10 Prospek Kerja Sistem Informasi yang Bisa Menjadi Pilihan!

05 Sep 2023 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

 

Di era yang serba digital saat ini, salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa adalah jurusan sistem informasi. Bukan tanpa alasan, dengan perkembangan teknologi yang pesat membuat prospek kerja sistem informasi semakin terbuka lebar.

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari pekerja di bidang teknologi. Sebagai lulusan yang telah mempelajari terkait perangkat keras dan perangkat lunak yang berhubungan dengan data, maka kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. 

Penasaran apa saja prospek kerja sistem informasi? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini!

Deretan Prospek Kerja Sistem Informasi

1. Data Analyst

Prospek kerja sistem informasi yang pertama adalah data analyst. Untuk menjadi seorang data analyst, kamu harus memahami prosedur coding dan menganalisis sebuah data.

Sesuai namanya, seorang data analyst akan berkutik dengan sebuah data. Kamu akan mengumpulkan sebuah data dan mengolah data tersebut untuk perusahaan. Data ini bisa saja data yang besar dan kompleks.

Sebagai lulusan yang familiar dengan coding serta data informasi, kamu akan lebih mudah menjalani pekerjaan ini karena sudah mempelajarinya saat duduk di bangku perkuliahan.

Baca Juga : 10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan di Era Digital

2. Software Developer

Sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan pekerjaan software developer. Pekerjaan satu ini menjadi prospek kerja jurusan sistem informasi yang sangat terkenal. 

Software developer sangat dibutuhkan di berbagai industri, mulai dari perusahaan ritel, keuangan, hingga sektor kesehatan. Tugas dari seorang software developer sendiri yaitu merancang, membuat, mengembangkan, dan juga meluncurkan program-program komputer.

3. IT Consultant

Untuk lulusan sistem informasi prospek kerja yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah IT Consultant. Kamu bisa memberikan saran sebagai seorang ahli, kepada perusahaan terkait penggunaan teknologi informasi untuk membantu klien mengatasi permasalahan dan mencapai tujuan bisnisnya.

4. UI/UX Developer

Tahu UI/UX developer? Pekerjaan yang berhubungan dengan situs dan aplikasi web ini cocok untuk kamu yang merupakan lulusan sistem informasi!

Pekerjaan UI (User Interface) Developer hampir dengan web designer, yang membedakan hanya saja web designer mendesain sebuah web sedangkan UI developer mendesain tampilan aplikasi dalam desktop, web, atau mobile. Kamu akan mendesain aplikasi untuk menciptakan penggunaan yang optimal.

Untuk UX (User Experience) Developer, akan bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna saat mengakses sistem, seperti aplikasi web, desktop, ataupun mobile. 

5. Business Analyst

Prospek kerja sistem informasi selanjutnya adalah Business Analyst. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan keuangan atau angka.

Untuk bekerja sebagai business analyst, kamu harus bisa melakukan analisis sebuah data dan memberikan sebuah laporan berbasis data. Seorang business analyst juga memegang peran penting sebagai penghubung antara manajemen, tim IT, dan juga user.

6. Project Manager

Membuat sebuah aplikasi atau software tidaklah mudah. Ada banyak tim yang akan bekerja sama untuk mewujudkannya. 

Untuk mengatur banyaknya orang yang bekerja juga tidaklah mudah. Oleh sebab itu project manager penting untuk ada dalam sebuah bisnis. Tugasnya adalah untuk menjadi penggerak atau memeriksa agar seluruh tim dapat bekerja sama dalam suatu proyek. 

Selain itu, project manajer juga harus bisa menentukan jadwal pengerjaan dan rilisnya suatu aplikasi, biaya-biaya yang dibutuhkan, dan juga membuat laporan dalam pembuatan aplikasi atau software. 

Baca Juga : Karier Customer Service: Pengertian, Tugas, Skill, hingga Gajinya

7. Web Developer

Sebagai lulusan sistem informasi prospek kerja yang sudah tidak asing lagi ditelinga adalah web developer. Sesuai namanya, tugas web developer adalah membuat sebuah web.

Untuk membuat sebuah website tidaklah mudah. Terlebih, web developer membuat sebuah website nol dan menghasilkan website dengan tampilan menarik dan sistem yang berfungsi dengan baik. Kamu harus memahami sisi IT selama perkuliahan, terlebih perihal coding.

8. System Engineer

System engineer memiliki peran penting dalam suatu bisnis. Pasalnya, mereka bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan software untuk berbagai aplikasi. Serta, juga memantau performa sistem secara menyeluruh, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Meski prospek kerja jurusan sistem informasi satu ini cukup kompleks dan menantang, banyak lulusan sistem informasi yang berminat untuk bekerja pada bidang ini. Apakah kamu salah satunya?

9. Data Scientist

Berkaitan lagi dengan data, prospek kerja sistem informasi selanjutnya adalah data scientist. Pekerjaan ini memiliki tanggung jawab untuk mengolah sebuah data dan menjadikannya sebagai informasi untuk perusahaan.

10. Network Security

Terakhir, prospek kerja sistem informasi yang akan dibahas artikel ini adalah Network Security. Network security saat ini menjadi pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan untuk menunjang bisnisnya.

Dari namanya saja, kamu pasti sudah terbayang pekerjaan satu ini. Benar, network security merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan bidang keamanan jaringan.

Untuk menjadi seorang network security kamu harus memahami teknik komputer secara mendalam, mengetahui perangkat jaringan atau komputer baik dari segi hardware ataupun software, dan yang terpenting kamu harus mengetahui cara keamanan jaringan komputer!

Itu dia 10 prospek kerja jurusan sistem informasi, kira-kira bidang pekerjaan mana yang menarik perhatianmu? Ada banyak bidang pekerjaan untuk lulusan sistem informasi yang bisa kamu coba. 

Meski memang tidak mudah untuk menentukannya, namun kamu bisa pilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minatmu.

Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantumu lebih mudah melihat gambaran prospek kerja sistem informasi, dan membuatmu lebih mudah memilih pekerjaan mana yang sesuai dan menarik untukmu. Semoga sukses selalu!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.