5 Cara Praktis Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Supaya PD Tampil di Depan Umum

14 Jun 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Orang dalam presentasi

Source: Microsoft 365

Public speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu keterampilan yang wajib kamu kuasai dalam berbagai aspek kehidupan. Untuk itu, kamu perlu memahami bagaimana cara belajar public speaking yang efektif dan sederhana.

Sebagai informasi, kemampuan public speaking yang baik dapat membantu kamu membangun hubungan interpersonal yang kuat serta menunjukan kemampuan komunikasi yang baik.

Namun, bagi sebagian orang, public speaking dapat menjadi sesuatu yang menakutkan, terutama bagi mereka yang masih pemula dalam bidang ini.

Nah, kita akan membahas berbagai cara belajar public speaking khususnya untuk pemula serta rekomendasi kelas online yang bisa kamu ikuti. Yuk disimak!

Cara Belajar Public Speaking Efektif dan Sederhana

  1. Mulai dengan Topik yang Dikuasai

Cara belajar public speaking pertama yaitu dengan memulai pembicaraan dengan topik yang kamu kuasai terlebih dahulu.

Dengan membicarakan sesuatu yang dipahami, maka akan membantu kamu merasa percaya diri saat harus berbicara di depan banyak orang, sehingga lebih mudah untuk merangkai kata-kata dan mengembangkan ide yang ingin disampaikan.

Di sisi lain, kamu akan lebih mudah menarik perhatian audiens karena kamu sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mendalam mengenai pembahasan tersebut.

Baca juga: Cara Membangun Personal Branding untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

  1. Persiapkan Materi dengan Baik

Hal berikutnya yang perlu dilakukan jika ingin belajar public speaking secara autodidak adalah mempersiapkan materi dengan baik. Ketika menjadi seorang pembicara, kamu harus memiliki pemahaman yang matang tentang topik yang ingin dibahas. Buatlah outline atau rangkuman dari materi yang ingin dipresentasikan, yang akan membantu kamu menyampaikan informasi secara jelas dan terstruktur. Hal ini akan membuat presentasi menjadi lebih mudah dipahami, sehingga memudahkan audiens mengikuti alur presentasi, Jika materi yang dipersiapkan sudah matang, niscaya kamu akan terhindar dari grogi atau gugup dan berbicara secara efektif.

Baca juga: 10 Cara yang Harus Kamu Lakukan agar Tidak Gugup Saat Interview Kerja

Wanita berdiri di ruang konferensi

Source: Microsoft 365

  1. Latihan Presentasi

Setelah memahami dan menguasai apa yang ingin dipresentasikan, kamu bisa melakukan latihan presentasi semaksimal mungkin. Hal ini karena latihan adalah kunci untuk meningkatkan keterampilan public speakingMelalui latihan presentasi, kamu sebagai pembicara dapat memperbaiki pengucapan dan intonasi suara, postur tubuh, atau gerakan tangan yang sesuai saat memberikan penjelasan. Selain itu, latihan juga membantu kamu untuk mengukur waktu presentasi, sehingga presentasi dapat disesuaikan dengan waktu yang ditentukan.

Kamu bisa mencoba berlatih di depan cermin, atau merekam waktu presentasi dan menontonnya kembali. Mungkin, kamu juga bisa mencoba metode lain seperti melakukan presentasi di depan keluarga dan kerabat, lalu meminta feedback dari mereka.

  1. Selipkan Humor

Menyisipkan humor dalam presentasi akan membuat dirimu dipandang sebagai orang yang asyik dan luwes oleh orang lain. Dengan begitu, maka mereka akan tenang dan khidmat mengikuti setiap perkataan yang keluar dari mulutmu. Hal ini karena saat melakukan presentasi, umumnya suasana akan cenderung formal dan kaku, dan audiens akan mudah merasa bosan dan sulit memahami presentasi kamu. Nah, jika kamu menambahkan humor, kamu akan membuat audiens lebih santai, sehingga lebih mudah dalam memahami isi presentasi. Selain itu, humor juga membantu kamu sebagai pembicara untuk lebih mudah menjalin koneksi dengan audiens. Namun, perlu diingat bahwa humor yang kamu gunakan harus relevan dan tidak menyinggung atau merendahkan pihak lain, ya.

  1. Pelajari Teknik Public Speaking

Ada banyak teknik public speaking yang dapat kamu pelajari secara online, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, seperti cara menggunakan nada yang tepat, gerakan tubuh yang baik, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Situs Online yang Dapat Digunakan untuk Belajar Public Speaking

Berikut sejumlah rekomendasi situs yang dapat kamu gunakan dalam belajar public speaking secara online:

TED Talks adalah salah satu sumber yang sangat berguna jika ingin belajar public speaking onlineTED Talks merupakan salah satu program dari sebuah organisasi nirlaba bernama TED (Technology, Entertainment, Design) yang membahas berbagai topik dari mulai ilmu pengetahuan, bisnis, hingga kemanusiaan, dengan pembicara yang ahli dibidangnya, dalam lebih dari 100 bahasa. Melalui TED Talks, kamu bisa mempelajari berbagai teknik dan trik public speaking serta menambah wawasan dan pengetahuan. Kamu bisa mengakses TED Talks gratis di website di atas, atau melalui kanal Youtube mereka. 

Situs web lain yang cocok untuk kamu yaitu Skill Academy. Skill Academy merupakan platform belajar online yang menyediakan kursus-kursus keterampilan, salah satunya public speakingKursus public speaking di Skill Academy dilengkapi dengan video tutorial, latihan, dan ujian untuk mengukur kemampuan.

Speaking id adalah situs web yang menyediakan berbagai informasi, tutorial, dan tips tentang public speakingDi dalamnya pula terdapat berbagai artikel dan video yang membahas berbagai topik tentang public speaking, dari mulai teknik presentasi, hingga strategi komunikasi yang efektif.

Speaking.id juga menyediakan layanan pelatihan dan konsultasi public speaking untuk perorangan atau perusahaan yang ingin meningkatkan kemampuan dalam berbicara di depan umum.

Demikian beberapa situs yang dapat membantu kamu dalam belajar public speaking onlineDengan memilih situs yang tepat dan berlatih secara teratur, kamu dapat menjadi lebih percaya diri dan menguasai seni public speaking. Dalam belajar public speaking, tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Dibutuhkan effort berupa waktu, usaha, dan kesabaran untuk terus belajar dan mengasah keterampilan. Dengan menerapkan berbagai tips yang telah diberikan diatas, diharapkan kamu dapat meningkatkan kemampuan public speaking dan lebih percaya diri saat tampil di depan umum. Pada akhirnya, ingatlah bahwa public speaking bukan hanya soal berbicara, tetapi juga tentang mempengaruhi, menginspirasi dan memberikan dampak positif bagi sesama.

Selamat belajar dan semoga sukses!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.