Cara Belajar SEO Buat Pemula Beserta Sumber Materi YouTube dan Podcast SEO

20 Jul 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Mempelajari Search Engine Optimization (SEO) hingga menjadi seorang specialist bukanlah hal yang mudah. Untuk menguasainya tentu membutuhkan waktu belajar dan praktek yang tidak singkat. Cara belajar SEO untuk pemula yang tepat sangat diperlukan untuk menguasai hal ini. 

Banyak hal terkait SEO perlu dipelajari, mulai dari konsep dasar, riset dan penentuan kata kunci, serta hal terkait SEO lainnya. 

Pemula yang sedang belajar SEO bisa memulainya dengan memahami panduan dasar berdasarkan sumber belajar yang kredibel.

Cara Belajar SEO

Pemula yang ingin mulai belajar SEO bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini:

1. Pelajari Dasar-Dasar SEO

Langkah awal untuk memulai belajar SEO adalah memahami dasar-dasar SEO terlebih dahulu. Berikut beberapa dasar SEO yang perlu kamu ketahui:

Kenali Konsep Dasar SEO

SEO adalah sebuah cara untuk mengoptimalkan website supaya mendapat ranking teratas pada pencarian Google. Saat website menggunakan SEO, ia akan jadi lebih mudah untuk ditemukan oleh audiens. Hal itu pun berpotensi untuk meningkatkan traffic website tersebut.

On-Page SEO

On-Page SEO adalah praktik optimasi konten website supaya meningkatkan traffic website. Optimasi On-Page SEO turut membuat konten kamu meraih peringkat tinggi pada mesin pencari dan menjangkau audiens yang relevan.

Cara kerja dari On-Page SEO yaitu melalui struktur keyword pada website, seperti penempatan keyword pada judul, meta deskripsi, internal link, caption gambar, heading dan sebagainya.

Technical SEO

Technical SEO merupakan langkah untuk memastikan bahwa mesin pencari seperti Google dapat menemukan website. Technical SEO juga mengindeks konten dan membuat website melakukan rayapan (crawl).

Off-Page SEO

Off-Page SEO adalah tindakan yang diambil di luar website guna mempengaruhi peringkat konten kamu pada halaman mesin pencari. Optimasi Off-Page SEO bisa dilakukan dengan cara mempromosikan website menggunakan backlink, domain authority, media sosial atau link building.

Link Building

Link building adalah proses mendapatkan tautan balik dari website lain menuju website. Dalam praktik SEO, tautan tersebut disebut juga sebagai backlink. Saat kamu mendapatkan backlink dari situs berkualitas, misalnya media besar, hal tersebut turut membuat website kamu meraih peringkat lebih tinggi di halaman mesin pencari.

Optimasi Kecepatan Website

Melakukan optimasi kecepatan website merupakan keharusan, mengapa demikian? Kecepatan sebuah situs turut mempengaruhi SEO sekaligus peringkat website pada pencarian Google. 

Audiens pun tentunya akan memilih untuk membuka website dengan kecepatan yang maksimal daripada website yang lambat karena tidak ingin membuang-buang waktu.

Optimasi Website Supaya Mobile-friendly

Pada zaman sekarang, berbagai kalangan usia kerap mengakses website menggunakan smartphone (mobile). 

Membuka smartphone untuk melakukan pencarian lewat browser tentu dinilai lebih efektif daripada menggunakan laptop (desktop).

Untuk memeriksa apakah situs web kamu sudah mobile-friendly, cobalah memposisikan diri sebagai pengguna dan bukalah situs website kamu. 

Kemudian, lihatlah seberapa cepat situs web dimuat dan apakah kamu merasa mudah menemukan apa yang ingin kamu cari di website tersebut.

Pengalaman pengguna dalam membuka website lewat smartphone sangat berpengaruh pada kesan mereka terhadap branding website milikmu.

Riset Keyword

Cobalah lakukan riset untuk mengetahui apa saja keyword yang dicari oleh audiens. 

Jika website kamu tidak menyediakan konten yang sesuai dengan apa yang audiens butuhkan, akan sulit bagi website untuk dapat ditemukan atau dikenal oleh audiens.

Untuk mencari keyword yang sesuai, kamu bisa menggunakan Google Search Console ataupun tools seperti Semrush, Ahrefs dan Ubersuggest.

Membuat Konten Berkualitas

Pastikan website yang kamu kelola terus memproduksi konten SEO friendly setiap minggunya. Konten yang dibuat pun harus berkualitas dan sesuai dengan target audiens. 

