9 Sertifikasi Digital Marketing yang Wajib Kamu Ikuti

21 Feb 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Tak sedikit perusahaan yang kini menginginkan adanya sertifikasi marketing sebagai syarat untuk melamar pekerjaan.

Tak perlu khawatir karena sudah banyak sekali platform yang menyediakan sertifikasi marketing yang bisa menunjang kariermu. Yuk, simak rangkumannya berikut ini. 

Platform Sertifikasi Digital Marketing Gratis

Nah, apabila kamu bekerja di bidang digital marketing, maka sertifikasi marketing ini sangatlah cocok untuk peningkatan penggunaan platform digital. 

Inilah beberapa sertifikasi yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin bekerja di bidang digital marketing.                                                  

1. Google Ads Certification

Punya kemampuan yang bagus dalam memahami berbagai tools di Google? Nah, kamu wajib uji kemampuanmu di Google Ads Certification.

Sama sekali tak dipungut biaya, justru tes ini bisa diakses secara gratis. Dari situs yang sama, sebelum ujian dimulai, bisa pelajari materi singkatnya terlebih dahulu.

Manfaat mengikuti tes ini adalah kamu lebih bisa memahami value proposition iklan digital, bagaimana cara membangun campaign, dan mengukur metrik dari iklan yang sedang dijalankan.

2. Google Digital Garage

Seperti yang kita tahu, sertifikasi punya peran sangat penting dalam membangun bisnis online dari nol. 

Nah, semua hal yang berhubungan dengan bisnis, mulai dari tahapan sukses berbisnis online, pembuatan website SEO, hingga content marketing bisa kamu dapatkan lisensinya dari Google Digital Garage.

Kursus ini berisikan 26 topik dan telah terakreditasi oleh Interactive Advertising Bureau Europe and The Open University. Setelah pemaparan materi, ada ujian juga sebagai evaluasi pemahamanmu.

3. Google Analytics Individual Qualification

Untuk sertifikasi ini dilakukan melalui pengujian kemampuanmu di Google Analytics secara rinci. Nanti, Google Analytics akan menganalisis performa strategi marketing dalam perusahan tersebut.

Dengan sertifikasi ini, kamu akan jauh lebih cakap dalam merancang strategi marketing yang efektif. 

Namun, supaya hasilnya \memuaskan, kamu harus pelajari dulu materi kursus Google Analytics for Beginners serta Advanced Google Analytics.

Tes dengan durasi ujian 90 menit ini setidaknya harus kamu dapatkan dengan skor minimal 80% agar bisa dapatkan sertifikatnya.

4. Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

Pernah mendengar Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP? Jadi, ini adalah lembaga nasional di Indonesia yang berhak mengeluarkan sertifikasi untuk berbagai profesi.

Bukan hanya untuk program sarjana saja, tetapi juga terbuka untuk lulusan SMA atau sederajat dan pekerja profesional di bidang digital marketing.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi dari BNSP, kamu harus rela mengeluarkan uang sebesar Rp 1,5 juta untuk personal. Sementara itu, jika diikuti secara kolektif hanya dikenakan biaya Rp 1 juta saja. 

Namun, perlu diketahui, harga dan ketentuan bisa berubah sewaktu-waktu. Kamu bisa melakukan sertifikasi kembali setelah berjalan tiga tahun.

5. SEMrush Academy

SEMRush Academy memiliki lebih dari 30 kursus gratis yang bisa meningkatkan keterampilan digital marketingmu. 

Bahkan, akan menghadirkan pembicara andal seperti Ashley Segura, Jose Facchin, Neal Schaffer, Joel Bondorowsky, dan Neal Schaffer.

Adapun sertifikasi penting yang harus diambil yaitu keyword research dan competitive research. Dengan begitu nilai CV serta profil Linkedin kamu bisa terlihat lebih profesional.

6. Hubspot Academy

Hubspot Academy merupakan platform di internet dengan tools paling lengkap dan pastinya cocok sekali digunakan oleh penggiat digital marketing. Di samping itu, Hubspot juga menyediakan berbagai kebutuhan marketing, services, hingga sales.

Nah, untuk penawaran kelas dari Hubspot Academy ini gratis dan tidak dipungut biaya. Tak lupa didukung oleh tampilannya yang sederhana dan praktis membuatmu lebih cepat paham.

Uniknya, saat ini Hubspot juga telah menyediakan sertifikasi terbaru, di mana telah disesuaikan dengan tren digital marketing setiap tahunnya.

7. Facebook Blueprint

Selain sebagai salah satu media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat, Facebook ternyata juga menyediakan sertifikasi lho, disebut sebagai Facebook Blueprint. 

Di sini, ada tiga jenis sertifikasi yang bisa dipilih yakni Blueprint Certification, Blueprint e-Learning, serta Blueprint Live.

Peserta juga bisa secara bebas memilih tema sertifikasinya antara lain Facebook Certified Buying Professional dan Facebook Certified Planning Professional.

8. HubSpot Content Marketing Certification

Sedang bergelut dalam pembuatan konten marketing? Jangan lewatkan, HubSpot Content Marketing Certification jadi salah satu yang mesti kamu ambil nanti.

Fokus dari sertifikasi ini adalah membuat dan mempromosikan konten agar mendatangkan audiens baru atau justru mempertahankan audiens lama. 

Adapun kursus yang tersedia dalam program sertifikasi ini mencakup berbagai tips dan trik untuk membangun konten sebagai aset marketing yang berharga.

9. Facebook Certified Planning Professional

Apabila kamu sudah sering mengandalkan media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan sebagainya dalam strategi digital marketingmu, maka sertifikasi ini adalah pilihan paling tepat untukmu.

Tentu saja, Facebook Certified Planning Professional diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin mengelola halaman media sosialnya serta menargetkan audiens tertentu.

Jadi, fokus sertifikasinya berfokus pada pengoptimalan frekuensi dan jangkauan, perencanaan strategi dan anggaran, penentuan KPI kampanye, serta pengukuran kinerja kampanye.

Sayangnya, akses materi disertifikasi ini berbayar. Jumlah yang harus kami bayarkan adalah sebesar 150 dolar AS dan sertifikasi ini bisa digunakan hingga 1 tahun saja.

Sudah terbayangkan apa saja ilmu yang akan kamu dapatkan saat mengambil sertifikasi marketing di atas? Yap, ada banyak sekali yang sangat menunjang karirmu di bidang digital marketing nanti.

Meskipun demikian, mengandalkan sertifikasi marketing saja tentu tidak cukup. Kamu juga berkesempatan lho untuk mengikuti webinar, pelatihan, dan workshop lainnya. 

Jika kamu membutuhkan kelas online yang khusus mempelajari digital marketing, kamu bisa mendaftar di Career Companion by Prasmul-Eli. 

Pengajarnya kompeten dan ahli di bidangnya, sehingga kamu akan lebih memahami dan bisa langsung mempraktikannya dengan baik. Belajarnya juga fleksibel dan bisa dilakukan di mana saja. Yuk, daftar sekarang!

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.