Apakah kamu diminta menyerahkan summary berbahasa inggris dalam proses melamar kerja? Tak perlu panik, karena banyak kok artikel yang memuat informasi terkait cara membuat summary bahasa inggris yang bagus dan menarik.
Sebagai informasi, summary merupakan paragraf-paragraf penting yang menceritakan latar belakang seseorang seperti layaknya sebuah cover letter. Bedanya, summary ini ditulis dengan detail dalam susunan kalimat bercerita.
Terlalu pendek sebuah summary dikhawatirkan akan mengurangi informasi penting tentang seseorang. Sedangkan, apabila summary terlalu panjang, recruiter akan mulai lelah membacanya.
Jika begini, jurus terbaik adalah menggunakan teknik penulisan yang ringkas namun padat informasi. Dimulai dari apa saja yang menarik bagi perusahaan tersebut, dan tentunya sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan perusahaan.
Bisa diawali dari nilai dalam diri yang dikaitkan dengan posisi yang dilamar. Selanjutnya bisa ditulis tentang kemampuan serta pencapaian.
Kembali lagi, semua orang awalnya belajar membuat summary berbahasa inggris. Kini saatnya kamu memulainya hari ini melalui 5 cara membuat summary bahasa inggris di bawah ini.
Cara Membuat Summary Bahasa Inggris yang Bagus
Dalam artikel ini, kita akan bersama-sama mempraktekkan dan mengamati bagaimana cara para public figure mengenalkan dirinya melalui LinkedIn.
Mulai dari 5 poin sederhana ini, kamu bisa memulai untuk membuat summary CV berbahasa inggris secara profesional.
1. Menggunakan Kalimat Ringkas dan Padat
Ringkas dan padat adalah senjata utama bagi kamu yang merasa belum percaya diri menulis summary dalam bahasa inggris.
Tidak perlu panjang lebar untuk menjelaskan dirimu melalui summary, karena seperti yang disebutkan di atas, dikhawatirkan recruiter tidak membacanya sampai tuntas.
Mari kita intip “about” dari Mesty Ariotedjo, seorang Dokter Anak yang mendirikan crowdfunding WeCare.id dan saat pandemi mendirikan perusahaan teknologi untuk parenting yang diberi nama Tentang Anak.
“Mesty Ariotedjo is the CEO at Tentang Anak and also a pediatrician. She started building Tentang Anak when she was having her maternity leaves during COVID-19 and saw there are so many confusion on parents on how to raise their children due to misinformation and no credible sources on parenting that's relevant to them. Her mission is to accompany all 80 million children of Indonesia to have the best access of education and also products/services and to make sure they can thrive optimally and to become a better generation of Indonesia.”
“Mesty Ariotedjo adalah CEO di Tentang Anak dan juga seorang dokter anak. Ia mulai mendirikan Tentang Anak saat ia cuti hamil selama COVID-19 dan melihat ada begitu banyak kebingungan orang tua tentang cara membesarkan anak-anak mereka karena informasi yang salah dan tidak ada sumber yang kredibel mengenai pengasuhan yang relevan dengan mereka. Misinya adalah mendampingi 80 juta anak Indonesia untuk mendapatkan akses terbaik atas pendidikan dan juga produk/jasa serta memastikan mereka dapat berkembang secara optimal dan menjadi generasi Indonesia yang lebih baik.”
Sangat profesional bukan? Walau dalam summary ini menggunakan kata ganti orang ketiga “ia”, kamu juga bisa mengadaptasi cara Mesty Ariotedjo memperkenalkan diri melalui summary.
Pada summary Mesty Ariotedjo terdapat tiga struktur, diantaranya, nama serta profesi saat ini, sejarah pencapaiannya, misi dari apa yang didirikannya.
Dari summary yang singkat tersebut, kamu bisa memodifikasinya dengan struktur sebagai berikut:
Nama dan profesi saat ini.
Sejarah bisa sampai pada profesi saat ini. Pada poin ini bisa menjelaskan pendidikan yang ditempuh dan perjalanan karier yang relevan.
Harapan untuk bisa menjadi ahli dalam bidang saat ini.
2. Tulis Kemampuan dan Pencapaian
Kemampuan dan pencapaian penting untuk disampaikan dalam summary singkat pada proses lamaran kerja.
Kamu bisa mengadaptasi ‘about’ LinkedIn dari seorang Marissa Anita sebagai berikut.
I'm Marissa. Pleased to meet you. In brief, I'm a storyteller.
I am a writer and content creator at an online-based educational media company Greatmind.id, which offers advice and life issues and promotes mindfulness.
