Apa Itu CTA? Yuk, Simak Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya di Sini!

05 Jul 2023 Admin Blog 0 Product Management

CTA atau Call to Action adalah sebuah istilah yang harus dipahami jika kamu ingin bekerja di bidang marketing

Pasalnya, CTA digunakan sebagai pengarah untuk pelanggan potensial agar mereka melakukan suatu aksi yang bisa bermanfaat untuk brand, seperti konversi atau berlangganan kontennya. 

Penggunaan CTA pada website, media sosial, dan blog sangat bermanfaat untuk membujuk pelanggan potensial agar brand dapat mencapai tujuan pemasarannya. 

Itulah mengapa sangat penting untuk memahami dengan benar soal apa itu CTA, manfaatnya, hingga cara membuatnya yang efektif. Tak perlu bingung, kamu bisa mengetahui seluk-beluk soal CTA di artikel ini.

Pengertian CTA

CTA atau Call to Action adalah sebuah istilah marketing yang mengacu pada konten, seperti teks, gambar, atau tombol yang bermaksud untuk meminta audiens melakukan tindakan tertentu. 

CTA dapat menggunakan tautan atau link langsung yang mengarahkan ke halaman penjualan. Misalnya, dengan menginstruksikan pembeli potensial untuk segera menyelesaikan pembelian. 

CTA tidak hanya untuk mengarahkan agar audiens melakukan pembelian saja. 

Namun, CTA juga dapat dibuat dengan tujuan agar audiens melakukan hal-hal lain. Misalnya, berlangganan newsletter, mengunjungi landing page website, download konten eksklusif, dan masih banyak lainnya. 

Jadi bisa disimpulkan jika CTA adalah elemen penting yang dapat mendorong audiens atau pembeli potensial untuk melakukan suatu tindakan, baik itu tindakan untuk membeli produk atau jasa, serta tindakan untuk hal-hal lain yang menguntungkan bagi brand.

Umumnya CTA ditulis dalam kalimat pendek yang jelas seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar di Sini.” 

Penempatan CTA juga harus diletakkan di tempat yang strategis agar bisa menarik perhatian dari audiens. 

Apabila memilih menggunakan CTA berupa gambar atau tombol, pastikan juga memiliki warna yang mencolok agar audiens bisa dengan mudah melihatnya. 

Manfaat CTA

CTA adalah aspek penting yang perlu diletakkan di halaman web atau konten yang dibagikan di media sosial. 

Dengan memberikan CTA, nantinya akan memudahkan audiens untuk melakukan hal selanjutnya yang mereka inginkan. 

Tanpa CTA yang jelas, audiens atau calon pembeli potensial dapat kesulitan untuk membeli produk, mendaftar newsletter, atau mendapatkan suatu konten yang sudah disediakan oleh brand.

Supaya lebih memahami soal CTA, ketahui dulu manfaat-manfaatnya berikut ini:

  1. Menyederhanakan Journey Pelanggan

Bagi seorang marketer tentunya harus memperhatikan user journey dari pelanggan ketika menggunakan website

Semakin mudah pelanggan menemukan apa yang diinginkannya, tentunya dapat meningkatkan kepuasannya.

Nah, untuk memudahkan pelanggan dalam proses membeli produk atau jasa, dibutuhkan CTA yang dapat mengarahkannya secara langsung. Dengan begitu, proses pengambilan keputusan pelanggan juga bisa lebih cepat.

  1. Menjauhkan Pelanggan dari Kebingungan

Manfaat CTA yang selanjutnya adalah untuk menjauhkan pelanggan atau audiens dari kebingungan. 

Jika sampai kebingungan, pastinya mereka akan meninggalkan website dan mengurungkan niat untuk mencapai tujuan awalnya seperti membeli produk, subscribe, atau download konten.

Hal itu bisa merugikan brand karena akan kehilangan calon pelanggan potensial. Karena itu, sebaiknya gunakan CTA yang mudah ditemukan dan menonjol agar pelanggan bisa langsung melihatnya dan melakukan hal yang menjadi tujuannya. 

Baca juga : 8 Tips Pengembangan Diri untuk Karier yang Lebih Cemerlang di Masa Depan

  1. Menurunkan Bounce Rate

Setiap marketer pastinya ingin memiliki website yang memiliki bounce rate yang rendah. Nah, hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan CTA di halaman website perusahaan.

Saat ada audiens atau pengunjung website yang kesulitan menemukan tombol yang bisa membawanya untuk melakukan tujuannya, tentu mereka bisa kesal dan meninggalkan website

Hal tersebut bisa membuat angka bounce rate menjadi semakin tinggi. Itulah mengapa, dengan menempatkan CTA pastinya akan membuat audiens lebih cepat mengambil keputusan dan tidak akan mudah meninggalkan website.

