Belajar Marketing Penjualan Online untuk Kembangkan Bisnis

03 Mar 2023 Admin Blog 0 Digital Marketing

Marketing dan sales bekerja dan melakukan kegiatan operasionalnya di lingkungan yang mengutamakan pelanggan. Agar berhasil, keduanya harus memiliki prioritas untuk menciptakan solusi yang tepat bagi pelanggan. Alih-alih berfokus untuk meningkatkan jumlah penjualan, sales marketing perlu mengarahkan pengalaman belanja yang menarik.

Untuk mengutamakan pembeli, penjualan dan pemasaran harus diselaraskan untuk meraih tujuan, sasaran, dan prioritas bisnis bersama. Tidak heran jika dibutuhkan skill dan pengalaman mumpuni agar seseorang bisa menjadi praktisi andal di bidang marketing penjualan (sales marketing).

Pentingnya Belajar Marketing Penjualan Online (Online Sales Marketing)

Belajar marketing penjualan online adalah modal penting jika ingin memulai bisnis atau beralih ke bidang pemasaran digital. Makin cepatnya perkembangan informasi melalui internet mendorong kemampuan marketing penjualan online makin penting. Berikut ini alasan pentingnya belajar marketing penjualan online untuk meningkatkan skill.

-   Meningkatkan keterlibatan konsumen yang efektif untuk mendapatkan feedback yang positif maupun negatif seputar produk dan layanan

-   Membangun dan mempertahankan reputasi sebuah bisnis sebagai cara untuk membangun ekuitas merek bisnis

-   Membangun hubungan jangka panjang antara bisnis dengan pelanggannya berdasarkan demografi, psikografi, dan perilaku konsumen

-   Meningkatkan penjualan karena pemasaran dan membantu meningkatkan kemungkinan penjualan yang lebih baik

-   Menjaga bisnis tetap relevan dengan kebutuhan pelanggan dalam industri yang menjadi spesialisasi bagi perusahaan

-   Membuat keputusan berdasarkan informasi terkait cara menghasilkan produk atau memberikan layanan

Belajar Marketing Penjualan Online untuk Pemula

Meskipun memerlukan pengalaman agar menjadi seorang ahli, belajar marketing penjualan online bisa dilakukan oleh siapa saja. Berikut ini langkah-langkah dasar yang harus dipahami untuk belajar marketing penjualan online.

1. Memahami target pasar yang disasar

Sebelum menguraikan tindakan atau mengikuti pelatihan pemasaran yang akan diambil, penting untuk mengetahui target pasar. Diperlukan sejumlah prospek teratas yang dapat dikelola dan difokuskan secara strategis. Prospek dapat ditentukan berdasarkan faktor-faktor seperti pendapatan prospek perusahaan, lokasi, jumlah karyawan, atau industrinya.

Para marketer sering membuat persona untuk menggambarkan pelanggan yang ditargetkan. Salesperson memiliki banyak pengalaman dunia nyata sehingga mengenal pelanggan di tingkat yang berbeda. Para researcher memahami pola perilaku dan teknologi yang dibutuhkan untuk melayaninya secara efektif.

Meski memiliki keahlian yang andal dalam sebuah tim, eksekusi bisnis tidak akan efektif jika penawaran dilakukan tanpa memahami target pelanggan yang disasar. Hal ini berlaku saat Anda mencoba membuat integrasi di dalam tim untuk membuat semua orang memahami hal yang sama.

2. Memahami product knowledge

Saat sudah mencapai pemahaman yang sama tentang target pelanggan, saatnya memikirkan cara mewakili brand dalam eksekusinya. Kemampuan penting yang diperlukan adalah membuat cara komunikasi untuk menciptakan brand voice secara konsisten.

Product knowledge yang jelas dan akurat adalah keterampilan yang penting. Staf penjualan dan marketing harus menjadi orang yang paling ahli untuk memahami produk dan fitur yang mereka jual. Dengan begitu, pelanggan akan merespons promosi penjualan dengan lebih baik jika mendapatkan informasi yang akurat.

3. Pelajari channel marketing yang kohesif

Untuk mengoptimalkan performa sales marketing, dibutuhkan adanya keselarasan dalam semua channel komunikasi maupun penjualan. Semua komponen email campaign, brosur dan materi penjualan, packing, hingga media sosial menjadi ciri khas bisnis yang andal.

Pastikan pelanggan mendapatkan nilai brand yang tepat untuk mencerminkan prinsip-prinsip sales marketing di setiap titik kontak dengan pelanggan. Dengan keselarasan itulah sebuah brand akan dipertimbangkan oleh target pelanggannya.

4. Membangun dan mengelola database

Database marketing dapat memberikan manfaat bagi marketer, pengiklan, dan konsumen. Saat memiliki database yang rapi, seorang sales marketing akan mampu menemukan saluran terbaik untuk menghubungi pelanggan.

Skill yang dibutuhkan untuk mengelola database adalah mengidentifikasi kelompok pelanggan, seperti pelanggan setia, pelanggan baru, atau calon pelanggan. Mengatur prospek berdasarkan demografi dapat membantu menemukan minat yang paling potensial.

Menghubungi prosepek yang paling potensial akan lebih efektif untuk menghadirkan konversi. Selain itu, lakukan pendekatan untuk mengenal kebutuhan dan menghadirkan solusi untuk pelanggan. Hal ini lebih baik daripada sekedar memberitahu informasi produk.

5. Membangun relasi dengan pelanggan

Tujuan utama dari sales marketing online adalah mengembangkan hubungan dan menjadi pemecah masalah bagi pelanggan. Saat memberikan informasi yang bermanfaat, lakukan demonstrasi tentang cara menangani masalah mereka menggunakan produk Anda.

Pada titik ini, saatnya marketing berubah menjadi sales. Sampaikan spesifikasi produk atau layanan dengan pihak-pihak penting kepada calon pelanggan. Selalu libatkan mereka dalam proses penawaran produk atau tawarkan uji coba produk secara gratis.

Sepanjang tahun, terus kembangkan informasi terkait produk yang ditawarkan. Buat katalog dan urutkan “Top Relationship List” untuk melacak saat Anda mengirim informasi untuk prospek yang potensial.

Bergantung pada panjang siklus penjualan, konversi prospek mungkin membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Setelah berhasil mencapai kesepakatan dari prospek, teknik yang sama bisa diaplikasikan untuk menjaga relasi dan menjaga prospek tetap dekat dengan bisnis.

Cara belajar marketing penjualan online pada dasarnya dapat dibangun dengan menjaga relasi dengan pelanggan. Namun, skill komunikasi dan pengelolaan data yang baik akan mendorong hasil yang lebih signifikan dalam eksekusi pemasaran di lapangan. Karena itu, kembangkan terus potensi dan pengalaman yang andal dalam sales marketing.

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.