Faktor teratas yang mempengaruhi peringkat Google antara lain konten berkualitas tinggi, kecepatan halaman, pengalaman pada halaman, kegunaan pada seluler, optimasi on-page SEO dan internal link.

Dengan mengupayakan sejumlah poin di atas, traffic website kamu kemungkinan akan meningkat. 

Membuat website berada di halaman pertama Google tentu butuh waktu. Inovasi dan optimasi tentu selalu dibutuhkan untuk menyajikan konten yang segar dan menjangkau banyak kalangan audiens. 

Baca juga : Cara Melakukan Follow Up Proses Interview Lewat Pesan WhatsApp Beserta Contohnya

2. Praktik Optimasi SEO

Setelah kamu memahami dasar-dasar SEO, kini waktunya praktik optimasi SEO. Kamu bisa mulai membuat konten dan menerbitkannya sesuai dengan riset keyword yang relevan dengan audiens. 

Terbitkan konten tersebut pada prime time dan bagikan cobalah kamu turut membagikannya ke media sosial sebagai bagian dari penerapan Off-Page SEO. 

Kamu bisa memulainya dengan menulis konten berdasarkan hal yang sangat kamu ketahui dan sukai. 

Pastikan bahwa kamu telah menerapkan teknik SEO pada konten tersebut.

3 Tingkatkan Pengetahuan SEO

Selain praktik, kamu juga harus meningkatkan pengetahuan dan mengikuti pembaharuan (update) perihal SEO. Biasanya dalam setahun, Google akan melakukan beberapa kali pembaharuan terkait bagaimana cara mesin pencari bekerja. 

Dasar-dasar SEO mungkin memang tidak akan berubah, tetapi hal-hal kecil yang berhubungan dengan SEO akan terus berkembang. 

Kamu bisa mengikuti pembaharuan dan perkembangan tersebut dengan bergabung ke dalam komunitas SEO, webinar, serta konferensi.

Setiap tahunnya biasanya selalu terdapat webinar atau konferensi yang membahas tentang belajar SEO. Cobalah bergabung ke dalam acara tersebut untuk meningkatkan pengetahuan SEO. 

Dengan mengikuti acara tersebut, kamu bisa mendapat pengetahuan yang mungkin belum pernah  dipelajari sebelumnya. Acara yang bisa kamu ikuti misalnya SEOCon 2023 pada 24-25 Mei lalu ataupun event-event SEO lainnya.

Acara tersebut kerap menghadirkan pembicara expert di bidang SEO. Kamu pun bisa berkenalan dengan grup atau komunitas SEO yang hadir untuk berbagi wawasan seputar SEO. Grup atau komunitas online juga tersedia, misalnya grup SEO di Facebook dan Telegram.

Meningkatkan pengetahuan SEO bukan berarti kamu harus menguasai semuanya. Kamu bisa menggunakan teknik T-shaped SEO yang berarti harus memiliki pengetahuan luas tentang semua hal yang berkaitan dengan SEO, tapi unggul dalam satu bidang tertentu. Bidang yang kamu pilih untuk ditekuni tersebut nantinya harus benar-benar kamu kuasai hingga menjadi spesialis.

Baca juga : 8 Pertanyaan Yang Selalu Muncul Ketika Interview Posisi Content Writer

Sumber Materi SEO

Berbagai sumber pun bisa menjadi acuan bagimu untuk terus mengikuti atau update perihal SEO. 

Kamu bisa membaca website, menonton YouTube ataupun mendengarkan Podcast. Pilihlah sumber yang kredibel seperti MOZ Blog, Ahrefs YouTube, atau Authority Hacker.

YouTube SEO

Berikut sejumlah channel YouTube yang memberikan materi untuk belajar SEO buat pemula.

  1. Ahrefs YouTube
  2. Neil Patel
  3. Brian Dean YouTube

Podcast SEO

Berikut sejumlah kreator Podcast yang memberikan materi untuk belajar SEO buat pemula.

  1. Authority Hacker
  2. Experts On The Wire Podcast
  3. Search Engine Journal Show
  4. The Recipe for SEO Success Podcast

Materi untuk belajar SEO buat pemula bisa kamu dapatkan dari banyak sekali sumber. 

Namun, yang terpenting adalah kamu harus konsisten dalam membuat konten yang original. Konten hasil plagiat biasanya akan terlacak oleh Google sebagai konten spam. Teruslah membuat konten yang berkualitas dan jangan pernah berhenti belajar SEO.

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.