10 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Menjanjikan di Era Digital

04 Sep 2023 Admin Blog 0 Digital Marketing

 

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan pilihan yang populer di kalangan mahasiswa, terlebih untuk yang tertarik dengan bidang komunikasi dan media. Meski begitu, beberapa lulusan jurusan yang satu ini masih bingung terkait prospek kerja ilmu komunikasi kedepannya.

Mempelajari cara menyampaikan pesan secara efisien dan efektif ke pendengar melalui berbagai media, umumnya kebanyakan orang akan menganggap lulusan ilmu komunikasi akan berkaitan dengan periklanan, jurnalistik, atau sektor media lainnya. 

Hal tersebut tidak salah, namun masih banyak prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang bisa dipilih. Penasaran apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

Deretan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

1. Jurnalis

Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama adalah jurnalis. Profesi jurnalis memang bisa dilakukan siapa saja, namun untuk lulusan ilmu komunikasi yang telah mempelajari ilmu jurnalistik secara mendalam, menjadi nilai plus bagi perusahaan.

Untuk menjadi seorang jurnalis, kamu akan bertugas untuk mencari dan menyajikan sebuah berita melalui berbagai media. Kamu juga harus peka terhadap kondisi sekitar untuk bisa mendapatkan sebuah informasi berita. 

2. Content Writer/Copywriter

Belakangan, pekerjaan content writer atau copywriter cukup populer di kalangan anak muda. Profesi ini bertugas untuk membuat sebuah konten kreatif yang informatif dan edukatif dalam bentuk tulisan.

Selain itu, tulisan yang dibuat juga bertujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan produk atau jasa dari perusahaan. Sebagai lulusan ilmu komunikasi yang belajar teknik menulis, pekerjaan satu ini cocok untuk kamu!

Baca Juga : Karier Customer Service: Pengertian, Tugas, Skill, hingga Gajinya

3. Social Media Officer

Gemar dan aktif menggunakan social media, membuat pekerjaan social media officer menjadi salah satu prospek kerja yang banyak diincar lulusan ilmu komunikasi. Selain minat terhadap social media, gaji yang ditawarkan untuk jabatan social media officer menjadi daya tarik bagi sebagian orang.

Seorang social media officer memiliki tugas untuk mengelola dan mengoptimalkan platform media sosial untuk memperkenalkan produk perusahaan, tujuannya untuk membangun komunikasi dan juga meningkatkan engagement.

4. Public Relationship

Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah sebagai public relationship. Public relationship merupakan pekerjaan, di mana kamu harus menjalin relasi atau hubungan baik dengan klien perusahaan. Kamu harus bisa berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik dari perusahaan ke klien.

Sebagai lulusan ilmu komunikasi, keterampilan serta ilmu yang kamu miliki selama kuliah akan berguna pada prospek kerja satu ini!

5. Content Creator

Pekerjaan satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi anak muda. Bidang content creator juga bisa menjadi prospek kerja jurusan ilmu komunikasi yang menarik.

Tugas dan tanggung jawab dari seorang content creator adalah membuat konten yang menarik dan relevan bagi audiens di berbagai platform.

6. Media Planner

Media planner menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi yang tepat. Terlebih, untuk mereka yang tertarik di bidang digital marketing.

Media planner merupakan pekerjaan dengan tugas merencanakan strategi periklanan serta menentukan media yang paling efektif untuk mencapai target audiens. Seorang media planner harus menganalisis dan memprediksi kemungkinan dari strategi yang dibuat, seperti hasil yang akan diperoleh nantinya.

7. Penyiar Radio

Salah satu prospek kerja jurusan ilmu komunikasi adalah penyiar radio. Terlebih, untuk yang suka dunia broadcasting, pekerjaan satu ini menjadi pekerjaan impian.

Tugas dari penyiar radio adalah menyampaikan informasi menarik melalui suara. Tidak hanya itu, penyiar radio juga menjadi penghibur bagi para pendengar setia dengan obrolan-obrolan yang asik.

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang penyiar radio, kamu harus up to date terkait informasi terkini dan juga memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi dengan menarik!

Baca Juga : Profesi Graphic Designer: Tanggung Jawab, Skill, dan Gaji

8. Event Organizer

Belakangan, bisnis event organizer banyak bermunculan. Tidak jarang, yang merintis bisnis satu ini berujung sukses dan disukai para customer. Melihat hal tersebut, event organizer menjadi prospek yang baik untuk lulusan ilmu komunikasi. 

Event organizer sendiri memiliki tanggung jawab untuk merancang dan mengatur sebuah acara hingga berjalan lancar. Untuk mengatur sebuah acara, terlebih acara besar, tentu bukan hal yang mudah.

Kamu perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat bekerja sama dengan rekan tim, serta memiliki kemampuan menyusun strategi sebuah event.

9. Marketing Communication

Prospek ilmu komunikasi lainnya yaitu marketing communication. Profesi ini dibutuhkan dalam perusahaan, sebab mereka bertanggung jawab dalam hal menyusun dan merancang strategi komunikasi pemasaran.

Untuk menjadi seorang marketing communication, harus mampu membuat strategi dalam menyampaikan isi pesan yang diinginkan, mengatur segmentasi, memilih media pemasaran, hingga menyampaikan tujuan perusahaan.

10. MC (Master of Ceremony)

Kamu ahli dalam berkomunikasi dan percaya diri untuk tampil di depan umum? MC atau Master of Ceremony menjadi prospek ilmu komunikasi untukmu!

Kamu mungkin sudah tahu, menjadi seorang MC memiliki tanggung jawab untuk memandu jalannya suatu acara serta memastikan acara tersebut berjalan sesuai rencana. Pekerjaan MC tidak hanya dijadikan sebagai pekerjaan tetap, kamu bisa jadikan pekerjaan ini sebagai pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Nah, itu dia 10 prospek kerja ilmu komunikasi. Kamu bisa pilih jenis pekerjaan tersebut yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Pasalnya, dengan menyesuaikan pekerjaan dengan minat serta bakat, bekerja akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan!

Semoga informasi terkait prospek kerja jurusan ilmu komunikasi ini dapat membantumu melihat gambaran dari setiap pekerjaan, dan membuat kamu lebih mudah memilih pekerjaan!

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.