Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA yang Baik

19 Dec 2022 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Sekarang sudah banyak lowongan pekerjaan yang mencantumkan contact person sebagai media untuk bertanya. Hal ini tentu menguntungkan karena memudahkan kamu untuk bertanya terkait posisi yang akan dilamar. Tapi, kamu juga harus tahu contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA yang baik agar recruiter melirikmu.

Ada etika yang penting kamu ketahui terutama saat menanyakan lowongan pekerjaan melalui WA seseorang. Jika asal, malah akan membuat kamu dicap sebagai orang yang tidak sopan dan peluang mendapat pekerjaan akan semakin kecil. 

Dengan mengetahui contoh chat menanyakan lowongan kerja yang tepat, maka peluang kamu untuk diterima di perusahaan atau instansi tersebut akan semakin besar. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Terdapat 3 hal yang harus kamu perhatikan sebelum menanyakan lowongan kerja lewat WA, berikut ini di antaranya. 

1. Perkenalan

Hal paling utama sebelum menanyakan lowongan kerja adalah memberikan salam pembuka terlebih dahulu. Jika kamu yakin bagian HRD adalah seorang muslim maka kamu bisa menggunakan ‘Assalamualaikum’.

Tetapi, jika kamu tidak yakin maka kamu bisa menggunakan ‘selamat pagi, selamat siang atau selamat sore’. Kamu bisa membuat pembukaan lainnya tapi hal ini harus disertakan terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah kamu memperkenalkan diri. Contohnya saja, Selamat pagi, perkenalkan saya Raffi Ahmad.

Jangan pernah lupa memperkenalkan nama sendiri. Kamu sebaiknya menggunakan nama lengkap dan bukan singkatan atau nama panggilan. Karena, ke depannya HRD bisa mengingat kamu dari perkenalan tersebut.

2. Kata dan Kalimat yang Jelas

Setelah itu, kamu pasti akan menanyakan apakah terdapat lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan atau institusi. 

Walaupun kamu sudah tahu bahwa ada lowongan tetapi kamu tetap harus menanyakan hal tersebut untuk konfirmasi.

Karena bisa saja, lowongan pekerjaan dan posisi yang kamu inginkan memang telah penuh dan belum ada pengumuman lebih lanjut dari perusahaan tersebut. 

Contoh kalimatnya bisa seperti ini, “Saya mendapatkan informasi dari Instagram, website atau sumber lainnya akan lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/ Ibu. Apakah untuk posisi XXX masih tersedia atau tidak Bapak/ Ibu?”.

Kamu tentu bisa memakai kalimat yang lain tetapi pastikan setiap kata dan kalimatnya jelas agar HRD bisa membalas pertanyaan kamu secepat mungkin.

3. Sopan Santun

Cara chat menanyakan lowongan kerja lewat WA lainnya adalah dengan membuat kalimat sesopan mungkin. HRD dapat mengetahui pesan yang kamu sampaikan sopan atau tidak.

Jika pesan yang kamu kirimkan terkesan tidak sopan maka mereka bisa tidak menjawab bahkan mengabaikan pesan darimu. Oleh karena itu, pastikan kata dan kalimat yang digunakan harus baku dan sopan.

Mungkin hal ini terkesan kaku, tapi hal tersebut lebih baik daripada kamu mengetik kata yang salah dan membuat HRD salah paham. Jadi, lebih baik bermain aman sehingga pekerjaan yang diidam-idamkan segera diperoleh secepat mungkin.

Untuk memeriksa pesan yang kamu buat sopan atau tidak, maka sebaiknya kamu meminta bantuan orang lain untuk menilainya. 

Mintalah bantuan mereka, karena masukan dari orang lain akan membantu kamu membuat kalimat yang baik, jelas, dan meyakinkan.

Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Setelah memahami berbagai hal penting yang harus buat sebelum mengirimkan pesan dari WA. Maka, sekarang kamu juga harus tahu contoh kalimat menanyakan lowongan kerja lewat WA tersebut. Terdapat beberapa contoh sederhana yang bisa kamu coba aplikasikan, seperti:

“Assalammualaikum. Selamat pagi dan salam sejahtera Bapak / Ibu HRD PT Sejahtera. Maaf mengganggu sebelumnya. Perkenalkan saya Sintia Putri, usia 23 tahun, pendidikan terakhir adalah S1 Ekonomi Universitas Negeri Muhammadiyah Yogyakarta.

Saya ingin menanyakan apakah benar di perusahaan Bapak/ Ibu saat ini ada lowongan untuk posisi Finance? Jika masih ada, saya tertarik untuk melamar.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan beberapa dokumen seperti CV dan dokumen lainnya yang mendukung. Terima kasih.”

Kamu juga bisa mencoba menggunakan contoh lainnya, yakni dengan menceritakan skill dan pengalaman kerja kamu.

“Selamat pagi Pak Heru. Perkenalkan nama saya Nuna Rahma, fresh graduate dari Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Ekonomi. 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari sosial media, pada tanggal 11 April 2022, PT Cahaya Mentari sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi Content Writer.

Melalui pesan singkat ini, saya bermaksud ingin melamar pekerjaan untuk posisi Content Writer di PT Cahaya Mentari. 

Sejak duduk di bangku SMA, saya sudah aktif di dunia penulisan, mulai dari menulis majalah sekolah, hingga menjadi freelance writer di beberapa media online ternama. Dengan pengalaman dan skill ini, saya yakin bisa memberikan kontribusi yang bagus untuk PT Cahaya. Berikut saya lampirkan contoh tulisan beserta CV sebagai bahan pertimbangan. 

Besar harapan saya bisa bergabung dan menjadi bagian PT Cahaya Mentari. Terima kasih.”

Contoh menanyakan lowongan kerja lewat WA yang ada di atas akan membantu kamu dalam mencari kerja dengan lebih baik.

Sambil menunggu lamaran kamu ditanggapi oleh HRD, tak ada salahnya untuk mengikuti kelas online agar skill kamu makin terasah dan kamu pun semakin siap untuk terjun di dunia kerja.

Kamu bisa mengikuti kelas online di Career Companion by Prasmul-eli dengan bahasan yang sesuai minat kan dan metode pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan.

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.