10 Ide Konten Instagram untuk Meningkatkan Engagement

08 Dec 2022 Admin Blog 0 Digital Soft Skill

Salah satu strategi digital marketing yang bisa diterapkan adalah membuat konten di Instagram. Kuncinya, harus rutin membuat konten dan posting setiap harinya. Kamu bisa mencari ide konten Instagram dari mana saja, termasuk kompetitor.

Agar berjalan dengan lancar, sebaiknya kamu sekaligus menyiapkan ide konten Instagram selama satu bulan. Konten bisa apa saja, misalnya tentang hal-hal yang viral, atau hari-hari besar. Tentunya harus disesuaikan dengan value brand kamu.  

Sebagai tim kreatif, kamu perlu mengetahui strategi dan trik untuk membuat konten kreatif di Instagram guna memperluas jangkauan dan segmentasi pasar.

Artikel ini akan memberikan inspirasi konten Instagram yang bisa menjadi salah satu contoh konten kreatif atau sekadar ide konten Instagram Story yang bisa kamu terapkan pada bisnismu.

10 Ide Konten Instagram Terbaik

Instagram memiliki algoritma sendiri untuk masing-masing konten dan pengguna yang bisa memperluas jangkauan koneksi. 

Dalam membuat konten, selain memikirkan alur konten tersebut, kamu juga perlu memperhatikan dari sisi engagement.

Poin-poin di dalam engagement di antaranya like (suka), comment (komentar), share (bagi), save (simpan). 

Keempat poin tersebut saling bersinergi yang bisa menciptakan segmentasi pasar bisnis supaya lebih berkembang dan lebih luas.

Lantas, bagaimana membuat konten yang paling banyak diminati di Instagram dan berpotensi mendapatkan engagement tinggi? Ini 10 inspirasi konten Instagram yang bisa kamu coba untuk meningkatkan engagement di Instagram.

1. Membuat Konten Kuis Berhadiah

Inspirasi konten Instagram yang pertama adalah dengan membuat konten kuis atau permainan seperti game teka teki. 

Potensi engagement yang akan kamu dapatkan adalah followers baru, peningkatkan jumlah komentar pada konten di Instagram, dan meningkatnya angka impression. Dengan begitu, secara tidak langsung mereka akan melihat produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Trik kuis atau permainan ini juga menjadi salah satu alternatif untuk membangun interaksi dua arah dari pengikut Instagram, sehingga mereka merasa diikutsertakan dalam perkembangan bisnis dan menumbuhkan keroyalannnya.

Disarankan ada hadiah atau giveaway di setiap konten kuis dan permainan ini untuk menarik minat lebih banyak pengguna Instagram lainnya. 

Tak perlu dimulai dari nominal yang besar, cukup voucher atau diskon untuk produk yang kamu jual atau bahkan giveaway dalam bentuk produk gratis yang diberikan kepada pemenang kuis.

2. Membuat Konten Tips & Tricks

Contoh konten kreatif lainnya adalah konten tips & tricks yang berkaitan dengan persoalan sehari-hari supaya bisa lebih related dengan pengguna saat melihat konten tersebut. 

Tak perlu masalah besar, cukup masalah-masalah sederhana dan solusinya agar bisa menjangkau pengguna Instagram lebih luas lagi.

Di samping memberikan tips & tricks untuk memberikan solusi dari persoalan-persoalan keseharian ini, kamu bisa menyelipkan produk yang kamu jual. 

Jadi, sekali jalan kamu bisa melakukan soft selling. Semisal ide konten Instagram fashion adalah dengan memberikan tips memadupadankan jaket jeans dengan berbagai macam style dengan menggunakan jaket yang kamu jual.

3. Membuat Konten Informatif

Selain membuat konten yang berkaitan dengan produk atau konten soft selling, kamu juga bisa menyelipkan beberapa konten yang berisikan informasi umum yang penting sebagai informasi tambahan yang dibutuhkan pengguna.

4. Membuat Konten Sesuai dengan Tren Terkini

Sebagai seorang digital marketer, khususnya social media specialist, kamu wajib mengikuti perkembangan tren di media sosial mana saja selain Instagram. 

