7 Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Paling Efektif

09 Dec 2022 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Media sosial adalah salah satu alat media dari digital marketing selain website yang digunakan untuk memperkenalkan, mempromosikan, dan menjangkau segmentasi pasar lebih luas. Gampang-gampang mudah melakukan aktivitas marketing di media sosial dengan catatan kamu telah memiliki strategi pemasaran melalui media sosial.

Pengaruh strategi pemasaran melalui media sosial memiliki dampak yang cukup besar. Dampak yang paling terasa adalah kamu bisa memperluas segmentasi pasar hingga ke seluruh Indonesia dan Internasional serta menjaga interaski dan komunikasi baik dengan konsumen dan calon konsumen.

Mengapa Sosial Media Penting?

Dibandingkan hanya menjalankan strategi marketing secara konvensional, saat ini justru yang lebih unggul adalah strategi digital marketing, khususnya strategi pemasaran melalui media sosial. 

Sebab, selain dapat menjangkau segmentasi pasar yang begitu luas perusahaan juga bisa menekan biaya marketing karena cukup melakukannya di kantor tanpa perlu sering-sering terjun ke lapangan. 

Tak hanya di situ saja, ada manfaat melakukan strategi marketing melalui media sosial lainnya, di antaranya:

1. Menjadi Top of Mind Awareness (TOMA), produk atau brand kamu menjadi produk yang pertama kali terlintas di kepala konsumen saat sedang berdikusi atau membicarakan industri yang berkaitan dengan lini bisnis kamu.

2. Media iklan dan promosi, bisa dikatakan iklan di media sosial saat ini lebih efektif ketimbang iklan di televisi. Selain bisa mengandalkan akun Instagram perusahaan, kamu bisa melakukan iklan berbayar dengan cara endorsement atau iklan berbayar lainnya seperti Google Ads dan Instagram Ads supaya lebih efisien.

Oleh karena itu, perlu adanya strategi pemasaran yang tepat untuk mendapatkan hasil maksimal saat melakukan kegiatan promosi. Berikut strategi terbaik yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial.

7 Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Berikut ini strategi pemasaran melalui media sosial yang bisa kamu terapkan pada bisnis mu untuk menghasilkan profit yang lebih maksimal secara konsisten.

1. Menentukan target dari strategi marketing

Tentukan terlebih dulu target atau segmentasi pasar yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. 

Bila kamu menjual produk makanan atau minuman, biasanya segmentasi pasarnya bisa lebih fleksibel dibandingkan produk-produk spesifik lain seperti fashion. Lalu, lakukan riset terhadap kebiasaan media sosial dari target pasar kamu.

Setelah itu, kamu akan mengetahui media sosial mana yang paling banyak digunakan oleh segmentasi pasar kamu. Kamu bisa memulai mengembangkan strategi pemasaran melalui media sosial dari sana. Apakah ternyata lebih efisien melalui Facebook, Instagram atau media sosial lainnya.

Kendati demikian, bukan berarti menutup kemungkinan untuk menggunakan media sosial lainnya. 

Kamu tetap perlu melakukan aktivitas pemasaran di media sosial lainnya tetapi untuk menciptakan pondasi strategi digital marketing bisa dimulai dari media sosial yang paling banyak digunakan oleh segmentasi pasar kamu.

2. Melakukan riset marketing melalui media sosial

Lebih dalam dibahas langkah-langkah riset yang dimaksud di strategi pertama yakni dimulai dari mengetaui karakteristik pengguna media sosial, jenis konten yang tepat yang akan diposting, sampai detail demografis pengguna media sosial.

Kamu bisa menggunakan alat analisis seperti Google Analytics untuk menentukan platform media sosial mana yang berfungsi dengan optimal. Lakukan riset dan analisis juga terkait kompetitor bisnis di media sosial untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan kompetitor. Hasil riset dan analisis ini bisa kamu jadikan bahan untuk membuat strategi pemasaran kamu kedepannya.

3. Menentukan metrik sebagai perbandingan

Idealnya, kamu bisa mengadaptasi filosofi SMART alias Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time Bound untuk menentukan metrik guna pembanding dari tujuan pemasaran melalui media sosial yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh, misalnya tujuan utama kamu memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap merk bisnis kamu. 

Maka idealnya kamu menggunakan metric banyaknya followers dalam periode tertentu sebagai metric pembanding apakah sudah efisien atau justru sebaliknya.

4. Membuat strategi konten

Ciri-ciri pemasaran melalui media sosial adalah dengan menciptakan konten-konten unik, seru dan kreatif untuk menarik lebih banyak pengguna media sosial. Ciri-ciri konten yang seperti itu yang berpotensi meningkatkan engagement like dan share konten.

Namun, kamu perlu memperhatikan juga bagaimana konten tersebut tetap menghubur tetapi memberikan informasi tentang produk atau brand. 

Sehingga saat konten dishare atau masuk halaman Explore di media sosial, maka secara tidak langsung kamu memberikan informasi mengenai bisnis kamu kepada pengguna lainnya yang belum mengikuti akun media sosial bisnis kamu.

5. Menjalin interaksi dengan konsumen

Saat membuat stratei pemasaran media sosial, kamu perlu menyelipkan salah satu strategi untuk menjalin dan menjaga interaksi dengan konsumen.

6. Mempertimbangkan digital marketing berbayar

Untuk mengoptimalkan aktivitas pemasaran melalui media sosial ini, selain memanfaatkan konten yang diposting di halaman utama akun media sosial, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar.

Mengeluarkan sedikit biaya untuk menggunakan iklan berbayar seperti Google Ads, Instagram Ads atau Facebook Ads disarankan karena jangkauan organiknya akan jauh lebih besar. Bahkan, lalu lintas iklannya bisa mencapai situs website tertentu atau aplikasi.

Oleh karena itu, pertimbangkan dan susun strategi pemasaran melalui media sosial dengan matang seperti kampanye dalam satu tahun, konten seperti apa yang akand ibuat, apa saja promosi yang ditawarkan sampai template iklan yang akan digunakan pada layanan iklan berbayar.

7. Mengawasi semua aktivitas marketing melalui media sosial

Langkah yang terakhir adalah melakukan fungsi pengawasan dan pengontrolan atas seluruh aktivitas pemasaran melalui media sosial.

Misalnya saja saat kamu sedang melakukan trial & error terhadap kampanye produk tertentu, bila ternyata kurang efektif maka kamu bisa segera menghentikannya dan mengubah strategi saat itu saja dengan pendekatan yang lebih sederhana.

Demikian 7 strategi pemasaran melalui media sosial dan tips untuk mencapai keberhasilan strategi sehingga mencapai tujuan dan target bisnis. Semoga bisnis kamu berjalan lancar.

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.