12 Tips Memilih Tempat Magang yang Wajib Kamu Perhatikan

07 Sep 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

 

Supaya tidak salah pilih, kamu perlu mengetahui apa saja tips memilih tempat magang yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan skill dan mendapatkan kesempatan memiliki karier yang lebih baik di masa depan.

Mengikuti magang sangat penting karena memiliki banyak manfaat. Bahkan, North Central College mengatakan jika magang menjadi cara untuk melengkapi pendidikan karena banyak manfaatnya untuk pengembangan diri.

Dengan magang, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan mulai dari mendapatkan pengalaman langsung di dunia kerja hingga memperbanyak koneksi.

Tak hanya itu, skill dan kepercayaan dirimu juga bisa meningkat. Kamu pun bisa lebih siap terjun langsung ke dunia kerja!

Banyak, kan manfaat dari ikut magang yang bisa kamu dapatkan? Jadi, siapkan dirimu mulai saat ini dengan membaca tips memilih tempat magang berikut!

12 Tips Memilih Tempat Magang yang Tepat

Lulusan baru yang memiliki riwayat magang bisa mendapatkan pekerjaan lebih cepat dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Hal itu karena mereka telah mendapatkan pengalaman kerja yang sesungguhnya, sehingga CV-nya pasti akan dilirik oleh rekruter. 

Supaya jalanmu untuk mencapai karier impian berjalan dengan lancar, mulailah menentukan tempat magang yang tepat dengan tips-tips di bawah ini!

  1. Pahami Kemampuan dan Minatmu

Tips pertama memilih tempat magang adalah dengan benar-benar memahami apa kemampuan dan minat yang kamu miliki. 

Ketika magang kamu akan mengetahui bagaimana rasanya bekerja secara langsung dengan atasan dan rekan kerja.

Supaya kamu betah dan bisa maksimal belajar serta mengembangkan skill, pastikan memilih pekerjaan magang yang sesuai dengan kemampuan dan minat, ya!

  1. Sesuaikan dengan Tujuanmu

Carilah tempat magang yang memang sesuai dengan tujuanmu. Misalnya, kamu ingin mencoba karier sebagai seorang digital marketer, maka carilah perusahaan yang sepertinya akan mendukungmu tumbuh di bidang tersebut. 

Pertimbangkan juga memilih perusahaan yang masih merintis atau yang telah stabil. Bekerja di perusahaan yang baru merintis memungkinkanmu untuk mendapatkan banyak pengalaman mencoba hal baru.

Sementara itu, bekerja di perusahaan yang sudah stabil biasanya kamu akan mendapatkan tugas yang sudah pasti.

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Sistem Informasi yang Bisa Menjadi Pilihan!

  1. Mulai Cari Tempat Magang Lebih Awal

Tak hanya pencarian kerja, mencari tempat magang juga bisa jadi sangat kompetitif.. Itulah mengapa, tidak ada salahnya untuk mulai mencari tempat magang mulai dari sekarang.

Kamu bisa melakukan riset dan mengumpulkan daftar perusahaan yang biasanya membuka kesempatan magang. Setelah itu, persiapkan berkas dan dirimu untuk keperluan magang.

  1. Segera Hubungi Perusahaan

Setelah memutuskan mana perusahaan yang ingin kamu jadikan tempat magang, sebaiknya segera hubungi mereka untuk bertanya soal kesempatan magang.

Apabila memang mereka membuka kesempatan untuk magang, kamu bisa langsung meminta informasi tentang cara pendaftaran. 

  1. Cari di Portal Penyedia Lowongan Kerja

Tips memilih tempat magang yang selanjutnya adalah lewat portal penyedia lowongan kerja. Apalagi jika kamu masih bingung memutuskan perusahaan mana yang ingin dijadikan tempat magang.

Di situs penyedia lowongan pekerjaan biasanya akan menyediakan informasi mana saja perusahaan yang tengah membuka lowongan magang. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu. 

  1. Ikuti Job Fair

Sering menghadiri job fair juga bisa meningkatkan kesempatanmu menemukan tempat magang yang sesuai dengan preferensi kamu.

The Balance menjelaskan, ketika mendatangi job fair, kamu bisa langsung bertemu dengan perekrut sehingga memiliki kesempatan untuk bertanya banyak hal soal kesempatan magang.

  1. Tanyakan Informasi dari Koneksimu

Meskipun masih kuliah, kamu juga bisa mulai memperbanyak koneksi lewat media sosial khusus profesional seperti LinkedIn. 

Coba cari koneksimu yang kira-kira di tempat kerjanya sedang membuka kesempatan untuk magang. 

Selain itu, kamu juga bisa meminta tips untuk melakukan pencarian magang serta apa saja persiapan yang perlu dilakukan untuk melamar pekerjaan magang.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini banyak perusahaan yang telah memiliki media sosial sebagai sarana branding. Pastikan kamu mengikuti perusahaan yang kamu minati untuk mendaftar magang.

Seringkali perusahaan akan mengumumkan peluang pekerjaan baik full-time atau magang lewat media sosial. 

Nah, supaya kamu tidak ketinggalan informasinya, sering-sering untuk cek media sosial perusahaan tersebut.

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan di Era Digital

  1. Ikuti Acara Networking

Mengikuti acara networking virtual atau secara langsung sangat bermanfaat untukmu. Pasalnya, kamu bisa mendapatkan banyak pengetahuan langsung soal dunia kerja yang sesuai minat industrimu.

Dengan sering mengikuti acara networking pastinya kamu juga bisa mendapatkan banyak koneksi baru yang sama-sama tertarik di industri yang sama denganmu.

  1. Cari Informasi dari Teman

Tips memilih tempat magang yang satu ini dengan memanfaatkan informasi dari teman yang sudah pernah melakukan magang.

Cari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat magang yang pernah ditempatinya. Mulai dari beban kerja hingga budaya kerja perusahaan.

Kamu juga bisa minta rekomendasi dari temanmu yang pernah magang di sana untuk memudahkanmu melamar di perusahaan tersebut.

  1. Jangan Terpaku dengan Bayaran

Mendapatkan bayaran atau gaji ketika magang memang akan lebih menyenangkan. Pasalnya, kamu bisa merasakan hasil dari kerja kerasmu ketika bekerja di tempat magang.

Namun, tiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda soal pemberian bayaran kepada anak magang. 

Karena itu, jika kamu memang ingin mempelajari seperti apa dunia kerja dan mencari pengalaman, jangan terlalu terpaku dengan bayaran. 

  1. Asah Kemampuan dan Bangun Self Branding

Kamu harus ingat bahwa perusahaan pastinya akan menerima banyak sekali kandidat yang ingin magang. Persaingan yang kompetitif membuatmu harus tampil lebih menonjol. 

Salah satu caranya adalah dengan terus mengasah skill dan membangun self branding agar kamu diperhitungkan oleh perusahaan.

Demikian beberapa tips memilih tempat magang yang harus kamu perhatikan agar bisa mendapatkan pekerjaan magang impianmu. 

Satu hal yang pasti, kamu harus selalu proaktif untuk mengembangkan kemampuan dan mencari informasi soal perusahaan yang membuka kesempatan magang, ya!

Tetap semangat dan semoga berhasil untuk segera mendapatkan tempat magang!

 

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.