8 Jawaban yang Tepat untuk Pertanyaan Interview Alasan Melamar Kerja

30 May 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Saat menjalani interview kerja di suatu perusahaan, HRD akan memberikan berbagai jenis pertanyaan kepadamu. Salah satu contoh pertanyaan yang sering muncul adalah pertanyaan interview alasan melamar kerja di perusahaan ini. Bagi HRD mengajukan pertanyaan seperti itu penting karena untuk mengetahui tentang tujuan kamu melamar di perusahaan tersebut dan ekspektasi kamu kepada perusahaan. 

Nah, bagi kamu yang pernah mendapatkan pertanyaan seperti itu, maka kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas. Sebab, kali ini kita akan membahas opsi jawabannya yang membuat kamu makin percaya diri lagi menghadapi recruiter

Yuk, simak pembahasan mengenai jawaban interview alasan melamar kerja berikut ini:

  1. "Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini karena perusahaan ini merupakan yang terbaik pada bidangnya."

Tahapan interview ini merupakan tahapan yang sangat kompetitif, karena kamu akan bersaing dengan kandidat lain. Oleh karena itu, pada tahapan interview ini kamu harus bisa memberikan alasan yang jelas di setiap pertanyaannya. Salah satu jawaban yang bisa kamu sampaikan kepada HRD adalah jika perusahaan ini merupakan perusahaan yang sangat maju dibandingkan kompetitor. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan data lain seperti data pertumbuhan perusahaan dalam waktu tertentu.

Dengan kamu memberikan jawaban seperti itu, maka HRD akan mengapresiasi tanggapan yang kamu berikan. 

  1. "Saya ingin berpartisipasi langsung dalam perusahaan, sekalipun saya harus ditugaskan di daerah."

Selanjutnya adalah mengenai lokasi penempatan kerja. Bagi sebagian besar kandidat baik yang berpengalaman maupun fresh graduate tentu ingin mendapatkan kerja dekat dengan rumah. Namun, seiring berjalannya waktu perusahaan akan mengalami banyak perubahan. Situasi seperti itu bisa saja memaksa kamu untuk pindah lokasi kerja yang jauh dari rumahmu. Oleh karena itu, ketika pada interview banyak HRD yang menginginkan kandidat yang fleksibel dan bersedia jika suatu waktu diminta untuk dipindahkan ke luar daerah. Nah, disini kamu bisa menyampaikan jika kamu bersedia suatu waktu untuk dipindahkan ke daerah lainnya. 

Namun, hal yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus tahu mengenai lokasi penempatannya. Apakah lokasinya masuk ke dalam jarak toleransimu atau tidak.

Baca juga : Pengertian Email Marketing dan Manfaat Penggunaannya

  1. "Posisi yang saya lamar akan memberi saya peluang untuk semakin berkembang lagi dan berkontribusi lebih banyak."

Salah satu tujuan perusahaan menanyakan pertanyaan alasan melamar kerja adalah untuk mengetahui seberapa besar keinginan kandidat berkontribusi dan berkembang di perusahaan. Selain itu, perusahaan juga ingin mengetahui lebih jelas mengenai kontribusi seperti apa yang akan kamu berikan. Di sini kamu bisa menjelaskan alasan kamu dalam mencari kerja untuk bisa berkontribusi dan berkembang. 

Sebagai contoh, kamu melamar sebagai SEO Content Writer di perusahaan A. Saat ditanya alasan melamar kerja, kamu bisa menjawab bahwa skill kepenulisan yang sudah dimiliki akan berpotensi memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. Setelah itu, kamu juga bisa menjawab bahwa lingkungan di perusahaan A tersebut akan membantumu untuk mengembangkan skill yang telah dimiliki. Dengan memberikan jawaban seperti ini, HRD akan melihatmu sebagai kandidat yang menarik. 

  1. "Posisi ini merupakan pekerjaan yang sangat menantang dan saya terdorong untuk bisa menaklukan tantangan tersebut." 

Jawaban yang juga bisa kamu pilih adalah pekerjaan ini sangat menantang dan saya ingin menaklukan pekerjaan ini. Kamu bisa memilih jawaban seperti ini untuk menunjukkan jika kamu merupakan kandidat yang sangat antusias, suka tantangan, dan ingin bekerja di luar zona nyaman. 

Dengan menjawab pertanyaan seperti ini akan membuat HRD menilaimu sebagai seorang kandidat yang menarik dan bisa mencapai target yang sudah ditentukan.

  1. "Saya ingin bekerja di posisi ini karena posisi ini sangat sesuai dengan skill yang saya miliki." 

Kamu bisa menekankan jika posisi ini sesuai dengan skill yang kamu miliki. Untuk meyakinkan HRD, kamu bisa menunjukkan bukti berupa sertifikat atau dokumen lainnya jika kamu sudah pernah magang atau bekerja di posisi ini sebelumnya. Jika ada, kamu juga bisa melampirkan portofolio yang sudah dibuat sebagus mungkin.

Dengan begitu, maka skill dan pengalaman yang kamu miliki akan lebih dipercaya oleh HRD dan bisa membuatmu menjadi kandidat yang layak untuk dipekerjakan. 

  1. "Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan ini dalam mencapai kesuksesan."

Alasan lain yang bisa kamu berikan ketika menjawab pertanyaan alasan melamar pekerjaan adalah jika kamu ingin menjadi bagian dari perusahaan dalam mencapai kesuksesan. Dengan memberikan jawaban seperti ini akan membuat HRD menilaimu sebagai kandidat yang pekerja keras dan bisa beradaptasi dengan cepat pada lingkungan kerja baru. Alasan seperti ini bisa kamu perkuat lagi dengan meyakinkan HRD jika kamu merupakan seorang yang cocok dengan lingkungan kerja yang dinamis atau cepat berubah.

Baca juga : 7 Tips Membuat Caption Instagram yang Menarik Bagi Audiens

  1. "Visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan sesuai dengan tujuan karir saya."

Dengan mengungkapkan jika visi dan misi yang dimiliki perusahaan sesuai dengan tujuan karirmu kedepannya akan membuat HRD terkesan dengan jawaban yang kamu berikan. Selain itu, HRD juga akan menilai kamu sebagai kandidat yang bisa membantu perusahaan dalam mencapai target bisnisnya. 

  1. "Menurut survei kecil-kecilan yang saya lakukan menunjukkan jika perusahaan ini memiliki reputasi yang sangat baik."

Alasan terakhir yang bisa kamu berikan adalah menyampaikan jika perusahaan yang kamu lamar memiliki reputasi yang sangat baik di mata masyarakat. Hal ini akan membuat HRD menjadi terkesan karena HRD akan menilai kamu sebagai kandidat yang memiliki keinginan untuk mengenal perusahaan lebih dalam lagi. Untuk memperkuat jawaban ini, kamu bisa menunjukkan bukti yang konkret dari survei yang kamu lakukan. 

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai jawaban interview alasan melamar kerja. Pada intinya, dalam menjawab pertanyaan interview alasan melamar kerja, kamu perlu mempertegas jawaban yang kamu punya dan diiringi dengan skill yang sudah kamu miliki.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan impianmu. Selamat berjuang dan semoga berhasil!

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.