Cara Melakukan Follow Up Proses Interview Lewat Pesan WhatsApp Beserta Contohnya

17 Jul 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Hasil interview biasanya tidak diberitahukan langsung pada hari yang sama. Proses penilai perekrut dan user bisa satu atau dua hari. Namun, bagaimana kalau lebih dari dua hari dan hasil interview belum diinformasikan? Kamu perlu memahami bagaimana cara follow up interview lewat WhatsApp.

Perekrut biasanya melakukan interview dengan banyak pelamar. Semakin banyaknya pelamar bisa jadi membuat proses penilaian pun membutuhkan waktu lama. Pemberian informasi terkait hasil interview pada beberapa tempat bahkan sampai lebih dari tujuh hari.

Namun, jika kamu menduga bahwa hasil interview sebelumnya sudah ada, boleh saja kamu melakukan follow up. 

Mungkin saja mereka lupa lantaran padatnya pekerjaan. Maka pada follow up yang kamu lakukan kali ini pun niatnya untuk mengingatkan, bukan menagih.

Kamu juga bisa mengungkit obrolan terakhir dengan perekrut. Misalnya, mereka mengatakan bahwa akan memberikan hasil interview dalam dua hari, tetapi sampai hari ketiga belum keluar juga hasilnya. 

Apapun hasilnya, persiapkan diri kamu untuk mendapat hasil interview, baik lolos maupun tidak lolos.

Cara Follow Up Hasil Interview Lewat WhatsApp

Melakukan follow up hasil interview mungkin hal yang terdengar sepele, tetapi ini bisa berdampak baik ataupun buruk terhadap diterima atau ditolaknya Anda, tergantung bagaimana cara Anda melakukan follow up.

1. Gunakanlah bahasa yang sopan 

Bahkan saat perekrut adalah teman, kalimat yang kamu gunakan haruslah sopan dan santun. Jobseeker tidak akan mendapat kerugian apa pun jika menanyakan hasil interview dengan cara yang baik.

Kamu sebagai pelamar tidak boleh langsung menanyakan dengan kalimat yang tidak sopan. Tidak boleh mengirim pesan “bagaimana hasil interview kemarin? atau  “apakah saya diterima/ditolak?”

Sama seperti menulis email formal, surat formal, dan semacamnya. Hal di atas terdengar sepele, tetapi sampai saat ini perekrut masih menemui isi pesan follow yang kurang sopan. 

Menggunakan bahasa yang sopan turut menjaga hubungan baik kamu dengan perekrut atau HRD. Semisal kamu diterima pun, kamu akan terus berhubungan dengan dia selaku HRD.

2. Mengucapkan salam pembuka secara lengkap

Tidak perlu terburu-buru untuk menanyakan hasil interview. Kamu bisa mengawali pesan dengan salam pembuka, seperti “selamat pagi”.

Bisa juga dengan kalimat “dear Mr./Ms” bila melamar di perusahaan multinasional.

Selanjutnya, kamu bisa sedikit menceritakan ulang interview sebelumnya dan mengucapkan terima kasih karena telah mendapat kesempatan hingga ke tahap interview. Kemudian kamu bridging ke topik utama yaitu follow up interview dan menanyakan bagaimana hasilnya.

Lakukan follow up interview lewat WhatsApp dengan kalimat formal supaya terkesan sopan. 

Perlu diketahui bahwa terdapat potensi terjadinya miskonsepsi dengan bertukar pesan lewat WhatsApp. 

Maka dari itu gunakanlah kalimat yang efektif, tidak terlalu bertele-tele dan hindarilah kalimat yang ambigu.

Contoh salam dan kalimat pembuka: “Selamat pagi. Melalui pesan ini, saya bermaksud untuk menanyakan kelanjutan dari interview di (nama perusahaan) sebagai (posisi yang dituju) pada (tanggal interview) di (lokasi interview).”

3. Mengucapkan terima kasih dan salam penutup

Setelah mengucapkan salam, kalimat pembuka dan follow up interview, jangan lupa juga untuk memberikan terima kasih dan salam penutup. 

Pada kalimat terakhir ini, pastikan bahwa kamu telah memberikan kalimat yang berkesan dan melihatkan antusiasme untuk bekerja di perusahaan ini.

Berikut contoh kalimat yang bisa kamu gunakan sebagai kalimat penutup:

“Dengan ketertarikan saya dalam bidang ini. Saya berharap bisa segera mendapatkan informasi terkait keputusan Bapak/Ibu. Cukup sekian yang ingin saya sampaikan. Kepada Bpk./Ibu. X saya ucapkan terima kasih. Hormat saya.”

4. Mengirim pesan di waktu yang tepat

Draft pesan yang ingin dikirim sudah tersusun rapi. Kini poin terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah menemukan waktu yang tepat untuk mengirim pesan follow interview tersebut.

Perlu diingat bahwa alasan kamu melakukan follow up atau menanyakan hasil interview karena perekrut tidak kunjung memberikan informasi hasil interview melewati waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Follow up mengenai hasil interview atau wawancara sebaiknya dilakukan satu atau dua hari kerja setelah deadline yang diberikan. 

Kandidat atau pelamar disarankan untuk mengirimkan pesan follow up lewat WhatsApp kepada perekrut pada jam kerja, yaitu pada pukul 9.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Contoh Follow Up Hasil Interview Lewat Whatsapp

Berikut contoh kalimat menanyakan hasil interview atau follow up lewat WhatsApp kepada perekrut.

“Selamat pagi, Bapak/Ibu,

Perkenalkan saya (sebutkan nama), kandidat yang telah melangsungkan interview untuk posisi tertuju di perusahaan ini.

Melalui pesan ini, saya bermaksud untuk menanyakan kelanjutan dari proses interview yang telah saya ikuti pada pada tanggal 14 Mei 2023.

Dengan ketertarikan saya dalam bidang ini. Saya berharap bisa segera mendapatkan informasi terkait keputusan Bapak/Ibu. 

Cukup sekian yang ingin saya sampaikan. 

Kepada Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya,

(nama Anda).”

Itu dia penjelasan tentang bagaimana cara follow up interview lewat WhatsApp beserta contoh pesannya.

Semoga kamu bisa menjalani proses interview dengan lancar dan mendapatkan pekerjaan impianmu secepatnya.

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.