion Career by Prasmul-Eli.
Kamu bisa belajar secara fleksibel di mana saja dengan materi ajar yang cukup lengkap. Tentunya disertai dengan tutor yang profesional. Yuk, daftar sekarang!