7 Manfaat Mengikuti Kursus Online yang Bisa Kamu Dapatkan, Tingkatkan Skill Sekarang!

24 Jul 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Kamu pasti pernah mengikuti kelas atau kursus online. Dimulai sejak pandemi 2020, masyarakat mulai terbiasa melakukan apapun secara online. Perlu disadari, ternyata banyak sekali manfaat kursus online.

Kursus online turut memudahkan banyak orang dalam mempelajari hal yang baru. Kamu cukup menyiapkan perangkat laptop atau smartphone, serta koneksi internet yang stabil. 

Setelah itu, Anda tinggal duduk sambil mencerna seluruh ilmu pengetahuan cukup dari layar device.

Manfaat Kursus Online

Sejumlah kursus online yang tersedia di media sosial bisa kamu ikuti untuk menunjang studi maupun pekerjaan. 

Memangnya, apa saja manfaat mengikuti kursus online? Semua akan tersaji dengan ringkas pada poin-poin di bawah ini.

1. Meningkatkan skill 

Memiliki skill atau kemampuan yang mumpuni tentu sangat berguna ketika kamu mencari kerja. Perekrut tidak hanya melihat dari sekolah/kampus mana kamu berasal, tetapi juga melihat skill apa saja yang kamu miliki.

Ketika membuka lowongan, perusahaan tentu menginginkan kandidat berkualitas yang terbukti memiliki hard skill yang sesuai. Kamu bisa mencantumkan hard skill tersebut ke dalam CV. 

Kamu juga bisa menambahkan pencapaian yang pernah diraih dalam kursus tersebut seperti sertifikat ataupun prestasi sebagai peraih nilai terbaik. 

Pastikan kursus online yang kamu ikuti sesuai dengan posisi pekerjaan yang diinginkan.

2. Boleh menyimpan materi kursus

Ketika mengikuti kursus online, kamu tidak diwajibkan untuk mencatat, tetapi boleh saja untuk melakukannya. 

Biasanya, setelah kursus online kamu akan diberikan soft file materi atau boleh memintanya kepada panitia ataupun pemateri.

Namun, jika panitia kursus tidak memberikannya, kamu bisa mengantisipasi kejadian tersebut dengan melakukan screenshot pada materi yang menurut kamu penting ketika presentasi sedang berlangsung.

Bagi orang yang kurang rajin untuk menulis di kelas, mengikuti kursus online bisa jadi cara yang lebih bisa dinikmati atau bisa dijalankan dengan santai. 

Terutama, bagi orang yang malas menulis tangan atau ingin mendengarkan materi sambil duduk dengan santai.

3. Dapat mempelajari beragam keterampilan

Kamu bisa mencari hard skill apapun di internet dan mencari kursus online untuk mempelajari skill tersebut. 

Mencari yang terpercaya pun cukup mudah, terdapat banyak penyedia kursus online seperti Skill Academy, Udemy dan Udacity yang menyajikan beragam skill untuk bisa dipelajari.

Untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat, mengikuti kursus online adalah pilihan yang tepat dan bermanfaat. 

Berkat kemajuan teknologi seperti internet, mempelajari skill apapun menjadi tidak terbatas dan bisa dilakukan dengan mudah.

4. Hemat biaya 

Banyak kursus online yang tersedia memberikan sejumlah tarif supaya kamu bisa mempelajari skill tersebut. Namun, kursus online yang gratis juga banyak. 

Perlu kamu ketahui bahwa kursus online tersedia dalam berbagai tarif (gratis, murah, mahal) tergantung dengan isi materinya. 

Kursus online juga turut mengurangi biaya transportasi dibandingkan kamu mengikuti kursus offline.

5. Hemat waktu

Ketika hendak ingin mengikuti kursus online, kamu tidak perlu mempersiapkan begitu banyak waktu seperti ketika hendak mengikuti kursus offline. 

Kamu tidak harus mandi hingga wangi ataupun berdandan—ini bukanlah usul, melainkan hanya sebuah opsi—yang biasanya seseorang harus tampil menawan dan harum ketika hendak bertemu dengan banyak orang.

Kamu pun tidak harus sudah siap dari 60 menit sebelumnya karena takut terjebak macet ataupun tersasar ketika menuju lokasi kursus. 

Selain itu, kursus online juga menghemat tenaga sehingga kamu bisa lebih fokus dan menyimak pemateri kursus dengan seksama.

6. Networking

Ketika kamu mengikuti kursus online maupun offline, kamu akan bertemu dengan banyak peserta dan pemateri. 

Momen ini bisa kamu gunakan untuk networking atau berjejaring yang membuat kamu mengenali banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda.

Pada kondisi tersebut, kamu dapat terhubung langsung dengan orang-orang tersebut dengan baik. 

Saat memasuki dunia kerja, manfaat networking akan dapat terasa langsung kepada dirimu. Melakukan networking turut membuka kemungkinan bahwa kamu akan membuat suatu proyek dengan mereka.

7. Belajar dengan nyaman

Kamu tidak harus duduk tegak ketika mengikuti kursus online. Pada saat kursus online, kamu boleh saja mengikutinya dengan posisi yang nyaman sesuai dengan keinginan.

Semua materi telah dipersiapkan dengan baik lewat platform online sehingga kamu dapat mengaksesnya secara langsung tanpa harus keluar rumah.

Itu dia tujuh manfaat dari kursus online. Manfaat semacam ini tentu tidak akan kamu dapatkan ketika mengikuti kursus offline. 

Pilihlah kursus online yang sesuai dengan tujuan kariermu saat ini dan jangan tidur ketika mengikuti kursus online atau waktu dan biaya yang kamu  sisihkan akan terbuang sia-sia.

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.