I have worked as a television journalist for Indonesia-based television channels Metro TV and NET, hosting their flagship programs: 8-11 Show (breakfast program), Indonesia Morning Show (breakfast program), 1 Indonesia (30-minute one-on-one interview with Indonesia's most prominent) on a variety of subjects. I have also reported for Al-Jazeera and ABC Australia.
I emcee and moderate talks and discussions.
Aside from journalism and commucations, I also work in film and theatre industries, having acted in a number of films and theatre productions in Indonesia and abroad.
I have a particular interest in digital media, digital society, philosophy, education, arts, researching everything well, and being healthily skeptical in the digital era.
Let's collaborate!
Business contact:
Email: marissa.anita@zoho.eu
Perkenalan melalui summary dengan bahasa yang sangat ringan seperti ini, besar kemungkinan recruiter akan membacanya hingga akhir.
Struktur yang rapi ini dimulai dari perkenalan singkat, pengalaman kerja, pencapaian, hingga keahlian lainnya di luar pekerjaan utama.
3. Hubungkan Kemampuan dan Identitas Diri
Seru banget kalau paragraf pertama dan kalimat pertama sudah mencakup perkenalan diri, yang mana passion yang dimiliki menjadi pemecah masalah masa kini. Dijamin recruiter akan langsung melirik dan membacanya hingga akhir.
Seperti apa yang dituliskan suami dari Mesty Ariotedjo, Garri Juanda, dalam profil LinkedInnya. Ia menuliskan passionnya yang digabungkan dengan problem solving dalam dunia teknologi.
Juanda is passionate in solving meaningful problem with technology.
He has a 10+ years of tech experience ranging from launching new product as a PM, growing triple digit headcount bizops team, and M&A. He experienced both in launching new strategic initiatives and scaling.
Previously at Tokopedia, Garri managed the marketplace, logistic, and adTech (the largest revenue stream) to name a few. Prior to joining Tokopedia, he spent ten years abroad including four years at Rakuten Japan as one of the first non-Japanese product manager and as the youngest lead corporate planning officer.
Juanda earned his MBA from Harvard Business School and graduated as BA (Magna Cumme laude) from Ritsumeikan Asia Pacific University Japan.
Sudah tahu passionmu yang menjadi problem solving pada sebuah perusahaan? Yuk, adaptasi summary dari Garri Juanda di atas.
4. Meyakinkan dan Menjanjikan
Yakinkan recruiter dalam kalimat dan paragraf pertama pada summarymu.
Paragraf pertama yang dibuat Garri Juanda sebetulnya telah mewakili agar summary begitu meyakinkan.
Namun, kamu bisa membuat recruiter yakin dengan kemampuanmu melalui berbagai pencapaian yang dirangkum dalam satu sampai tiga kalimat.
Seperti yang dibuat oleh Tiza Mafira, seorang aktivis lingkungan dalam profil Linkedinnya sebagai berikut.
Experienced Public Policy expert with a demonstrated history of working in the government, commercial, and non-profit sectors. Skilled in Climate Change Policy, Waste Management Policy, Environmental Law, Regulatory & Legislative Drafting, Law & Economics, and Corporate Law. Co-Founder of Indonesia Plastic Bag Diet Movement. Graduate of Harvard Law School with scholarship. Featured on global award-winning documentary The Story of Plastic.
Kamu mulai bisa merangkum pencapaian, keahlian, hingga apa yang sedang dipelajari saat ini.
5. Baru Lulus? Tulis Riwayat Organisasi dan Magang
“Duh, contoh di atas banyak mencantumkan pengalaman kerja. Kan aku baru lulus kuliah,”
Tenang, untuk kamu yang baru lulus kuliah, riwayat organisasi dan magang juga menjadi pertimbangan seorang recruiter kok.
Pada pengalaman organisasi, recruiter akan mencari tahu bagaimana seseorang bisa mengorganisir dirinya dalam sebuah organisasi. Sebab, bekerja sama dalam tim merupakan hal yang penting dalam penilaian recruiter.
Terlebih lagi pengalaman magang, beberapa perusahaan melakukan seleksi yang ketat dalam penerimaan karyawan magang.
Jika riwayat magangmu di perusahaan besar, maka besar peluang seorang recruiter menempatkan namamu di daftar calon terpilih.
Untuk menambah skillmu, kamu bisa mengikuti kelas online di Career Companion by Prasmul-Eli. Berbagai course disediakan dan akan membantu menjawab berbagai kebutuhan untuk menggapai karier impian.
Kamu juga bisa belajar secara fleksibel dari mana saja dengan kurikulum yang menarik.