10 Tips Jualan Online yang Cocok Diikuti Bagi Pemula

26 Jul 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Bagi kamu yang baru memulai jualan secara online namun belum terlalu paham caranya jangan khawatir, sebab kali ini kami akan membagikan tips jualan online. Sebagai pemula, tentunya bukan hal mudah untuk terjun ke dunia bisnis. Terlebih, jika media yang digunakan adalah online. Untungnya, di zaman teknologi ini kamu jadi lebih mudah untuk mempelajarinya. Artikel ini bisa menjadi media bagi kamu untuk mempelajari tips jualan online bagi pemula.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan tips berjualan online, yuk simak penjelasan berikut ini!

Mengenali Nilai dari Produk yang Kamu Jual (Unique Selling Points)

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah apa yang menjadi kelebihan dari produk yang kamu jual. Kelebihan di sini tidak hanya sekedar harga yang murah, kualitas yang bagus, atau hal lainnya. Namun, yang harus kamu tekankan adalah kelebihan dari produkmu yang tidak dimiliki oleh para kompetitor.

Jadi, kamu harus bisa membuat atau menjual produk yang berbeda dari kompetitor supaya itu bisa menjadi sesuatu yang khas dari produkmu. 

Ketika kamu akan menambahkan sesuatu yang unik kepada produkmu, kamu harus menyesuaikan hal tersebut dengan behavior audiens, supaya tercapai kesesuaian. Saat kamu bisa menyesuaikan keunikan produkmu dengan kebiasaan pembeli, maka penjualan produkmu akan membaik dari sebelumnya.

Membuat Website untuk Jualan Online

Mungkin kamu akan bertanya, kenapa harus membuat website sendiri disaat ada marketplace yang telah tersedia untuk berjualan onlineDengan kemudahan yang akan kamu dapatkan dari berjualan di marketplace, tips ini terdengar tidak masuk akal. Kami tidak serta merta melarangmu untuk berjualan di marketplace, namun perlu kamu ketahui jika di marketplace kamu akan bersaing secara langsung dengan produk lain yang sejenis. Mau tidak mau kamu harus perang harga dengan kompetitor. Namun, ketika kamu memiliki website sendiri, kamu tidak perlu bersaing dengan brand lain. Selain itu, ketika kamu memiliki website sendiri akan membuatmu dipandang sebagai bisnis yang kredibel dan bagus. Sebagai catatan, kamu harus membuat website dengan serius. Maksudnya, website kamu harus memiliki tampilan yang user friendly

Mempelajari dan Menganalisa Data

Data yang kamu miliki sangat berharga untuk perkembangan bisnis kedepannya. Sebab, dengan kamu bisa menganalisa data dari jalannya bisnismu dalam waktu tertentu akan menemukan berbagai informasi yang bisa digunakan untuk ajang promosi kedepannya. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, kamu bisa mendapatkannya dari laporan CMS atau website bisnismu, serta dari Google Analytics dan Google Tag Manager yang ada di website-mu.

Baca juga : 7 Manfaat Mengikuti Kursus Online yang Bisa Kamu Dapatkan, Tingkatkan Skill Sekarang!

Menjadikan Content Marketing sebagai Salah Satu Bagian dari Strategi Jualan Online

Content marketing adalah sebuah teknik untuk mempromosikan produk dari sebuah bisnis dengan cara membuat konten. Biasanya konten yang umum dibuat adalah konten video. Karena bisa membuat penontonnya jadi tertarik dengan produk yang dipromosikan. Dalam pembuatan kontennya kamu tidak boleh sembarang saja, sebab kamu harus membuat konten yang relevan dan bisa menjawab keingintahuan konsumen terhadap produkmu.

Aktif Berjualan di Media Sosial

Jika ingin sukses berjualan secara online, maka kamu harus memanfaatkan semua channel yang ada, tak terkecuali menggunakan media sosial. Sebab, media sosial bisa menjadi pintumu dalam mendapatkan konsumen yang mengenal produkmu hingga ingin membeli produkmu. Jadi, kamu harus bisa memanfaatkan media sosial sebaik mungkin. Mulailah dengan membuat konten berupa foto atau video di Instagram, TikTok, Facebook, dan media sosial lainnya.

Gunakan Email Marketing untuk Mendapatkan Leads

Berdasarkan survei, diketahui jika produk kamu akan dibeli lagi orang pelanggan lama sebesar 80% dan 20% sisanya yang membeli produkmu adalah pelanggan baru. Jadi, dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa kamu harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama.

Cara terbaik untuk melakukan itu adalah menggunakan email marketing. Melalui email kamu akan mengirimkan info terbaru mengenai produk terbaru atau promo yang sedang berlangsung. Hal tersebut akan meningkatkan peluang pelanggan lama untuk melakukan pembelian ulang.

Marketing Dari Mulut ke Mulut

Jika kamu memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya mencoba untuk menggunakan KOL (Key Opinion Leader) sebagai salah satu cara promosi. Kamu tidak harus menggunakan influencer yang memiliki jutaan followers, kamu bisa mulai dari menggunakan micro influencer terlebih dulu. Perlahan tapi pasti produk dari bisnismu akan mulai dikenal oleh banyak orang atau menjangkau banyak audiens. 

Selain itu, bagi kamu yang tidak memiliki anggaran untuk menggunakan KOL, kamu bisa menggunakan cara lain, yaitu menyediakan kolom khusus review produk di websitemu. Cara ini akan membuat orang lain yang belum pernah membeli produkmu bisa mendapatkan gambaran yang netral dari pelanggan.

Mengiklankan Bisnismu di Facebook, Instagram, YouTube, dan TikTok

Jika sebelumnya kamu hanya aktif berjualan secara organik menggunakan media sosial, di sini sedikit berbeda. Kali ini kami akan menyarankan kamu untuk memasang ads di media sosial. Dengan beriklan di media sosial, kamu bisa memandu pelanggan dari tahapan awareness hingga mereka akhirnya melakukan pembelian. 

Baca juga : Cara Belajar SEO Buat Pemula Beserta Sumber Materi YouTube dan Podcast SEO

Adakan Event Promo

Sama halnya dengan kita yang menyukai promo, para calon pelanggan pastinya juga akan antusias jika kamu memberikan promosi terhadap produkmu. 

Namun, kamu harus membuat strategi yang pas untuk membuat event promo ini. Sebab, jika salah langkah bisa saja pelanggan hanya membeli produkmu ketika ada promo saja. Sebaiknya, kamu tidak melakukan promo terus-terusan akan tidak sehat bagi bisnismu kedepannya.

Membuat Deskripsi Produk yang Unik serta Menarik

Pada tips jualan online terakhir ini, kami akan memintamu untuk lebih menekankan penggunaan copywriting yang unik dan menarik pada deskripsi produkmu. Dengan mengaplikasikan kalimat-kalimat yang persuasif, maka kamu bisa menjangkau sisi emosi pelanggan. Dari sini kamu bisa menuntun pelanggan untuk membeli produkmu.

Demikianlah beberapa tips jualan online bagi pemula. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam menentukan langkah kedepannya dalam jualan online. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.