6 Perbedaan Interview User dan HRD yang Wajib Kamu Pelajari!

20 Jun 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Dua orang pebisnis berkomunikasi

Source: Microsoft 365

 

Buat para jobseeker, sebenarnya ada beberapa tahapan interview, mulai dari user, HRD, hingga tes lain. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan interview user dan HRD. Interview, atau yang bisa juga disebut dengan wawancara, merupakan proses lanjutan dari tahap seleksi administrasi, di mana calon karyawan atau kamu sebagai jobseeker akan bertemu dengan pihak perusahaan yang bertindak sebagai interviewer. 

Dalam proses ini, umumnya terdapat dua jenis interview yang dilakukan oleh perusahaan, yaitu interview HRD (Human Resources Development) dan interview user atau pihak yang akan bekerja satu tim dengan calon karyawan. Kedua jenis interview tersebut memiliki perbedaan dari sisi tujuan, metode, hingga pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan interview user dan HRD agar dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi proses rekrutmen tersebut.

Berikut pembahasan lebih rinci mengenai perbedaan interview user dan HRD, lengkap dengan tips untuk menghadapi kedua jenis interview tersebut. Yuk disimak sampai akhir!

Perbedaan Interview HRD dan User

  1. Fokus 

Interview user lebih berfokus pada pengalaman dan keterampilan teknis yang dimiliki oleh kandidat, sedangkan HRD lebih berfokus kepada sisi psikologi seperti kepribadian, nilai-nilai, serta potensi yang dimiliki calon karyawan.

Tips: 

Persiapkan diri dengan sebaik mungkin terkait pengalaman kerja atau project yang pernah dikerjakan, serta keterampilan teknis lain yang dimiliki. Namun, di saat yang sama, jangan lupa untuk menunjukkan sifat yang positif, menunjukkan sikap berkomunikasi yang baik dan jelas, serta menampilkan potensi yang dimiliki.

  1. Penilaian

Hal selanjutnya yang menjadi perbedaan interview user dan HRD adalah dari sisi penilaian interview. Interview user cenderung memberikan penilaian langsung terhadap kandidat, sementara interview HRD umumnya memberikan penilaian secara terpisah, atau berdasarkan proses seleksi lainnya, seperti psikotes.

Tips:

Menjaga konsistensi dan terus memberikan kesan yang baik pada setiap tahap seleksi yang dihadapi. Tetap berfokus pada keterampilan, pengalaman, nilai-nilai, dan terus menunjukkan potensi yang dimiliki.

  1. Gaya Wawancara

Gaya wawancara menjadi salah satu perbedaan antara interview user dan HRD karena kedua pihak tersebut memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan interview. Dalam melakukan proses interview, HRD cenderung menggunakan gaya wawancara yang formal dan struktural, dengan mengacu kepada kriteria yang sudah dimiliki perusahaan. Sementara itu, user cenderung menggunakan gaya wawancara yang lebih santai dan informal, dengan menekankan kepada kemampuan teknis dan pengalaman yang sesuai dengan posisi kerja serta tuntutan pekerjaan di departemen mereka.

Tips:

Menyesuaikan diri dalam setiap gaya wawancara, tetapi tetap menunjukkan kemampuan berkomunikasi yang baik, dan memberikan jawaban yang jelas dan tepat sasaran.

Baca juga: 7 Tips Menjawab Pertanyaan Soal Gaji saat Interview yang Wajib Dipahami

  1. Tempat dan Waktu Wawancara

Perbedaan selanjutnya yaitu terdapat pada sisi tempat dan waktu wawancara yang ditawarkan. Hal ini karena tujuan dan sumber daya yang digunakan dalam wawancara antara user dan HRD. User biasanya melakukan wawancara di tempat kerja, atau pada lokasi yang terkait dengan project yang sedang dikerjakan, sedangkan HRD cenderung melakukan wawancara di kantor perusahaan. Selain itu, HRD umumnya mengatur jadwal wawancara menyesuaikan jadwal kantor dan ketersediaan kandidat, sementara user mungkin lebih fleksibel karena menyesuaikan dengan jadwal project atau kegiatan yang sedang dikerjakan.

Tips: 

Pastikan untuk memahami lokasi waktu dan wawancara dengan baik. Jika wawancara user dilakukan di lokasi project, kamu perlu melakukan riset tentang lokasi project tersebut, dan memastikan datang tepat waktu. Sementara itu, jika wawancara HRD dilakukan di kantor perusahaan, selain memastikan datang tepat waktu, kamu perlu mempersiapkan berbagai berkas yang diperlukan untuk menunjang proses interview, seperti CV dan resume.

 

Pebisnis wanita di wawancara kerja

Source: Microsoft 365

  1. Posisi Interviewer

Beda interview user dan HRD lain adalah siapa yang memiliki posisi sebagai interviewer kamu. Hal ini terjadi karena perbedaan peran dan tanggung jawab antara kedua posisi tersebut. User bertanggung jawab untuk memastikan apakah kandidat sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan harapan mereka. Sementara itu, HRD bertanggung jawab dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan untuk perusahaan. 

Tips:

Menunjukkan sikap yang positif dan sopan terhadap siapapun yang melakukan wawancara, dan berusaha untuk memberikan kesan yang baik kepada setiap orang yang ditemui.

Baca juga: 9 Tips Interview Kerja Online untuk Dapat Kesan Baik ke Recruiter

  1. Tujuan 

Tujuan interview user adalah untuk menilai keterampilan dan pengalaman kandidat yang berkaitan dengan posisi yang akan diisi, sementara tujuan interview HRD adalah untuk menilai kelayakan secara umum.

Tips:

Lakukan riset perusahaan yang sedang dilamar, termasuk tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan. Setelah itu, pelajari keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan untuk posisi tersebut, dan fokuslah untuk menunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang tepat karena memiliki keahlian dan pengalaman yang relevan. Demikian beberapa penjelasan mengenai perbedaan interview user dan HRD, lengkap dengan tips yang dapat dilakukan. Selalu lakukan riset sebelumnya tentang perusahaan dan posisi yang dilamar, latih kemampuan komunikasi dan interpersonal, serta berikan jawaban yang jujur dan berfokus pada pengalaman serta keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Dengan persiapan yang matang, peluang kamu untuk meraih pekerjaan yang diidamkan akan semakin besar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.