  1. Meningkatkan Peluang Konversi

Sprout Social juga menjelaskan bahwa CTA juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan peluang konversi. Semakin banyak audiens yang memberikan klik pada CTA, tentunya peluang mendapatkan prospek potensial makin tinggi.

Dengan begitu, peningkatan konversi pun semakin besar peluangnya. Brand pun pasti akan mendapatkan manfaat besar saat banyak pelanggan potensial yang melakukan konversi.

Jenis dan Contoh CTA

Setelah mengetahui apa itu CTA serta manfaatnya, kini ketahui juga seperti apa jenis dan contohnya berikut ini:

  1. Lead Generation

Jenis CTA yang paling sering digunakan oleh marketer adalah untuk lead generation. Pasalnya, tujuan utama dari CTA memang untuk menghasilkan prospek potensial.

Biasanya CTA jenis ini diletakkan di website dengan persentase pengunjung baru yang tinggi, misalnya di bagian blog. 

Setelah pengunjung membaca artikel yang memiliki CTA, mereka bisa langsung diantarkan untuk melakukan banyak action yang tentunya dapat meningkatkan prospek potensial untuk brand

Contoh CTA yang digunakan untuk lead generation misalnya:

  • “Daftar sekarang”
  • “Berlangganan gratis”
  • “Baca lainnya”
  1. Pengisian Formulir

Kamu pasti pernah melihat pengisian formulir di sebuah website, kan? Biasanya pengisian formulir dilakukan ketika audiens akan berlangganan newsletter atau mendapatkan konten khusus.

Mereka diharuskan menulis email serta informasi umum lainnya agar bisa dimasukkan ke basis data oleh brand. Di bagian bawah formulir kamu bisa meletakkan CTA yang jelas agar mereka tertarik untuk menyelesaikan pengisian formulir.

Beberapa contoh CTA untuk pengisian formulir antara lain:

  • “Langganan sekarang”
  • “Dapatkan E-Book gratis”
  • “Download panduan ini”
  1. Penawaran Produk dan Layanan

Salah satu tujuan utama dalam proses marketing adalah agar audiens menjadi pelanggan dan menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. 

Sayangnya, tidak semua audiens tahu dimana letak produk atau layanan yang ditawarkan saat mereka berkunjung ke website.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menyiapkan CTA yang mudah terlihat agar audiens bisa segera tahu dimana harus mencari produk atau layanan yang ditawarkan. Supaya terlihat menonjol, buatlah CTA dengan menggunakan banner atau tombol dengan warna yang terang. 

Contoh CTA yang digunakan untuk menawarkan produk dan layanan misalnya:

  • “Temukan produknya”
  • “Coba layanan kami”
  • “Lihat produk barunya sekarang”

Baca juga : Serba-Serbi profesi Content Creator: Pengertian, Skill, dan Gaji yang Ditawarkan

  1. Menyelesaikan Penjualan

Jenis CTA ini berfokus pada penjualan dan bertujuan agar calon pelanggan benar-benar membeli produk atau layanan saat ini juga. Oleh karena itu, diperlukan CTA yang super menarik agar mereka tidak ragu-ragu lagi untuk menyelesaikan pembelian.

Selain harus menggunakan kata-kata yang menarik, desain CTA juga perlu diperhatikan. Misalnya dengan menggunakan banner yang mencolok atau button yang memiliki warna yang menarik. 

Lalu, CTA juga perlu diletakkan di tempat-tempat yang strategis. Contoh jenis CTA untuk menyelesaikan pembelian:

  • “Hubungi kami”
  • Check out sekarang”
  • “Lihat penawaran lainnya”
  1. Promosi Acara

Saat brand akan melaksanakan sebuah acara, tentunya kamu berharap bahwa acara tersebut dihadiri oleh banyak orang, kan? Acara tersebut bisa kamu promosikan di halaman website dan memberikan CTA yang langsung mengarahkan audiens untuk mendaftar acara tersebut.

Dengan CTA promosi, tentunya akan meningkatkan awareness dari acara tersebut dan mendorong penjualan tiket. Sebaiknya CTA jenis ini diletakkan di halaman website yang banyak didatangi pengunjung.

Beberapa contoh CTA untuk promosi acara adalah:

  • “Daftar acaranya”
  • “Gabung di sini”
  • “Ikuti acaranya sekarang”

Itulah penjelasan mengenai apa itu CTA, manfaat, jenis, dan contoh-contohnya yang efektif. 

Perlu diingat bahwa CTA adalah elemen penting yang perlu diletakkan di website atau media sosial untuk mengarahkan audiens melakukan suatu action yang bermanfaat untuk brand. 

Jadi, jangan sampai ketinggalan lagi untuk menempatkan CTA, ya!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.