Bisa jadi apa yang jadi tren hari ini belum tentu masih jadi tren hari esok sehingga kamu perlu up to date terhadap tren-tren terkini.

Lalu, selaraskan konten yang sedang tren tersebut dengan lini bisnis dan image Instagram yang sudah kamu bangun.

Termasuk hari-hari besar seperti Hari Kemerdekaan Indonesia, Hari Kesehatan Dunia, Hari Anak atau yang lebih spesifik misalnya Hari Kanker Sedunia. 

Hari-hari besar nasional dan internasional bisa kamu jadikan salah satu ide konten Instagram story.

5. Membuat Konten Rekomendasi

Inspirasi konten Instagram lainnya yang bisa menarik pengguna Instagram adalah konten rekomendasi. 

Beberapa contohnya adalah rekomendasi film saat ini, rekomendasi buku, rekomendasi tempat olahraga, atau rekomendasi coffee shop. Kaitan konten rekomendasi dengan lini bisnis kamu supaya bisa dijadikan soft selling content.

6. Membuat Konten Lucu Dan Menghibur

Padatnya aktivitas sehari-hari membuat banyak orang hanya mencari hal-hal yang seru, lucu dan unik saja di Instagram untuk menghibur diri sendiri setelah padat dengan segudang aktivitas. Karenanya, kamu bisa menjadikan konten lucu atau menghibur ini sebagai konten andalan.

Akan tetapi, tak lupa tujuan konten tersebut. Misalnya sebagai soft selling atau meningkatkan brand awareness sehingga tak hanya konten lucu atau menghibur tanpa arah.

7. Membuat Konten Inspiratif

Salah satu ide konten Instagram edukasi adalah dengan membuat konten yang berisikan cerita-cerita inspiratif dari kesuksesan seorang tokoh. 

Misalnya saja lini bisnis kamu berfokus pada penjualan dan budidaya ikan, maka kamu bisa mengembangkan cerita tentang kesuksesan budidaya jenis ikan tertentu. 

Selain itu, ide cerita untuk konten inspiratif bisa juga yang menarik perhatian kemanusiaan. Pasalnya, cerita humanis ini umumnya lebih mudah mendapatkan engagement tinggi.

Manfaatkan 8 Fitur Instagram

Namun, sebelum mencari ide dan inspirasi konten Instagram, kamu perlu mengetahui tools atau fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan pada Instagram guna mengoptimalkan aktivitas digital marketing melalui Instagram. Fitur-fitur tersebut di antaranya:

  • Feed, bisa dikatakan sebagai beranda atau halaman utama akun Instagram bisnis yang memberikan semua konten foto dan video. Namun, ada batasan jumlah konten yang harus diposting dalam satu hari untuk mempertahankan estetika halaman utama Instagram bisnis
  • Story, sedangkan fitur Story bisa kamu gunakan tanpa batas karena kehadirannya tidak terlalu mengganggu estetika Feeds Instagram. Kelemahannya tentu konten yang diposting hanya akan bertahan selama 24 jam.
  • Highlight, bila kamu ingin story-story yang diposting bertahan dalam waktu yang cukup lama, maka kamu bisa menyimpannya di fitur Highlight dengan pembagian kategori yang bisa kamu atur sendiri.
  • IGTV, fitur ini merupakan fitur video di Instagram yang durasinya lebih panjang dari story atau video biasa.
  • Reels, fitur Reels diadaptasi dari TikTok, di mana video dengan durasi selama lebih dari 60 detik yang bisa kamu kreasikan seperti memberikan efek tertentu.
  • Live, fitur ini memungkinkan kamu melakukan siaran langsung untuk berinteraksi langsung dengan followers guna memperkenalkan produk, membangun brand awareness atau promosi.
  • Shop, Instagram Shop merupakan fitur terbaru yang ada di halaman Explore di mana pengguna bisa melihat dan membeli produk langsung dari aplikasi Instagram.
  • Guide, fitur Guide merupakan fitur yang diperuntukkan untuk membagikan konten seputar tips, informasi atau rekomendasi.

Demikian inspirasi konten Instagram dan fitur-fitur yang bisa kamu gunakan untuk membantu dan mendukung aktivitas marketing melalui media sosial Instagram.

 

BY: Admin Blog

Berita Terkait.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama berkomentar.